cpu-data.info

Smartwatch Samsung Galaxy Watch FE Resmi di Indonesia, Ini Harganya

Samsung Galaxy Watch FE hadir sebagai rebranding Galaxy Watch 4 dengan harga lebih murah.
Lihat Foto

- Smartwatch Samsung Galaxy Watch FE (Fan Edition) akhirnya resmi di Indonesia, Jumat (21/6/2024). Arloji pintar terbaru Samsung ini mendarat di Tanah Air sekitar seminggu setelah peluncuran global.

Dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, harga Galaxy Watch FE di Indonesia adalah Rp 3.299.000. Smartwatch ini dijual mulai 24 Juni 2024 dalam varian warna Black dan Pink Gold.

Samsung Galaxy Watch FE merupakan arloji pintar pertama Samsung di lini Watch FE. Sebelumnya, di pasar Indonesia, Samsung memiliki line-up produk smartwatch seperti Galaxy Watch, Galaxy Watch Classic, Galaxy Watch Pro, dan Galaxy Watch Active.

Embel-embel FE (Fan Edition) ini mengindikasikan bahwa lini Galaxy Watch FE hadir dengan spesifikasi lebih ringan dibandingkan seri Galaxy Watch lainnya.

Dari sisi spesifikasi dan desain, Galaxy Watch FE merupakan perangkat Galaxy Watch 4 (2021) yang diganti mereknya (rebrand), dan diluncurkan kembali.

Meski merupakan perangkat rebrand, Galaxy Watch FE membawa satu perubahan dibanding Watch 4 (2021), yaitu menggunakan kaca safir di atas layarnya. Ini merupakan peningkatan dari kaca Gorilla Glass DX+ yang digunakan di layar Galaxy Watch 4 ketika dirilis tiga tahun lalu.

Perbedaan lainnya, Galaxy Watch FE juga hanya tersedia dalam satu ukuran, yakni 40 mm. Sebagai perbandingan, Galaxy Watch 4 dirilis dengan ukuran 40 mm dan 44 mm.

Spesifikasi Galaxy Watch FE

Samsung Galaxy Watch FE varian warna hitam dan pink gold dijual di Indonesia mulai 24 Juni 2024. Harga Galaxy Watch FE di Indonesia adalah Rp 3.299.000.Samsung Samsung Galaxy Watch FE varian warna hitam dan pink gold dijual di Indonesia mulai 24 Juni 2024. Harga Galaxy Watch FE di Indonesia adalah Rp 3.299.000.
Untuk spesifikasi layarnya, Galaxy Watch FE hadir dengan casing aluminium, layar sentuh Super AMOLED 1,2 inci dengan resolusi 396×396 piksel.

Galaxy Watch FE ditenagai prosesor Exynos W920, dipadukan dengan RAM 1,5 GB dan penyimpanan 16 GB. Smartwatch inidi bekali baterai baterai berkapasitas 247 mAh.

Arloji pintar ini menjalankan sistem operasi Wear OS dilapisi antarmuka OneUI 5 Watch. Galaxy Watch FE ini kompatibel digunakan dengan smartphone Android 11 atau yang lebih baru dengan RAM lebih dari 1,5 GB.

Baca juga: Samsung Umumkan One UI 6 Watch dengan Galaxy AI

Fitur kesehatan

Samsung menyebut, Galaxy Watch FE dirancang untuk memperluas pengalaman kesehatan canggih dan menyeluruh dari Samsung kepada lebih banyak pengguna.

Untuk itu, Samsung Watch FE dilengkapi beragam sensor seperti sensor Samsung BioActive Sensor (Optical Heart Rate + Electrical Heart + Bioelectrical Impedance Analysis), Accelerometer, Barometer, Gyro Sensor, Geomagnetic Sensor, hingga Light Sensor

Untuk mendukung kualitas tidur yang lebih baik, Galaxy Watch FE punya fitur seperti memantau pola tidur dan pelatihan tidur.

Galaxy Watch FE menawarkan serangkaian fitur pemantauan kesehatan jantung, seperti HR Alert untuk mendeteksi detak jantung tinggi atau rendah yang tidak normal. Ada fitur Notifikasi Irama Jantung Tidak Teratur (IHRN) untuk memantau ritme jantung yang menunjukkan fibrilasi atrium (Afib).

Selain itu, pengguna dapat memperoleh pemahaman lebih mendalam tentang kesehatan jantungnya dengan memantau tekanan darah dan elektrokardiogram (EKG).

Untuk kebugaran, pengguna bisa melacak lebih dari 100 jenis olahraga di Galaxy Watch FE.

Ekosistem Galaxy

Galaxy Watch FE menawarkan pengalaman terhubung antara perangkat Samsung Galaxy. Misalnya, pengguna dapat dengan cepat dan mudah menemukan ponsel mereka dengan Find My Phone.

Pengguna bisa mengontrol kamera ponsel Samsung yang terhubung dari jarak jauh dengan Camera Controller di Galaxy Watch FE. Fitur ini memungkinkan pengguna mengganti mode, angle, hingga zoom langsung dari pergelangan tangannya.

Fitur Camera Controller ini mengharuskan Galaxy Watch FE yang dipasangkan dengan ponsel dari seri Galaxy S, Galaxy Note, atau Galaxy Z dengan sistem operasi One UI 5.1 atau lebih tinggi yang sudah mendukung Camera Controller.

Baca juga: Samsung Galaxy Watch 6 dan Watch 6 Classic Resmi di Indonesia dengan Fitur Kesehatan Canggih

Durabilitas dan konektivitas

Galaxy Watch FE dilengkapi durabilitas, seperti tahan terhadap debu dan air dengan rating IP68. Secara teori, jam pintar ini bisa bertahan di bawah air dengan kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Samsung Galaxy Watch FE juga mendukung fitur ketahanan 5 ATM, sehingga smartwatch ini tahan tekanan setara kedalaman 50 meter di bawah air. Ada juga sertifikasi ketahanan standar Military Grade Shock Resistance atau MIL-STD 810H.

Smartwatch ini mendukung konektivitas 4G/LTE, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dan Bluetooth 5.3. Artinya, pengguna bisa menggunakan Galaxy Watch FE dengan SIMcard, koneksi WiFi, hingga koneksi Bluetooth.

Fitur lain yang dibawa arloji pintar ini adalah NFC dan GPS. Di atas kertas, Samsung Galaxy Watch FE memiliki dimensi panjang 39,3 mm, lebar 40,4 mm, ketebalan x 9,8mm dengan bobot 26,6 gram.

Selengkapnya, berikut tabel spesifikasi Galaxy Watch FE di Indonesia.

  Spesifikasi Galaxy Watch FE
Layar

1.2-inch, 396x396, Super AMOLED, Full Color Always On Display

Dimensi/bobot

39.3 x 40.4 x 9.8mm / 26.6g

Prosesor

Exynos W920 Dual Core 1.18GHz

RAM/storage

1,5 GB + 16GB storage

Baterai 247mAh
WPC-based wireless charging
Sensor

Samsung BioActive Sensor (Optical Heart Rate + Electrical Heart + Bioelectrical Impedance Analysis), Accelerometer, Barometer, Gyro Sensor, Geomagnetic Sensor, Light Sensor

OS/UI

Wear OS Powered by Samsung dilapisi OneUI 5 Watch

Konektivitas

LTE, Bluetooth 5.3, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n 2.4+5GHz, NFC, GPS/Glonass/Beidou/Galileo

Durabilitas

5ATM, IP68, MIL-STD-810H

Kompatibilitas

Android 11 atau lebih baru dengan RAM lebih dari 1,5GB

Harga Galaxy Watch FE di Indonesia  Rp 3.299.000

Baca juga: Pengguna Pixel Watch dan Galaxy Watch Bisa Buka E-mail Langsung dari Smartwatch

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat