cpu-data.info

Cara Cek Kesehatan Baterai Laptop Windows 11 dengan Mudah dan Praktis

Cara cek kesehatan baterai laptop Windows 11.
Lihat Foto

- Pengguna penting buat mengetahui beberapa panduan dalam memeriksa kondisi pada beberapa komponen di laptop berbasis Windows 11. Salah satunya seperti cara cek kesehatan baterai laptop Windows 11.

Tiap baterai di laptop memiliki tingkat kesehatan. Kesehatan baterai atau baterai health merupakan ukuran kemampuan baterai untuk menyimpan daya dan bisa digunakan dalam jangka waktu tertentu sebelum perlu dicas kembali.

Baca juga: 5 Cara Cek RAM Laptop Windows 11 dengan Mudah dan Praktis

Seiring lamanya penggunaan, kesehatan baterai bisa menurun. Jika menurun drastis, baterai tidak akan bisa menyimpan daya secara optimal seperti desain kapasitas awalnya dulu. Kemudian, laptop bisa menjadi lebih cepat kehabisan daya.

Cara melihat battery health laptop Windows 11 bakal berguna untuk memastikan apakah baterai yang terpasang di laptop masih dalam kondisi optimal. Hal ini penting dipastikan ketika hendak membeli laptop, terutama laptop bekas.

Selain saat membeli laptop, cara cek kesehatan baterai laptop Windows 11 juga berguna untuk memantau kondisi baterai dari waktu ke waktu. Seandainya kesehatan baterainya menurun drastis, pengguna bisa memutuskan buat mengganti baterai baru.

Lantaran bakal berguna, pengguna penting buat mengetahui cara cek kesehatan baterai laptop Windows 11. Lantas, bagaimana cara melihat battery health laptop Windows 11? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara cek kesehatan baterai laptop Windows 11.

Cara cek kesehatan baterai laptop Windows 11

Cara melihat battery health laptop Windows 11 itu pada dasarnya cukup mudah dan praktis. Dalam cara cek kesehatan baterai laptop Windows 11 ini, pengguna tak perlu repot-repot memakai aplikasi tambahan.

Baca juga: 5 Cara Memunculkan Keyboard di Layar Laptop Windows 11 dengan Mudah

Windows 11 menyediakan fitur bawaan yang memungkinkan pengguna buat memeriksa langsung kesehatan baterai di sistem. Adapun penjelasan cara cek kesehatan baterai laptop Windows 11 adalah sebagai berikut:

  • Klik logo Windows atau menu Start di layar laptop Windows 11.
  • Kemudian, klik kolom pencarian.
  • Cari dan buka program Command Prompt.
  • Setelah itu. masukan perintah ini:
    • powercfg /batteryreport
  • Selanjutnya, tekan Enter dan sistem bakal membuatkan laporan kesehatan baterai dalam format HTML.
    Ilustrasi cara cek kesehatan baterai laptop Windows 11./Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara cek kesehatan baterai laptop Windows 11.
  • Untuk mengakses file laporan kesehatan baterai laptop itu, silakan buka Windows Explorer atau File Explorer, lalu pilih Local Disk (C:) atau Windows (C:).Kemudian, buka folder “Users” dan “User”. Setelah itu, buka file bernama “battery-report.html”.
    Ilustrasi cara melihat battery health laptop Windows 11./Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara melihat battery health laptop Windows 11.
  • Laporan kesehatan baterai laptop Windows 11 bakal terbuka di browser.
  • Dalam laporan tersebut, pengguna bakal bisa melihat beberapa informasi kondisi baterai, seperti kapasitas awal baterai, kapasitas baterai saat ini, dan cycle count.
  • Pengguna juga bisa melihat riwayat penggunaan baterai dan riwayat penurunan kapasitas baterai. Semakin berkurang kapasitas baterai saat ini dibanding kapasitas awalnya maka semakin menurun pula kesehatan baterai laptop.

Ilustrasi cara cek kesehatan baterai laptop Windows 11./Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara cek kesehatan baterai laptop Windows 11.

Cukup mudah bukan cara melihat battery health laptop Windows 11? Melalui cara di atas, pengguna bisa memastikan sendiri kondisi kesehatan pada baterai yang terdapat di laptop Windows 11.

Baca juga: 5 Cara Mengatur Kecerahan Layar Laptop Windows 11 dengan Mudah dan Cepat

Kesehatan baterai yang baik adalah ketika baterai masih memiliki kapasitas daya terkini yang masih sesuai atau tidak terlampau jauh dengan desain kapasitas awalnya. Jika kapasitas terkini sudah turun drastis dari desain awal, berarti baterai tidak dalam kondisi optimal.

Dengan informasi kesehatan baterai yang didapatkan, pengguna bisa menentukan apakah laptop Windows 11 yang hendak dibeli memiliki baterai dengan kondisi yang bagus atau tidak. Selain keperluan itu, pengguna juga jadi bisa menentukan kapan ganti baterai.

Demikianlah penjelasan lengkap seputar cara cek kesehatan baterai laptop Windows 11 dengan mudah dan praktis tanpa aplikasi tambahan, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link #. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat