cpu-data.info

Pakai Dual-Rec di Samsung S24 Ultra, Bikin Fancam dan Nge-Vlog Sekaligus Saat Nonton Konser Lebih Praktis

NCT Dream yang tengah membawakan lagu Candy dengan dekorasi dan busana yang serba warna-warni. Foto diambil menggunakan kamera zoom 5x dan 10x dari Samsung S24 Ultra
Lihat Foto

JAKARTA, - Samsung Galaxy S24 Ultra memiliki aneka fitur kamera yang mumpuni, terutama untuk menonton konser. Salah satu fitur yang bisa dimanfaatkan untuk menonton konser adalah Dual Rec.

Fitur Dual Rec memiliki kemampuan merekam kamera depan dan belakang sekaligus. Nah, karena kemampuan tersebut, ponsel ini cocok untuk nge-vlog sambil merekam video untuk fancam (rekaman dari penggemar).

Karena bisa merekam dengan kamera depan dan belakang sekaligus, penonton tak perlu membolak-balik bidikan kamera secara bergantian.

Nah, kemampuan Dual-Rec sudah kami coba saat menonton konser NCT Dream bertajuk “THE DREAM SHOW: DREAM()SCAPE” di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (18/5/2024) lalu.

Baca juga: Samsung Galaxy S24 Ultra Bikin Nonton Konser NCT Dream dari Tribune Jauh Serasa di VIP

Ilustrasi fitur Dual-Rec Samsung Galaxy S24 Ultra di konser NCT Dream, Sabtu (18/5/2024) yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK)/Galuh Putri Riyanto Ilustrasi fitur Dual-Rec Samsung Galaxy S24 Ultra di konser NCT Dream, Sabtu (18/5/2024) yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK)

Dengan Dual-Rec, kami bukan hanya merekam momen yang terjadi di panggung saja keseruan berada di konser bersama teman serta keramaian penonton juga bisa kami abadikan secara bersamaan.

Cara mengakses fitur ini juga mudah. Bisa langsung buka aplikasi kamera di Samsung S24 Ultra. Geser ke menu “More” dan pilih fitur “Dual Rec”. Sebelum merekam, Anda bisa memilih format layout dari kamera depan dan belakang.

Model yang pertama, Anda bisa memilih jenis format picture-in-picture. Di mode ini, jendela kamera depan akan menimpa rekaman kamera belakang. Tampilan ini mirip seperti kita sedang melakukan panggilan video. Berikut gambarannya.

Tampilan layar saat mengaktifkan fitur Dual-Rec. Kamera depan dan belakang akan aktif secara bersamaan dan punya layout yang mirip ketika sedang melakukan panggilan video/Galuh Putri Riyanto Tampilan layar saat mengaktifkan fitur Dual-Rec. Kamera depan dan belakang akan aktif secara bersamaan dan punya layout yang mirip ketika sedang melakukan panggilan video

Di mode ini, Anda juga bisa menggeser posisi frame kamera depan secara leluasa. Anda bisa memosisikan frame kamera depan di ujung kanan, kiri, tengah, bawah kiri, bawah kanan, atau di mana pun sesuai dengan selera.

Mode yang kedua adalah Split. Di mode ini, ukuran footage dari kamera depan dan belakang akan terbagi sama besar. Mode ini akan memengaruhi kedua format video. Ukurannya tidak akan memanjang seperti di format yang pertama.

Jika sudah menentukan jenis layout, Anda bisa menentukan jenis file rekaman yang ingin disimpan. Ada dua pilihan, menggabungkan hasil dua kamera tadi menjadi satu file atau dipisah menjadi dua file yang berbeda. Opsi yang kedua tentu memakan lebih banyak ruang penyimpanan karena menyimpan dua jenis file yang berbeda.

Baca juga: Serunya Konser NCT Dream di Jakarta dalam Bidikan Samsung Galaxy S24 Ultra

Opsi kamera yang ingin diaktifkan saat mengaktifkan fitur Dual-Rec/Galuh Putri Riyanto Opsi kamera yang ingin diaktifkan saat mengaktifkan fitur Dual-Rec

Pilihan keduanya sebenarnya tidak terlalu berbeda. Untuk opsi yang kedua, Anda hanya perlu mengedit ulang dan menggabungnya secara manual di aplikasi edit pihak ketiga. Sementara itu, opsi yang pertama langsung menawarkan hasil video ala vlogging.

Di luar momen konser, Dual Rec juga memungkinkan pengguna mengaktifkan kamera lain dari Samsung Galaxy S24 Ultra. Bila sebelumnya kami mencontohkan kamera depan dan kamera belakang, Anda juga bisa mengaktifkan kamera ultrawide, telefoto, atau kamera wide.

Opsi yang bisa dipilih hanya dua lensa kamera saja. Jadi, selain merekam ala vlogging, pengguna yang ingin menguji kebolehan kamera ultrawide, wide, atau telefoto dari Samsung Galaxy S24 Ultra juga bisa mengaktifkan fitur ini.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat