cpu-data.info

Aplikasi Video Profesional Blackmagic Camera Kini Hadir di Android

Ilustrasi aplikasi Blackmagic Camera
Lihat Foto

- Setelah pertama kali diumumkan untuk iPhone pada September tahun lalu, aplikasi video profesinal Blackmagic Camera kini resmi hadir untuk ponsel Android melalui toko Google Play Store.

Blackmagic Camera memilki basis software yang sama dengan kamera-kamera video profesional bikinan Blackmagic serta menjanjikan bakal meningkatkan kualitas video tangkapan smartphone sehingga layak dipakai di produksi fim dan televisi.

Tampilan antarmukanya pun sama dengan kamera-kamera Blackmagic sehingga pengguna disebut bakal "seolah-olah menggunakan kamera video profesional".

Baca juga: Menjajal Dream Machine, AI untuk Bikin Video dari Teks yang Bisa Dicoba Gratis

Blackmagic Camera turut mendukung platform Blackmagic Cloud yang memungkinkan sinkronisasi media ke software grading DaVinci Resolve secara otomatis selagi kamera sedang merekam.

"Blackmagic Camera membuka kemampuan ponsel dengan menambahkan mekanisme kendali dan sistem operasi kamera film digital. Pengguna kini bisa mendapatkan tampilan sinematik ala film feature Hollywood," sebut Blackmagic di situsnya.

Ada berbagai fitur video profesional

BlackMagic Camera dibekali sejumlah fitur seperti pengaturan frame rate, shutter angle, white balance, dan ISO. Aplikasi ini mampu merekam langsung ke Blackmagic Cloud dalam sejumlah format file dan codec standar hingga resolusi 8K.

Aneka alat monitoring video yang biasa hadir di kamera pro pun dihadirkan, termasuk histogram (RGB), audio level, focus peaking, dan frame guuide.

Blackmagic Camera mendukung berbagai pilihan aspect ratio untuk penggunaan video di aneka platform berbeda, termasuk juga video vertikal. Tiap item di antarmukanya bisa di-tap dan diatur secara langsung sehingga pengguna tak perlu repot menjelajah menu.

Antarmuka utama, browser media, menu setting, dan jendela chat di aplikasi Blackmagic CameraBlackmagic Antarmuka utama, browser media, menu setting, dan jendela chat di aplikasi Blackmagic Camera

Di dalam aplikasi juga terdapat chat workspace sehingga para kru produksi bisa saling berkomunikasi dan berbagi ide, misalnya antara video editor, colorist, atau VFX artist untuk ngobrol tentang shot selection atau update progress terkini.

Grant Petty, CEO Blackmagic Design selalu pembuat lini kamera profesional Blackmagic dan Blackmagic Camera, mengeklaim bahwa aplikasi tersebut mendapat sambutan hangat di kalangan pengguna iPhone saat pertama hadir September lalu.

Baca juga: Insta360 Go 3S Dirilis, Kamera Aksi Video 4K Seukuran Jari

"Senang rasanya bisa memungkinkan lebih banyak pengguna untuk mengirimkan footage mereka ke newsroom atau studio pasca produksi dalam beberapa detik saja," ujar Petty.

Baru untuk Samsung dan Pixel

Aplikasi Blackmagic Camera adalah tool menarik untuk kreator yang mengandalkan ponsel sebagai alat perekam utama, atau yang ingin menambahkan footage mobile ke produksi berskala besar.

Sayangnya, untuk sekarang, Blackmagic Camera belum tersedia untuk semua ponsel Android. Baru perangkat bikinan Samsung dan Google saja yang kebagian, itu pun tidak semua.

Tepatnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Selasa (25/6/2024), Blackmagic Camera baru hadir di lini ponsel Samsung Galaxy S23 dan S24, serta Google Pixel 7 dan 8. Belum ada informasi kapan perangkat Android lain akan menyusul mendapatkannya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat