cpu-data.info

Intel dan Amazon Kerja Bareng Kembangkan Chip untuk AI

Logo AWS dalam AWS Cloud Day 2023 di Jakarta, Selasa (26/9/2023).
Lihat Foto

- Intel dan Amazon mengumumkan kemitraan baru untuk mengembangkan chip AI. Diumumkan awal pekan ini, dalam kerja sama tersebut Intel akan membuat chip AI untuk data center yang menjalankan layanan Amazon Web Services (AWS).

Kedua raksasa teknologi itu sebenarnya sudah lama bekerja sama, namun cakupannya kini diperluas dengan co-investment bernilai "miliaran dollar AS" dalam periode hingga beberapa tahun ke depan, menurut sebuah keterangan tertulis dari Intel.

"Ekspansi kerja sama kami yang telah berlangsung lama dengan AWS mencerminkan kekuatan dari teknologi pembuatan chip kami sekaligus memberikan beragam solusi untuk workload pelanggan," ujar CEO Intel Pat Gelsinger.

Baca juga: Qualcomm Dikabarkan Berencana Caplok Unit Bisnis Intel

Tidak disebutkan berapa persisnya nilai investasi kedua pihak dalam kerja sama ini, ataupun jangka waktunya. Namun, Intel akan menggunakan teknologi-teknologi manufakturnya dalam pembuatan prosesor untuk Amazon.

Untuk tahap awal, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari WCCF Tech, Selasa (17/9/2024), Intel bakal menggunakan proses manufaktur Intel 3 dalam pembuatan chip Xeon 6 custom untuk Amazon.

Setelahnya, Intel juga bakal memproduksi "AI fabric chip" untuk Amazon AWS menggunakan teknologi manufaktur 18A terbarunya.

Teknologi manufaktur 18A merupakan yang tercanggih dari Intel dan digadang-gadang bisa menyaingi teknologi 2 nm dari pabrik chip pesaingnya, Taiwan Semiconductor Manufcturing Company (TSMC).

Baca juga: AI Apple Intelligence Ternyata Dilatih dengan Chip Bikinan Google

CEO Intel Pat Gelsinger sebelumnya telah berkali-kali mengatakan bahwa Intel adalah satu-satunya pabrikan semikonduktor dengan portfolio yang sanggup memenuhi semua jenis kebutuhan terkait AI.

Dalam earnings call dengan investor untuk laporan keuangan kuartal-I 2024 Intel, Gelsinger berkata bahwa pihaknya menargetkan bakal menjadi pabrikan chip terbesar untuk AI pada 2030.

Saling kerja sama antar perusahaan raksasa untuk AI bukan hal baru di dunia teknologi. Selain Amazon dan Intel, misalnya, Apple juga menggunakan prosesor Tensor buatan Google untuk melatih AI.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat