cpu-data.info

Cara Berbagi WiFi dengan Scan Kode QR di iPhone iOS 18, Sudah Coba?

Cara berbagi WiFi di iPhone dengan kode QR.
Lihat Foto

- Sistem operasi terbaru untuk iPhone, iOS 18, membawa sejumlah fitur baru yang cukup menarik. Salah satunya adalah fitur share WiFi melalui scan kode QR. Pengguna mungkin tertarik buat mengetahui cara berbagi kode QR WiFi di iPhone.

Fitur berbagi WiFi dengan kode QR di iPhone tampaknya menjawab kebutuhan pengguna. Fitur semacam ini sejatinya telah lama hadir di kebanyakan HP Android. Namun, fitur share password WiFi dengan kode QR baru tersedia di iPhone lewat iOS 18.

Baca juga: Cara Bikin Ikon Aplikasi iPhone di iOS 18 Jadi Menarik, Warna dan Ukurannya Bisa Diganti

Sebelum iOS 18 hadir, pengguna iPhone dulu hanya bisa berbagi password WiFi dengan kontak yang juga hendak bergabung ke WiFi yang sama. Hal ini cukup merepotkan karena pengguna harus menjadikan pengguna lain sebagai kontak.

Kini, iPhone bisa share password WiFi dengan siapa pun dengan menggunakan kode QR. Pengguna bisa membuat kode QR WiFi di iPhone, lalu membagikannya ke pengguna lain untuk dipindai.

Lantas, bagaimana cara membuat kode QR WiFi di iPhone? Jika penasaran untuk mencobanya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara berbagi WiFi di iPhone dengan kode QR.

Cara berbagi kode QR WiFi di iPhone

Cara share password WiFi dengan kode QR di iPhone itu cukup mudah. Untuk diketahui, cara tersebut dapat dilakukan berkat kehadiran aplikasi bawaan bernama Password yang tersedia di iOS 18.

Sebagai informasi, aplikasi Password berfungsi untuk mengelola dan menyimpan semua password yang digunakan pengguna buat mengakses berbagai platform, termasuk password untuk mengakses akun dan password untuk mengakses WiFi.

Baca juga: Tampilan Control Center iPhone di iOS 18 Bisa Dimodifikasi, Begini Caranya

Di aplikasi bawaan Password itu, pengguna dapat melihat password dari jaringan WiFi yang terhubung dengan iPhone dan membagikannya ke pengguna lain melalui kode QR. Adapun cara berbagi kode QR WiFi di iPhone dengan aplikasi Password adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Password di iPhone iOS 18.
  • Kemudian, pilih menu “WiFi”.
  • Setelah itu, pilih nama WiFi yang hendak dibagikan kata sandinya ke kontak lain lewat kode QR.
  • Selanjutnya, pilih opsi “Show Network QR Code” dan kode QR untuk WiFi tersebut bakal ditampilkan.
  • Pengguna bisa menunjukkan kode QR itu ke pengguna lain agar dipindai dan bisa terhubung ke jaringan WiFi.

Ilustrasi cara berbagi kode QR WiFi di iPhone iOS 18./Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara berbagi kode QR WiFi di iPhone iOS 18.

Cukup mudah bukan cara share password WiFi dengan kode QR di iPhone? Melalui cara di atas, pengguna tak perlu melihat manual apa password dari jaringan WiFi untuk dibagikan ke pengguna lain yang juga ingin terhubung.

Baca juga: 10 Fitur iOS 18 yang Menarik Dicoba, Bisa Ganti Ikon Aplikasi dan Control Center

Pengguna bisa membuat kode QR WiFi dan membagikannya ke pengguna lain untuk dipindai agar bisa sama-sama terhubung. Demikianlah penjelasan cara berbagi WiFi di iPhone dengan kode QR.

Penting diingat, cara di atas hanya dapat dijajal pada iPhone dengan sistem operasi iOS 18. Jika belum menggunakan iOS 18, pengguna bisa update dulu. Cara update iOS 18 dan informasi terkait lainnya bisa dibaca lebih lanjut di artikel ini.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link #  Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat