cpu-data.info

Perangkat Genggam PlayStation Portal Meluncur 9 Oktober di Indonesia, Harga Rp 3,5 Juta

PlayStation Portal
Lihat Foto

- Perangkat genggam (handheld) PlayStation Portal dipastikan akan masuk Indonesia pada 9 Oktober 2024. Sebelumnya, PlayStation Portal dijual di Amerika Serikat, Inggris Raya, Jepang, Kanada, dan negara lainnya pada 15 November 2023 lalu.

Adapun pengumuman ini dibagikan langsung lewat halaman resmi PlayStation Blog.

"Kami dengan gembira menyampaikan kabar terbaru tentang peluncuran PlayStation Portal di Singapura, Malaysia, Indonesia, dan Thailand," tulis Sony.

"PlayStation Portal akan dirilis pada tanggal 4 September 2024 di Singapura dan pada tanggal 9 Oktober 2024 di Malaysia, Indonesia, serta Thailand," sambungnya dalam blog PlayStation.

PlayStation Portal sendiri merupakan perangkat handheld yang digunakan khusus untuk bermain game PlayStation 5 (PS5) secara streaming. Perangkat ini berbeda dari konsol game lainnya, yang digunakan untuk bermain game yang diinstal di perangkat.

Harga PlayStation Portal di Indonesia adalah Rp 3,5 juta. Sebagai perbandingan, harga di Malaysia adalah 999 Ringgit Malaysia, harga di Singapura adalah 295,90 dollar Singapura, dan harga di Thailand adalah 7.790 Baht. Bila dikonversi ke dalam Rupiah, harga di negara tetangga juga sama yakni di kisaran Rp 3,5 juta.

Halaman situs PlayStation Blog mengonfirmasi bahwa perangkat handheld PlayStation Portal akan diluncurkan di Indonesia./Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Halaman situs PlayStation Blog mengonfirmasi bahwa perangkat handheld PlayStation Portal akan diluncurkan di Indonesia.

Baca juga: Beda PlayStation Portal dari Konsol Genggam Lain, Termasuk Tak Bisa Install Game

Tanggal pre-order PlayStation Portal di Indonesia akan dimulai pada 5 Agustus 2024 mendatang. Sony tidak memastikan peritel apa saja yang bakal membuka pre-order perangkat handheld tersebut.

Kendati begitu, perusahaan teknologi tersebut membagikan tautan yang berisi daftar toko di Indonesia yang melayani penjualan konsol PlayStation.

Adapun toko tersebut mencakup Blibli Store Gandaria City di Gandaria City Mall, Electronic City di Supermall Karawaci, GS Shop di Aeon Mall BSD, dan masih banyak lagi. Daftar lengkapnya bisa disimak di tautan berikut ini.

Perangkat genggam untuk streaming game

Sony meluncurkan perangkat terbarunya bernama PlayStation Portal. Perangkat tersebut baru akan dirilis pada November mendatang dengan banderol harga 200 dollar AS (sekitar Rp 3 jutaan)The Verge Sony meluncurkan perangkat terbarunya bernama PlayStation Portal. Perangkat tersebut baru akan dirilis pada November mendatang dengan banderol harga 200 dollar AS (sekitar Rp 3 jutaan)
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, PlayStation Portal merupakan perangkat handheld yang berbeda dengan konsol game biasa, karena digunakan khusus untuk bermain game PlayStation 5 (PS5) secara streaming.

Dengan kata lain, pengguna PlayStation Portal tidak bisa mengunduh dan memasang (install) game di dalam perangkat. Pengguna PlayStation Portal hanya bisa memainkan game yang sudah terinstal di PS5 yang dimiliki, melalui koneksi internet.

Dari segi desain, perangkat pelengkap PS5 ini memiliki tampilan yang mirip dengan Nintendo Switch. PlayStation Portal mempunyai layar besar yang diapit oleh dua sisi gamepad atau controller.

Layar LCD tersebut memiliki bentang 8 inci, dan dapat menampilkan gambar beresolusi 1.080 piksel dengan frame rate 60 fps. Panel ini didukung oleh touchpad virtual yang bisa dimunculkan dengan mengetuk sudut bawah layar.

Baca juga: Rekomendasi Game Rp 50.000-an di PlayStation Summer Sale 2024

Beralih ke gamepad, PlayStation Portal dibekali stik PS5 yang mendukung efek getaran haptic feedback dan adaptive triggers, sehingga memberikan efek feedback, misalnya ketika menggunakan senjata busur panah di dalam game.

PlayStation Portal juga dilengkapi PlayStation Link, yakni teknologi wireless yang dirancang untuk memberi latensi yang rendah, dan lossless audio. Ada pula jack audio 3,5 mm.

Akan tetapi, PlayStation tidak dibekali dengan koneksi Bluetooth, sehingga pengguna tidak dapat menggunakan headphone nirkabel (wireless) biasa atau perangkat sejenisnya, sebagaimana dikutip KompasTekno dari PlayStation Blog, Senin (29/7/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat