cpu-data.info

Asisten AI Claude Hadir di Android, Download Gratis

Ilustrasi AI Assistant Claude.
Lihat Foto

- Perusahaan riset AI Anthropic merilis aplikasi asisten digital AI Claude di Android. Aplikasi ini menghadirkan asisten AI mereka yang populer, Claude, kepada jutaan pengguna Android.

Aplikasi ini memungkinkan Anda menggunakan model Claude yang paling canggih, Claude 3.5 Soneta, langsung di ponsel atau tablet Android.

Anthropic mengumumkan peluncuran aplikasi Android Claude melalui sebuah postingan di akun X (sebelumnya Twitter).

Baca juga: Apakah AI Akan Mengancam Karier Kita? (Bagian II-Habis)

Aplikasi Android Claude dapat diunduh dan digunakan secara gratis. Namun, pengguna harus mendaftar menggunakan e-mail dan mendaftarkan akun mereka dengan nomor telepon.

Tidak seperti peluncuran aplikasi iOS, Anthropic tidak menjelaskan apakah ini merupakan rilis global atau hanya akan tersedia di wilayah tertentu. Namun KompasTekno dapat mengakses aplikasi ini melalui Play Store. Aplikasi Claude AI berukuran 4,12 MB.

Aplikasi Android Claude berfungsi seperti versi untuk iPhone dan web. Artinya, pengguna bisa beralih antara ponsel, komputer, dan tablet dengan mudah.

Semua percakapan dan pertanyaan yang sebelumnya disimpan di satu tempat, dapat diakses dari perangkat apa pun yang dipakai.

Claude dirancang untuk membantu pengguna memahami dunia di sekitar. Aplikasi ini menerjemahkan bahasa secara real-time.

Baca juga: Google Bikin Chatbot AI Mirip Selebriti dan Influencer?

Tidak hanya pandai dalam hal bahasa, Claude juga merupakan pemecah masalah, setara dengan asisten AI lainnya seperti Google Gemini dan ChatGPT.

Pengguna gratis akan dapat mengakses semua fitur dasar model AI berbasis teks. Claude 3.5 Soneta juga berfungsi layaknya chatbot, pengguna juga akan dapat mengakses kemampuan Vision.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna harus memberikan akses ke kamera dan galeri kepada aplikasi. Setelah selesai, mereka dapat mengklik gambar apa pun dan meminta informasi tentang gambar tersebut kepada AI.

Menariknya, Claude 3.5 Soneta, yang dirilis bulan lalu, hadir dengan jendela konteks 200.000 token. Perusahaan mengeklaim bahwa model terbaru ini dapat berjalan dua kali lebih cepat dari model Claude 3 Opus.

Selain itu, ia juga dapat menulis, mengedit, dan menjalankan kode secara mandiri.

Untuk men-download Cluade di Android, kunjungi Play Store di tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat