cpu-data.info

Inikah Wujud Xiaomi Mix Flip 4, HP Lipat "Cangkang Kerang" Pertama Xiaomi?

Bocoran tampilan Xiaomi Mix Flip
Lihat Foto

- Vendor smartphone Xiaomi kabarnya akan meluncurkan ponsel lipat (foldable) Xiaomi Mix Fold 4 dan Mix Flip bulan ini di China.

Xiaomi Mix Flip konon bakal menjadi ponsel lipat pertama Xiaomi yang menggunakan mekanisme lipatan cangkang kerang (clamshell/flip). Konsepnya serupa dengan ponsel lipat Samsung Galaxy Z Flip atau Oppo N Flip.

Jelang peluncurannya, bocoran Xiaomi Mix Flip 4 sudah banyak beredar di internet. Salah satunya, spesifikasi dan tampang ponsel ini muncul di basis data National Communications Commission (NCC) China.

NCC adalah otoritas yang bertanggung jawab mengatur layanan telekomunikasi dan penyiaran di China. Biasanya, produk elektronik akan disertifikasi lebih dulu oleh lembaga ini, sebelum resmi dirilis.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Flip 6 Resmi, Kamera Naik Kelas dan Update Android 7 Generasi

Di database itu, terdapat sebuah perangkat dengan nomor model2405CPX3DG yang diyakini sebagai Xiaomi Mix Flip 4. Di gambar yang tertera, tampak perangkat itu dibalut dengan warna hitam. Layar depan atau sekunder (cover screen) ponsel ini memuat dua kamera yang disusun secara vertikal.

Tidak diketahui seberapa besar ukuran layar sekunder Xiaomi Mix Flip. Ukuran layar ini kemungkinan mirip dengan layar smartphone lipat Honor Magic V Flip dan Motorola Moto Razr 50 Ultra, yang berukuran empat inci.

Berpindah ke punggung smartphone, terdapat logo Xiaomi berwarna hitam. Di bawahnya, ada logo CE alias Conformité Européenne dan tempat sampah yang dicoret.

Bocoran tampilan Xiaomi Mix FlipGSMArena Bocoran tampilan Xiaomi Mix Flip
Logo CE digunakan untuk menandai produk yang memenuhi standar keselamatan elektromagnetik dan listrik di Uni Eropa. Sebuah produk harus memiliki tanda ini untuk dijual di hampir semua negara Eropa.

Sementara itu, ikon tempat sampah yang dicoret merujuk pada petunjuk Limbah Peralatan Listrik dan Elektronik Eropa (WEEE). Produk dengan ikon ini tidak boleh dibuang ke tempat sampah karena mengandung bahan berbahaya, tetapi harus didaur ulang.

Kedua logo tersebut mengindikasikan bahwa Xiaomi Mix Flip tidak hanya dirilis di China tetapi juga di pasar internasional, khususnya Eropa. Ini berbeda dari sejumlah ponsel lipat Xiaomi sebelumnya yang dirilis secara eksklusif di China.

Baca juga: Tanda-tanda Xiaomi 14T dan 14T Pro Segera Masuk Indonesia

Masih soal desain, layar utama Xiaomi Mix Flip tampak memiliki modul lubang (punch hole) yang memuat kamera selfie. Tidak diketahui resolusi dan bukaan kamera depan tersebut.

Secara keseluruhan, ponsel lipat ini tampak memiliki panjang sekitar 160 mm dan lebar sekitar 70 mm saat terbentang. Saat terlipat, dimensinya menjadi 80 mm (panjang) x 70 mm (lebar).

Bocoran tampilan Xiaomi Mix FlipGSMArena Bocoran tampilan Xiaomi Mix Flip
Selain desain, sertifikasi NCC juga membocorkan spesifikasi baterai. Smartphone lipat ini konon memiliki baterai 4.740 mAh, dengan dua sel baterai, satu berkapasitas 1.145 mAh dan yang lain berkapasitas 3.595 mAh.

Xiaomi Mix Flip rumornya akan dilengkapi adapter pengisian daya cepat (fast charging) dengan output 67 Watt (MDY-15-EV).

Bocoran spesifikasi Xiaomi Mix Flip

Bocoran spesifikasi Xiaomi Mix Flip sebelumnya mengindikasikan bahwa gawai ini akan ditenagai System-on-Chip (SoC) Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3.

Smartphone lipat ini konon dibekali kamera utama 50 MP (sensor berukuran 1/1.55 inci, penstabil gambar OIS), dan kamera telefoto beresolusi 60 MP (OmniVision OV60A, zoom optik 2x).

Xiaomi Mix Flip diklaim akan dijual dalam empat konfigurasi RAM dan media penyimpanan (storage), yakni 12 GB/256 GB, 12 GB/512 GB, 16 GB/512 GB, dan 16 GB/1 TB.

Baca juga: Bocoran Xiaomi Mix Fold 4, Bakal Jadi Smartphone Lipat Tertipis?

Ponsel terbaru Xiaomi ini kabarnya juga mendukung pemindai sidik jari (fingerprint) yang terintegrasi dengan tombol daya, sebagaimana dikutip KompasTekno dari GSMArena, Jumat (12/7/2024).

Adapun deretan informasi di atas masih berupa bocoran saja. Informasi pastinya akan diketahui begitu Xiaomi merilis smartphone ini secara resmi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat