cpu-data.info

Sony Rilis PS5 Edisi Khusus Warna Retro PS1

Tampilan PS5 Pro 30th Anniversary Limited Edition (kiri) dan PS5 Slim Digital Edition 30th Anniversary Limited Edition (kanan).
Lihat Foto

- Konsol game PlayStation resmi menginjak usia 30 tahun pada 2024. Untuk merayakan hari jadi tersebut, raksasa teknologi Sony mengumumkan deretan produk PlayStation baru, dengan desain retro ala konsol PlayStation orisinal (PS1).

Dua produk utama yang dirilis mencakup bundel konsol PlayStation 5 Pro (PS5 Pro) 30th Anniversary Limited Edition dan bundel PlayStation 5 Slim (PS5 Slim) Digital 30th Anniversary Limited Edition.

Bundel PS5 Pro mencakup model konsol paling mumpuni di keluarga PS5 dengan media penyimpanan (storage) SSD 2 TB, dan Wi-Fi 7.

Konsol ini dibalut dengan warna abu-abu mirip seperti desain konsol PlayStation orisinal, yang debut di Jepang pada tahun 1994.

Baca juga: PS5 Pro Ditenagai GPU Baru dari AMD, Seperti Ini Kemampuannya

Selain itu, konsol ini dihias logo PlayStation ikonik yang memadukan warna merah, kuning, biru, dan hijau. Logo ini ditempatkan di bagian kiri atas konsol. Ini berbeda dengan desain logo PlayStation yang kini hanya menggunakan warna putih atau hitam.

Bagian kiri bawah PS5 Pro ini dilengkapi oleh logo PlayStation berwarna abu-abu gelap, diikuti teks "30th Anniversary" yang menandakan ulang tahun PlayStation yang ke-30.

Bundel konsol ini juga sudah mencakup controller wireless DualSense, controller wireless DualSense Edge, DualSense Charging Station, dudukan vertikal (stand), dan penutup (cover) konsol untuk laci cakram (disc drive). Catatannya, laci cakram ini dijual secara terpisah.

Semua produk ini menggunakan bahasa desain konsol PlayStation orisinal.

Sony juga menghadirkan beberapa produk untuk kolektor di bundel tersebut, yakni stiker PlayStation, poster PlayStation edisi terbatas (mendapat satu poster dari 30 desain yang disiapkan Sony), pengikat kabel, dan penjepit kertas PlayStation.

Sementara itu, bundel PS5 Slim Digital 30th Anniversary Edition sudah termasuk konsol PS5 Slim Digital Edition yang tidak dibekali laci cakram, dengan SSD 1 TB, controller DualSense, cover untuk disc drive, dan dudukan vertikal.

Bahasa desainnya sama dengan PS5 Pro edisi 30th Anniversary.

Kelengkapan produk lainnya juga sama seperti PS5 Pro 30th Anniversary Limited Edition Bundle, yakni stiker PlayStation, poster terbatas, dan lain seterusnya.

Selain kedua bundel yang sudah disebutkan, Sony juga meluncurkan konsol genggam (handheld) PlayStation Portal 30th Anniversary Limited Edition.

PlayStation Portal 30th Anniversary Limited EditionPlayStation PlayStation Portal 30th Anniversary Limited Edition
Desain konsol ini mirip dengan PS1, mulai dari bodinya yang berwarna abu-abu, hingga tombol segitiga, bulat, kotak, dan X yang sesuai dengan warna di controller PS1, sebagaimana dikutip KompasTekno dari CNET, Sabtu (21/9/2024).

Baca juga: Sony PlayStation 5 Pro Resmi Meluncur, Desain Baru dan Lebih Ngebut

Koleksi produk PlayStation edisi ulang tahun ke-30 ini bakal dirilis pada 21 November, sedangkan pembelian awal (pre-order) bisa dilakukan tanggal 26 September mendatang. Pembelian ini bisa dilakukan lewat situs resmi PlayStation Direct.

Belum diketahui harga konsol dan aksesori bertema PS1 ini. Tidak diketahui juga apakah deretan produk berdesain retro tersebut bakal dirilis di Indonesia atau tidak.

Yang jelas, bundel PS5 Pro dan PS5 Slim ini dijual dengan jumlah yang terbatas.

Sony memastikan hanya akan menjual 12.300 unit dari bundel PS5 Pro 30th Anniversary Limited Edition. Tidak dipastikan berapa jumlah unit PS5 Slim edisi khusus yang dipasarkan Sony.

PS Portal, controller DualSense, dan controller DualSense Edge bisa dibeli secara terpisah dari bundel. Sony belum mengumbar berapa harga jual ketiga produk tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat