cpu-data.info

3 Cara Menghentikan E-mail Promosi di Gmail yang Mengganggu, Mudah dan Praktis

Ilustrasi cara menghentikan e-mail promosi di Gmail.
Lihat Foto

- Pengguna kiranya perlu mengetahui beberapa panduan dasar dalam mengoperasikan Gmail, terutama dalam hal mengelola e-mail masuk. Salah satu panduan dasar itu seperti cara menghentikan e-mail promosi di Gmail.

Cara menghentikan e-mail promosi di Gmail bakal berguna untuk pengguna. E-mail promosi yang masuk di alamat Gmail pengguna bisa cukup mengganggu. Untuk sebagian pengguna, e-mail promosi biasanya berisi pesan yang kurang penting.

Baca juga: Cara Membuat Akun Gmail Baru di HP Android, Mudah dan Cepat

E-mail promosi atau iklan umumnya mengirimkan pemberitahuan jika terdapat produk baru, diskon, program, atau kabar baru, dari perusahaan atau platform tertentu. E-mail promosi atau iklan ini kadang juga dikirim secara beruntun oleh perusahaan atau platform.

Alhasil, e-mail tersebut dapat memenuhi ruang penyimpanan Gmail. E-mail iklan bisa datang karena pengguna mungkin tidak sengaja telah menyetujui agar dikirim pemberitahuan secara berkala oleh perusahaan atau platform tertentu melalui e-mail.

Agar tak mengganggu, pengguna sebetulnya bisa menghentikan e-mail iklan itu. Oleh karenanya, pengguna perlu mengetahui cara menghentikan e-mail promosi di Gmail. Lantas, bagaimana menghentikan e-mail promosi di Gmail?

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara menghentikan e-mail promosi di Gmail.

Cara menghentikan e-mail promosi di Gmail

Cara menghentikan e-mail promosi di Gmail itu pada dasarnya cukup mudah. Ada beberapa cara menghentikan e-mail promosi di Gmail yang bisa dilakukan pengguna. Misalnya, pengguna bisa memblokir alamat e-mail yang mengirim e-mail promosi atau iklan.

Selain itu, masih terdapat beberapa cara lain lain yang bisa dilakukan pengguna. Salah satu contoh caranya adalah pengguna juga bisa membatalkan mengikuti atau unsubscribe alamat e-mail tersebut.

Adapun penjelasan yang lebih detail soal beberapa cara menghentikan e-mail promosi di Gmail adalah sebagai berikut.

1. Unsubscribe alamat e-mail yang kirim promosi atau iklan

Cara menghentikan e-mail promosi di Gmail yang pertama adalah dengan membatalkan mengikuti atau unsubscribe alamat e-mail perusahaan atau platform yang jadi pengirim promosi atau iklan.

Sebagaimana sempat disinggung di atas, e-mail promosi atau iklan bisa muncul di alamat Gmail karena pengguna mungkin sebelumnya telah klik atau menyetujui untuk menerima e-mail promosi dari perusahaan tertentu.

Agar tak dikirimi lagi, pengguna dapat unsubscribe alamat e-mail dari perusahaan atau platform itu. Adapun cara menghentikan e-mail promosi di Gmail dengan unsubscribe adalah sebagai berikut:

  • Buka Gmail.
  • Cari dan buka e-mail promosi.
  • Kemudian, pilih opsi “Unsubscribe”.
  • Setelah unsubscribe, alamat e-mail tidak akan mengirim pesan iklan atau promosi ke alamat e-mail pengguna.

Baca juga: 5 Cara Membuat E-mail dengan Mudah dan Praktis, Bisa via HP atau Laptop

2. Masukkan e-mail promosi ke folder spam

Cara menghentikan e-mail promosi di Gmail yang berikutnya adalah memasukkan e-mail ke folder spam. Jika dimasukkan ke folder spam, pengguna tak akan mendapatkan pemberitahuan pesan promosi baru lagi dari alamat e-mail terkait.

Adapun cara menghentikan e-mail promosi di Gmail dengan memasukkan e-mail ke folder spam adalah sebagai berikut:

  • Buka Gmail.
  • Cari dan buka e-mail promosi yang hendak dihentikan.
  • Setelah itu, klik ikon titik tiga dan pilih menu “Report spam”.
  • E-mail promosi akan dimasukkan ke folder spam dan pengguna tak akan mendapat pemberitahuan pesan baru lagi dari alamat e-mail terkait.

3. Blokir alamat e-mail pengirim iklan

Ketiga, cara menghentikan e-mail promosi di Gmail bisa juga dilakukan dengan memblokir alamat e-mail pengirim. Dengan diblokir, alamat e-mail pengirim tidak akan bisa mengirim pesan promosi atua e-mail iklan lagi ke alamat Gmail pengguna.

Adapun cara menghentikan e-mail promosi di Gmail dengan memblokir alamat e-mail pengirim adalah sebagai berikut:

  • Buka Gmail.
  • Cari dan buka e-mail promosi dari alamat e-mail tertentu yang hendak dihentikan.
  • Kemudian, klik ikon titik tiga dan pilih menu “Block (nama alamat e-mail)”.
  • Setelah itu, alamat e-mail akan diblokir dan tak bisa mengirim pesan promosi lagi ke pengguna.

Cukup mudah bukan cara menghentikan e-mail promosi di Gmail? Melalui berbagai cara di atas, pengguna bisa menyetop pesan-pesan promosi yang masuk di Gmail dari perusahaan atau platform tertentu.

Baca juga: Cara Kirim E-mail di Gmail Terjadwal biar Kirim Otomatis

Dengan demikian, pengguna tak akan terganggu lagi dan ruang penyimpanan Gmail jadi tak cepat penuh. Itulah penjelasan mengenai beberapa cara menghentikan e-mail promosi di Gmail dengan mudah dan praktis, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link #. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat