cpu-data.info

Aplikasi WordPad Resmi Pensiun dari Windows

Perangkat lunak (software) pengolah kata WordPad resmi dipensiunkan oleh Microsoft, setelah hampir 30 tahun hadir di sistem operasi (OS) Windows.
Lihat Foto

- Aplikasi pengolah kata WordPad resmi dipensiunkan dari sistem operasi (OS) Windows. Kabar penghapusan perangkat lunak (software) ini pertama kali dikonfirmasi pada September 2023.

Kini, aplikasi tersebut dihilangkan di versi terbaru Windows, yaitu Windows 11 24H2 dan Windows Server 2025. Artinya, WordPad sudah tidak bisa digunakan lagi. Adapun Windows 11 24H2 mulai digulirkan sejak 1 Oktober 2024.

Microsoft mengatakan, setiap versi baru Windows yang dirilis, terkadang akan menghapus berbagai fitur dan aplikasi untuk membuat sistem operasi lebih efisien, atau memberi jalan bagi aplikasi pengganti yang lebih modern.

WordPad sendiri dirilis pada Agustus 1995 di Windows 95, sehingga aplikasi ini resmi dipensiunkan pada usia 29 tahun. Aplikasi ini dulu dirilis sebagai alternatif Microsoft Word, yang digunakan untuk membuat dokumen teks sederhana dengan format file .doc dan .rtf.

Baca juga: Tiga Aplikasi Alternatif WordPad dan MS Office, Gratis!

Microsoft Word sendiri diluncurkan pada 1983. Meski usianya lebih tua, aplikasi pengolah kata ini mendapatkan banyak pembaruan (update) bahkan hingga sekarang, yang membuatnya kaya fitur termasuk fungsi pengeditan teks yang lebih banyak.

Windows Notepad juga dirilis pada 1983. Software ini lebih simpel dibandingkan WordPad karena hanya bisa digunakan untuk menulis teks tanpa fitur format teks (text formatting). Pada akhirnya Microsoft memilih untuk menyetop dukungan WordPad.

Selain Microsoft Word, ada banyak pilihan aplikasi pengolah kata modern yang bisa dibilang membuat relevansi WordPad makin memudar.

Salah satunya adalah software berbasis awan (cloud) Google Docs, yang memungkinkan pengguna melanjutkan progres penulisan secara online di berbagai perangkat.

Nah, karena sudah dipensiunkan, pengguna aplikasi WordPad dianjurkan untuk menggunakan software Microsoft Word dalam pengolahan dokumen berformat .doc dan .rtf, atau Notepad untuk pembuatan dokumen berformat .txt.

Masih bisa diunduh

Meski WordPad sudah dihapus, situs berita Windows Latest menemukan trik untuk menggunakan aplikasi itu di Windows 11 versi terbaru, sebagaimana dikutip KompasTekno dari XDA Developers, Kamis (3/10/2024).

Caranya, pengguna mesti membuka folder "C:\Program Files\Windows NT\Accessories", mengunduh file yang disediakan Windows Latest, kemudian menaruhnya di folder "Accessories".

Setelah itu, klik file WordPad dua kali untuk membuka aplikasi itu.

Fitur baru Windows 11 24H2

Update Windows 11 versi 24H2 membawa sejumlah pembaruan kecil pada beberapa fitur, seperti menu "Start", "File Explorer", dan "Setting".

Pada menu "Start", pembaruan akan sangat berfungsi bagi pengguna software Microsoft Phone Link.

Baca juga: 4 Versi Windows 10 Ini Sebentar Lagi Pensiun

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat