cpu-data.info

Riset Akamai: Bisnis Digital Prioritas Jaga "API" demi Aman dari Hacker

Bisnis kini mengalami transformasi ke arah digital agar semakin menjangkau konsumen secara luas.
Lihat Foto

- Digital Native Business (DNB) di Asia Pasifik ternyata menjadikan keamanan application programming interface (API) sebagai prioritas utama dibanding hal lain dalam urusan memperkuat keamanan siber. Musababnya, kini, API menjadi incaran peretas alias hacker.

Hal ini diungkap oleh perusahaan teknologi Akamai Technologies bekerja sama dengan firma riset TechnologyAdvice dalam studi berjudul "Asia's Digital Native Businesses Prioritise Security for Sustainable Growth".

Studi yang dilakulan pada Maret hingga Mei 2024 dilakukan di 8 negara di Asia Pasifik, seperti di Australia, Selandia Baru, Indonesia, India, Singapura, hingga Thailand. Studi ini melibatkan 200 pimpinan teknologi dari berbagai industri termasuk penerbangan, media/penerbitan, e-commerce, game, dan lainnya.

Digital Native Business (DNB) adalah julukan untuk perusahaan yang menjalankan bisnisnya secara daring, terutama yang melakukan penjualan, pemasaran, layanan pelanggan, dan pemrosesan transaksi via internet.

Menurut Akamai, bisnis digital mereka sangat bergantung pada teknologi cloud dengan layanan API untuk operasionalnya.

"Survei menunjukkan bahwa tiga dari empat DNB di wilayah Asia Pasifik menggunakan teknologi cloud dengan fokus pada efisiensi dan produktivitas," tulis Akamai.

API membantu pebisnis mendigitalisasi, menghubungkan, dan berinovasi di seluruh produk maupun layanan yang ditawarkannya.

API juga memungkinkan pebisnis menyederhanakan integrasi aplikasi, mendukung produk digital baru, dan membuat data dan layanan dapat digunakan kembali dan diakses secara universal.

Menurut riset Akamai, tiga dari empat DNB di Asia Pasifik yang disurvei ini menggunakan teknologi cloud dengan fokus pada efisiensi dan produktivitas. Sebanyak 74 persen responden telah sepenuhnya bermigrasi ke cloud atau mengadopsi teknologi cloud.

Untuk menjadi bisnisnya tetap aman, responden menggelontorkan investasi untuk keamanan siber.

Baca juga: Akamai Tawarkan Gecko, Solusi Teknologi Cloud yang Lebih Dekat dengan Jaringan Edge

Berikut ranah investasi dari yang paling pentinghingga yang paling kurang penting menurut responden dalam studi "Asia's Digital Native Businesses Prioritise Security for Sustainable Growth".

  • Keamanan API lanjutan
  • Keamanan aplikasi web
  • Teknologi anti-phishing
  • Mitigasi distributed denial-of-service (DDoS)
  • Teknologi terkait Zero Trust

Jadi target serangan hacker

Reuben Koh, Director of Security Technology & Strategy di Akamai Technologies memaparkan hasil studi Akamai yang bertajuk Asia's Digital Native Businesses Prioritise Security for Sustainable Growth pada Kamis (26/9/2024)./ Galuh Putri Riyanto Reuben Koh, Director of Security Technology & Strategy di Akamai Technologies memaparkan hasil studi Akamai yang bertajuk Asia's Digital Native Businesses Prioritise Security for Sustainable Growth pada Kamis (26/9/2024).
Pemanfaatan cloud dan API oleh bisnis digital bukan tanpa tantangan. Pasalnya, pengadopsian infrastruktur berbasis cloud serta pengunaan API secara ekstensif membuat DNB menghadapi risiko lebih besar untuk terpapar beragam serangan siber seperti phising, pembobolan akun, ransomware, hingga serangan API, dibandingkan perusahaan-perusahaan tradisional.

Director of Security Technology & Strategy di Akamai Technologies, Reuben Koh, industri yang sangat bergantung pada teknologi digital, seperti game, teknologi tinggi, media video, dan perdagangan, dilaporkan menjadi sasaran serangan API.

"Hacker mulai menargetkan API yang yang kecil, ringan, sangat cepat, tetapi menangani banyak data setiap detik. Jadi, API adalah target yang empuk bagi hacker," kata Reuben saat memamparkan hasil studi kepada awak media secara daring, Kamis (26/9/2024).

Riset Akamai menunjukkan sektor manufaktur dan Game mencatat persentase serangan API tertinggi di seluruh
Asia Pasifik dan Jepang.Akamai Riset Akamai menunjukkan sektor manufaktur dan Game mencatat persentase serangan API tertinggi di seluruh Asia Pasifik dan Jepang.
Berikut daftar industri yang jadi serangan API terbanyak di Asia Pasifik dan Jepang sepanjang 2023:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat