cpu-data.info

Waspada, 84 Aplikasi iPhone Ini Bisa Menguras Isi Dompet

Ilustrasi App Store Award 2021
Lihat Foto

- Puluhan aplikasi yang dapat menguras dompet pengguna, masih ditemukan di toko aplikasi Apple, App Store. Padahal, Apple dikenal sebagai perusahaan yang ketat dalam menyortir aplikasi yang bisa dipakai oleh pengguna.

Menurut situs pengulas VPN, Vpncheck, Apple belum menghapus sebanyak 84 aplikasi yang mengandung fleeceware sejak ditemukan 15 bulan yang lalu, atau pada Maret 2021. 

Fleeceware sendiri adalah perangkat lunak jahat semacam malware yang dapat menguras dompet pengguna dengan cara menetapkan biaya tertentu secara diam-diam. Aplikasi jenis ini biasanya menarik minat pengguna dengan trik uji coba gratis.

Pada Maret 2021, Avast menemukan total 133 aplikasi mengandung fleeceware di App Store. Pada saat yang sama, aplikasi tersebut tercatat sudah diunduh sampai 500 juta kali dan menghasilkan pendapatan 365 juta dollar AS (Rp 54,7 triliun).

Baca juga: Alasan Pentingnya Menghapus Data dan Akun Sebelum Uninstall Aplikasi

Fleeceware memang dirancang untuk mengelabui pengguna, guna mencari keuntungan. Meski tidak mencuri data penggunanya, aplikasi ini tetap berbahaya karena diam-diam bisa menetapkan biaya tersembunyi yang mahal.

Menurut Vpncheck, sebanyak 84 aplikasi fleeceware mengelabui pengguna hingga 100 juta dollar AS (Rp 1,49 triliun) per tahun.

Vpncheck juga mencatat bahwa aplikasi itu sudah diunduh 7,2 juta kali di iPhone dan menghasilkan pendapatan 8,6 juta dollar AS (Rp 128 miliar) setiap bulannya.

Ciri-ciri aplikasi fleeceware

Fleeceware adalah sejenis malware pada aplikasi mobile yang dirilis dengan biaya langganan yang mahal dan tersembunyi. 

Dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Selasa (19/7/2022), aplikasi yang mengandung fleeceware biasanya mudah dikenali. Sebab, mereka mayoritas berwujud aplikasi hiburan seperti alat musik virtual atau aplikasi utilitas seperti senter atau kalkulator.

Fleeceware juga terkadang berbentuk aplikasi ramalan atau horoskop, filter atau aplikasi edit foto maupun video, booster volume, game berbasis kuis hingga wallpaper.

Ciri lainnya dari aplikasi fleeceware yaitu mereka dibanjiri ulasan berbayar bintang 5 dari pengguna yang memakai nama palsu untuk menutupi ulasan buruk dari pengguna lain.

Ilustrasi scammingLindsey LaMont Ilustrasi scamming

Biasanya, aplikasi ini menawarkan versi gratis untuk percobaan, kemudian menagih biaya yang mahal ketika pengguna terus memakainya dan mencapai limit gratis.

Setelah pengguna memutuskan untuk berlangganan, mereka akan kesulitan untuk menyetopnya sehingga bisa terus menagih pengguna.

Aplikasi ini terkadang juga memasang iklan palsu yang mengeklaim pihaknya direkomendasikan Apple. Untuk itu, pengguna perlu mewaspadai iklan tersebut.

Baca juga: Riset: iPhone Bisa Terinfeksi Malware Meski dalam Keadaan Mati

Jika Anda terlanjur mengunduh 84 aplikasi penipuan di App Store namun tidak dapat menyetop langganan, Anda bisa menghubungi pihak bank untuk berhenti memproses permintaan pembayaran apapun dari aplikasi itu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat