cpu-data.info

Tanda-tanda Kehadiran PS5 Pro Semakin Dekat

Ilustrasi konsol Sony PlayStation 5 (PS5).
Lihat Foto

- Rumor kehadiran konsol PlayStation 5 Pro (PS5 Pro) sudah muncul sejak lama. Kini, muncul tanda-tanda yang mengisyaratkan kehadiran PS5 Pro dalam waktu dekat.

Dalam ajang pameran game Gamescom 2024 pekan lalu, sejumlah pengembang mengaku sudah mendapatkan informasi spesifikasi yang diusung PS5 Pro. Hal ini mengindikasikan bahwa PS5 Pro akan dirilis beberapa waktu ke depan.

Selain itu, situs game Multiplayer Italia juga melaporkan bahwa ada pengembang yang menunda peluncuran game mereka karena menunggu kehadiran konsol terbaru ini.

Konsol game PS5 Pro konon akan dapat menjalankan game dengan mesin Unreal Engine 5 lebih lancar, cepat, dan efisien dibanding PS5 versi standar.

Baca juga: Sekian Jumlah PS5 yang Terjual sampai Sekarang, Masih Kalah Jauh dari PS4

Performa PS5 Pro dikabarkan meningkat 45 persen dibandingkan PS5 standar. Kemampuan ini hadir berkat GPU yang lebih kuat dan memori yang lebih cepat. Hal ini akan menghasilkan pengalaman gameplay yang lebih lancar dan visual yang lebih detail.

Selain itu, kemampuan ray tracing atau teknologi pencahayaan realistis dalam game juga akan mengalami peningkatan besar pada PS5 Pro.

PS5 Pro juga dikabarkan akan dilengkapi dengan arsitektur pembelajaran mesin khusus yang mampu melakukan komputasi 8-bit hingga 300 TOPS (Tera Operations Per Second).

Ini akan mendukung teknologi PlayStation Spectral Super Resolution (PSSR) yang dikembangkan oleh Sony, yang menjanjikan kualitas gambar yang lebih baik tanpa mengorbankan kinerja rendering.

Baca juga: Sony Bikin Gamer PS5 Makin Gampang Mabar

Meski belum ada konfirmasi dari Sony mengenai tanggal rilis, rumor yang beredar menunjukkan bahwa PS5 Pro kemungkinan akan dirilis pada September mendatang dan mulai tersedia di pasar sekitar November, atau musim liburan akhir tahun.

Sony juga menggunakan pola peluncuran ini saat merilis PS4 Pro beberapa tahun lalu. Sehingga, besar kemungkinan PS5 Pro akan dirilis pada waktu yang sama. PS5 Pro diperkirakan akan dibanderol antara 600 dollar AS atau Rp 9,3 juta hingga 700 dollar AS atau Rp 10 jutaan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat