cpu-data.info

Google Rilis Paket Langganan Google One Versi Murah, Indonesia Kebagian

Ilustrasi layanan Google One.
Lihat Foto

- Google diam-diam mulai merilis paket berlangganan Google One Lite pada Selasa (10/9/2024). Paket langganan ini dibanderol dengan harga paling murah dibanding paket Google One lainnya. 

Kehadiran paket langganan Google One termurah ini pertama kali terendus di India. 

Menurut keterangan Google kepada media teknologi Android Authority, paket Google One versi murah ini memang sedang diuji coba di sejumlah negara, yaitu India, Meksiko, Brazil, termasuk Indonesia. 

Google One sendiri merupakan merupakan layanan berlangganan yang menyediakan media penyimpanan cloud (cloud storage) tambahan untuk Gmail, Drive, Photos, serta fitur lainnya seperti fitur premium Google Workspace dan akses chatbot berbasis kecerdasan buatan (AI) Gemini.

Nah, Google One Lite diposisikan sebagai paket paling murah di bawah paket Basic, Premium, dan Premium AI.

Harga Google One Lite di India adalah 59 Rupee per bulan atau sekitar Rp 10.885. Harga ini lebih murah daripada paket Basic versi India yang dibanderol seharga 130 Rupee (Rp 23.985) per bulan.

Paket ini menghadirkan storage sebesar 30 GB. Dua kali lebih besar dibandingkan akun Google gratisan yang menyediakan storeage 15 GB. Storage ini dapat dibagi antara Gmail, Photos, dan Drive, tetapi tidak dapat dibagi dengan orang lain.

Menurut Google, paket Google One termurah ini baru tersedia secara terbatas untuk sejumlah pengguna. Pantauan KompasTekno, Rabu (11/9/2024) sejumlah akun Google yang kami gunakan belum kebagian paket langganan termurah ini.

Baca juga: Google Resmi Rilis Android 15

Sebagai perbandingan, paket standar alias Basic menawarkan storage 100 GB, dan memungkinkan pengguna untuk membagikan storage ini dengan lima pengguna lainnya.

Lebih dari itu, Google One Lite tidak menghadirkan fitur Google One lainnya, misalnya fitur premium Google Workspace dan chatbot Gemini.

Perbandingan harga paket Google One Lite dan Google One Basic di India.9to5Google Perbandingan harga paket Google One Lite dan Google One Basic di India.
Jadi, paket berlangganan ini cocok bagi pengguna yang membutuhkan storage lebih, tetapi tidak memerlukan fitur lainnya yang ditawarkan Google One.

Google juga menawarkan uji coba gratis alias free trial Google One Lite bagi pengguna. Free trial ini berlaku sebulan, dan nantinya pengguna harus membayar 59 Rupee (Rp 10.885) untuk bulan-bulan berikutnya.

Belum ada informasi apakah pengguna bisa memilih opsi berlangganan setahun atau tidak.

Opsi berlangganan setahun untuk paket Google One lainnya menawarkan diskon hingga 16 persen, sehingga memungkinkan pengguna lebih berhemat.

Baca juga: Google Gemini Kembali Bisa Buat Gambar Orang, Pakai Imagen 3

Sebagaimana dikutip KompasTekno dari Android Authority, Rabu (11/9/2024), Google mengonfirmasi fitur ini juga bisa dijajal untuk sejumlah pengguna terbatas di Brasil, Meksiko, dan Indonesia.

Akan tetapi, Google tidak mengumbar apakah fitur di paket ini untuk berbagai negara itu bakal sama atau berbeda dari versi India. Raksasa teknologi tersebut juga tidak menjelaskan kapan fitur tersebut akan digelontorkan untuk semua pengguna.

Sebagai perbandingan, paket Google One Basic yang ditawarkan di Indonesia seharga Rp 26.900 per bulan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat