cpu-data.info

Pengguna iPhone Kini Bisa Share Screen Video Call WhatsApp dengan Audio

Tampilan WhatsApp hijau di iPhone.
Lihat Foto

- Pengguna WhatsApp di iPhone kini bisa membagikan layar (share screen) dalam panggilan video (video call), lengkap dengan audionya. Fitur ini hadir lewat pembaruan (update) WhatsApp iOS versi 24.9.74.

Sebelumnya, layar yang dibagikan pengguna iPhone tidak memiliki suara, berbeda dengan fitur share screen WhatsApp di Android yang dilengkapi audio.

Cara share screen di WhatsApp iOS dilakukan dengan mengetuk layar saat sedang video call, kemudian mengakses deretan ikon yang terletak di bagian bawah layar.

Baca juga: Muncul Tombol Baru “Share Screen” di Video Call WhatsApp, Apa Fungsinya?

Ketuk ikon kedua dari kiri dengan ilustrasi orang di depan layar televisi, dan pilih "Start Broadcast" untuk memulai share screen.

Fitur share screen di WhatsApp./Zulfikar Hardiansyah Fitur share screen di WhatsApp.
Jika sudah selesai, pengguna bisa membuka WhatsApp dan mengetuk ikon "Stop Sharing" berwarna merah. Alternatifnya, ketuk gelembung merah di sudut atas layar dan pilih "Stop".

Pembaruan ini juga menghadirkan antarmuka (user interface/UI) yang berbeda. Berbagai tombol dan ikon notifikasi WhatsApp memiliki warna hijau, berbeda dari sebelumnya yang berwarna biru. Artinya, WA di iOS makin mirip dengan di Android.

Palet warna hijau ini berlaku untuk pengaturan tema cerah (Light Mode) yang dibalut warna putih, dan tema gelap (Dark Mode) yang dihiasi warna hitam.

Baca juga: WhatsApp Punya Tampilan Baru, Versi iOS Jadi Mirip Android dan Warna Lebih Terang

Rilis fitur filter chat

Selain fitur share screen video lengkap dengan audionya, Meta juga meluncurkan fitur filter obrolan (chat) untuk pengguna iOS. Fitur ini tersedia di pembaruan versi 24.10.74.

Seperti namanya, filter chat dimanfaatkan untuk menyaring riwayat obrolan dengan cepat untuk menemukan chat tertentu. Filter ini bakal diposisikan di bagian atas daftar chat pengguna.

Ada sebanyak tiga filter yang bisa diakses pengguna, yaitu "All", "Unread", dan "Groups".

Filter "All" menampilkan semua obrolan pengguna dengan pengguna lainnya. Di sisi lain, filter "Unread" memungkinkan pengguna mengakses obrolan yang belum dibaca.

Kemudian, filter "Group" menyusun semua obrolan grup (group chat) dalam satu tempat. Filter ini juga akan menampilkan sub-grup dalam WhatsApp Communities.

Di luar filter chat serta share screen video dan audio, terdapat juga fitur kunci sandi (passkey) yaitu mekanisme login baru pengganti kata sandi (password). Fitur ini dirilis lewat pembaruan WhatsApp versi 24.9.78.

Baca juga: 2 Cara Membuat Tulisan Coret di WhatsApp dengan Mudah dan Cepat

Deretan fitur baru WhatsApp iOS yang sudah disebutkan di atas sedang dalam tahap penggelontoran untuk pengguna iPhone, sebagaimana dikutip KompasTekno dari GizChina, Senin (27/5/2024).

Jika belum kebagian, pengguna bisa melakukan pembaruan WhatsApp di iOS lewat tautan berikut ini, dan mengecek ketersediaan fitur-fitur tersebut secara berkala.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat