cpu-data.info

Apple Rilis iPad Mini Gen 7 dengan Chip A17 Pro, Setelah 3 Tahun Absen

Apple resmi meluncurkan tablet terbarunya, iPad Mini 2024.
Lihat Foto

- Raksasa teknologi Apple secara mengejutkan resmi merilis tablet terbarunya, iPad Mini (2024), Selasa (15/10/2024). iPad Mini generasi ketujuh (iPad Mini gen 7) ini dirilis setelah model "Mini" absen sekitar tiga tahun.

Terakhir, perusahaan yang berbasis di Cupertino, AS ini merilis model iPad Mini 6 tahun 2021 lalu.

Sebagai penerus, iPad Mini 7 membawa sejumlah peningkatan, seperti kehadiran chip Apple A17 Pro dan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) Apple Intelligence.

System-on-Chip (SoC)  A17 Pro berfabrikasi 3 nm ini memiliki enam inti (hexa-core), dengan dua inti performa dan empat inti hemat daya. Unit pengolah grafis (GPU) yang diandalkan juga memiliki enam core.

Apple mengeklaim chip ini membawa peningkatan performa CPU hingga 30 persen dan performa GPU hingga 25 persen, dibandingkan chip A15 Bionic yang menenagai iPad Mini 2021.

Baca juga: Daftar Harga iPad Mini 6 di Indonesia

SoC Apple A17 Pro turut dilengkapi fitur ray tracing berbasis hardware, yang empat kali lebih ngebut dibanding ray-tracing berbasis software.

Ray tracing mampu memvisualisasikan refleksi cahaya dan efek sinematik secara real time di dalam game. Tampilan game seperti pantulan cahaya matahari bakal tampil lebih memukau.

Dengan chip ini, iPad Mini juga disebut bisa menjalankan game berbujet tinggi dengan visual fantastis (triple-A/AAA), seperti Zenless Zone Zero bikinan studio Hoyoverse.

Perangkat ini juga sudah kompatibel dengan pena digital (stylus) Apple Pencil Pro. Ini menjadi salah satu kebaruan yang dibawa iPad Mini Generasi baru.

Sebab, di iPad Mini 6, hanya mendukung model Apple Pencil di bawahnya, yakni Apple Pecil generasi kedua dan Apple Pencil (USB-C). Stylus Apple Pencil Pro membawa sejumlah fitur seperti sensitivitas tekanan, haptic feedback, dan kontrol gestur.

"Dengan chip A17 Pro yang tangguh, konektivitas yang lebih cepat, dan dukungan Apple Pencil Pro, iPad Mini baru menghadirkan pengalaman iPad sepenuhnya dalam desain kami yang paling portabel dengan nilai yang luar biasa," kata Bob Borchers, Vice President Worldwide Product Marketing Apple, dilansir dari laman resmi Apple.

Apple Intelligence

Apple resmi meluncurkan tablet terbarunya, iPad Mini 2024.GSMArena Apple resmi meluncurkan tablet terbarunya, iPad Mini 2024.
iPad Mini terbaru ini juga telah mendukung teknologi kecerdasan buatan Apple Intelligence.

Apple Intelligence sendiri merupakan deretan fitur kecerdasan buatan generatif (generative AI), yang memungkinkan pengguna menulis dan meringkas teks dengan AI, membuat gambar dan emoji, juga menghadirkan asisten virtual Siri yang lebih pintar.

Baca juga: Apple Rilis Apple Intelligence, AI Generatif untuk iPhone, iPad, dan Mac

Fitur kecerdasan buatan Apple Intelligence akan digelontorkan bulan Oktober ini lewat pembaruan sistem operasi (OS) iOS 18.1/iPadOS 18.1. Fitur ini baru tersedia untuk bahasa Inggris Amerika Serikat (U.S English) saja.

Selain chip A17 Pro dan Apple Intelligence, iPad Mini 2024 turut membawa peningkatan di sektor media penyimpanan (storage). Storage-nya ditingkatkan dari 64 GB/256 GB di iPad Mini 2021, menjadi 128 GB/256 GB/512 GB di iPad Mini terbaru.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat