cpu-data.info

Harga YouTube Premium dan YouTube Music Premium di Indonesia Naik, Ini Daftarnya

Harga langganan YouTube Premium naik per November 2024. Individual Plan jadi Rp 69.000/bulan dan Family Plan jadi Rp 139.000/bulan.
Lihat Foto

- Platform streaming milik Google, YouTube mengumumkan kenaikkan harga layanan berbayar YouTube Premium dan YouTube Music Premium untuk wilayah Indonesia baru-baru ini.

Untuk pengguna lama, kenaikkan harga ini berlaku untuk jenis paket individu (individual plan) maupun keluarga (family plan) per bulan November 2024. Sementara pengguna baru akan langsung diberlakukan harga terbaru.

Menurut pantauan KompasTekno, Senin (23/9/2024), untuk YouTube Premium, pengguna harus membayar Rp 69.000 per bulan untuk paket individu, atau Rp 139.000 per bulan untuk paket keluarga. Harga ini belum termasuk pajak 11 persen.

Kenaikkan harga YouTube Premium ini diumumkan ke penggua lewat e-mail blast bertajuk "YouTube Premium Price Update". Dua anggota tim KompasTekno yang berlangganan YouTube Premium juga sudah menerima e-mail tersebut pada Sabtu, 21 September 2024.

"Untuk terus memberikan layanan dan fitur yang hebat, kami menaikkan harga langganan Anda menjadi Rp69.000,00/bulan," tulis tim YouTube Premium kepada anggota KompasTekno yang berlangganan paket individu.

Baca juga: Pelanggan YouTube Premium Bisa Skip Bagian Video yang Jarang Ditonton

Semula, layanan untuk menonton video di YouTube dan mendengarkan musik di YouTube Music tanpa iklan ini bisa dibeli seharga Rp 59.000/bulan sebelum kena pajak 11 persen. Dengan ini, harga paket individu YouTube Premium jadi makin mahal Rp 10.000.

Email pemberitahuan kenaikkan harga YouTube Premium untuk pengguna di Indonesia./ Galuh Putri Riyanto Email pemberitahuan kenaikkan harga YouTube Premium untuk pengguna di Indonesia.
Sementara, tim KompasTekno yang berlangganan YouTube Premium paket keluarga menerima e-mail berbunyi, "kami menaikkan harga Anda menjadi Rp139.000,00/bulan".

Awalnya, pengguna hanya perlu membayar Rp 99.000 per bulan (sebelum pajak) untuk paket keluarga. Setelah penyesuain, harga family plan YouTube Premium makin mahal Rp 40.000.

Menurut YouTube, kenaikkan harga tersebut akan berlaku sesuai tanggal tagihan pengguna mulai bulan November 2024.

Berikut rincian harga langganan YouTube Premium lama dan harga baru per November 2024.

Paket YouTube Premium Harga per September 2024 Harga baru per November 2024
Individual Plan Rp 59.000 per bulan Rp 69.000 per bulan
Family Plan Rp 99.000 per bulan Rp 139.000 per bulan

Berdasarkan pantauan KompasTekno, pelanggan baru YouTube Premium langsung mendapatkan penawaran baru. Akan tetapi, mereka berkesempatan berlangganan secara gratis selama satu bulan.

Tangkapan layar tagihan yang ditawarkan bagi pelanggan baru YouTube Premium. Pelanggan baru mendapatkan harga baru, namun diberi kesempatan untuk mencoba gratis selama satu bulan.YouTube Premium Tangkapan layar tagihan yang ditawarkan bagi pelanggan baru YouTube Premium. Pelanggan baru mendapatkan harga baru, namun diberi kesempatan untuk mencoba gratis selama satu bulan.

Dalam e-mail pemberitahuan kenaikkan harga, YouTube membebaskan pengguna untuk tetap menjadi anggota atau membatalkan langganan kapan saja lewat tautan ini.

Baca juga: Pelanggan YouTube Premium Kini Bisa Ngobrol dengan AI

Untuk memeriksa status akun dan informasi penagihan, pengguna bisa membuka halaman Pengaturan > Pembelian dan Keanggotaan.

Harga YouTube Music Premium juga naik

Daftar harga langganan YouTube Music Premium setelah kenaikkan harga./ Wahyunanda Kusuma Pertiwi Daftar harga langganan YouTube Music Premium setelah kenaikkan harga.
YouTube juga memiliki layanan berbayar "YouTube Music Premium" untuk menikmati musik tanpa batasan dan tanpa iklan di aplikasi YouTube Music. Layanan ini tidak termasuk menonton bebas iklan di aplikasi YouTube.

Nah, langganan YouTube Music Premium juga mengalami kenaikkan harga. Penyesuainnya berkisar sekitar Rp 2.500 hingga Rp 12.000 lebih mahal dari sebelumnya.

Menurut informasi di aplikasi YouTube Music, harga YouTube Music Premium naik dengan rincian sebagai berikut:

  • Paket Perorangan - Rp 54.990,00/bulan
  • Paket Keluarga - Rp 86.900,00/bulan
  • Paket Siswa - Rp 27.500,00/bulan.

Catatan, harga baru tersebut langsung berlaku untuk pengguna YouTube Music Premium baru. 

Sebagai perbandingan berikut harga paket langganan YouTube Music Premium sebelumnya:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat