cpu-data.info

Inikah Tanda Merek HP Nokia Bakal Punah?

Nokia XR21 Limited Edition, HP Pertama HMD Global yang dibuat di Eropa
Lihat Foto

- Smartphone dengan jenama (merek) Nokia masih beredar di pasaran saat ini. Akan tetapi, smartphone merek Nokia kemungkinan akan semakin terkikis dalam beberapa waktu ke depan.

Pasalnya, Human Mobile Devices (HMD) Global, perusahaan yang selama ini memegang lisensi ponsel merek "Nokia", tampaknya kian mengutamakan mereknya sendiri, "HMD".

Sebaliknya, perusahaan yang selama beberapa tahun ke belakang lekat dengan Nokia ini justru perlahan-lahan melepas brand Nokia untuk smartphone buatannya.

Indikasinya terlihat dari situs resmi HMD yang tidak lagi memajang smartphone Nokia. Hal ini terjadi di situs resmi HMD khususnya di benua Eropa seperti di Inggris, Italia, Belanda dan lainnya.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, perangkat bermerek Nokia yang tidak lagi dipajang yaitu ponsel pintar alias smartphone, bukan ponsel fitur atau feature phone.

Baca juga: 7 Smartphone HMD Pertama Tanpa Merek Nokia

Ketika tab smartphone di beberapa situs resmi HMD Eropa dibuka, hanya muncul deretan smartphone bermerek HMD.

Screenshot halaman smartphone di situs resmi HMD ItaliaHMD Screenshot halaman smartphone di situs resmi HMD Italia

Di samping tab "smartphone", terdapat tab "feature phone" yang menampilkan daftar ponsel fitur keluaran HMD. Nah, di sini masih mejeng ponsel bermerek Nokia dan HMD di situs HMD Eropa tadi.

Dengan kata lain, HMD tampaknya mulai menanggalkan merek Nokia untuk smartphone saja, bukan feature phone sekaligus.

Di luar Eropa, situs HMD di wilayah lainnya termasuk, Asia, Afrika, dan Timur Tengah serta internasional, masih menampilkan katalog produk lengkap baik dari merek HMD sendiri maupun Nokia.

Namun, bukan tidak mungkin praktik yang sama seperti di atas diterapkan perusahaan asal Finlandia ini ke wilayah luar Eropa pula.

Adapun HMD sejak awal tahun ini memang menggemborkan produk merek sendiri. Kendati begitu, HMD masih mempertahankan dan menjual produk bermerek Nokia. Halaman dukungan perusahaan juga masih menyatakan dukungan untuk ponsel Nokia hingga saat ini.

Dengan begitu, HMD masih menaungi dua merek produk meliputi merek HMD sendiri dan Nokia. 

Baca juga: Tablet HMD T21 Dirilis, Spesifikasi Mirip Nokia T21

Sementara terkait hilangnya smartphone Nokia di laman perusahaan khususnya di Eropa, pihak HMD belum memberikan tanggapan, dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Selasa (1/10/2024).

Bikin ponsel Nokia sejak 2016

HMD pertama kali membuat ponsel bermerek Nokia pada akhir 2016, melalui ponsel fitur Nokia 150 dan 150 Dual SIM.

Perusahaan itu kemudian menghadirkan smartphone dengan merek Nokia juga, yaitu Nokia 6 pada awal 2017. Untuk merebut hati pengguna, HMD juga membeli merek dagang PureView dari Microsoft pada 2018.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat