cpu-data.info

Fitur Terjemahan Samsung Galaxy AI Makin Pintar, Paham Konteks Bahasa Indonesia dan Bisa "Offline"

Tampilan Interpreter lebih intuitif karena mendukung dual screen alias bisa ditampilkan di layar sekunder (cover screen) sekaligus di layar utama.
Lihat Foto

- Duo Samsung Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6 dibekali setidaknya 14 fitur Galaxy AI yang baru dan lebih canggih.

Salah satu fitur utama Galaxy AI adalah kemampuan menerjemahkan teks dan percakapan dari dari bahasa Indonesia ke bahasa asing, atau sebaliknya.

Software Platform Group Head, Samsung R&D Institute Indonesia (SRIN) Yanuar mengatakan, fitur terjemahan Galaxy AI ini sudah paham konteks percakapan bahasa Indonesia dengan baik.

Selain itu, fitur ini juga ditanamkan langsung di perangkat (AI on-device), jadi bisa digunakan tanpa koneksi internet sekalipun.

"Dengan ini, Galaxy AI sekarang lebih bisa memahami konteks pembicaraan dan memberikan terjemahan yang cepat, tepat, dengan jaminan keamanan data," kata Yanuar, dalam acara bertajuk "Unfolding Innovation with Galaxy AI" yang disiarkan secara daring, Selasa (10/9/2024).

Baca juga: Fitur Galaxy AI di Samsung Z Fold-Flip 6 Makin Diminati di Indonesia, Ini Buktinya

Yanuar menceritakan dirinya dan SRIN ikut andil langsung dalam pengembangan dan pengoptimalan paket bahasa Indonesia untuk Galaxy AI.

Untuk bisa membuat terjemahan yang baik seperti sekarang, kata Yanuar, tim SRIN mengembangkan AI model untuk basic model, DSR (pengenalan suara), translation engine, dan TTS (text-to-speech).

"Selanjutnya model-model tersebut kami compress dan optimize, sehingga model-model tersebut dapat di-deploy (dipasang) ke dalam Galaxy device dengan sempurna," kata Yanuar.

Software Platform Group Head, Samsung R&D Institute Indonesia, Yanuar (kiri), dan MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia, Ilham Indrawan (kanan) dalama acara bertajuk Unfolding Innovation with Galaxy AI yang disiarkan secara daring, Selasa (10/9/2024).
/ Galuh Putri Riyanto Software Platform Group Head, Samsung R&D Institute Indonesia, Yanuar (kiri), dan MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia, Ilham Indrawan (kanan) dalama acara bertajuk Unfolding Innovation with Galaxy AI yang disiarkan secara daring, Selasa (10/9/2024).
Tak hanya itu, SRIN juga melakukan penelitian dan pengembangan untuk memberikan terjemahan yang relevan dan akurat.

Salah satunya dengan melatih Galaxy AI bahasa Indonesia dengan sejumlah topik utama, seperti ekonomi, kesehatan, psikologi, AI, sejarah, lingkungan, dan politik.

Yanuar mengatakan, khusus di Indonesia, SRIN juga menambahkan pelatihan untuk topik agama.

"Di riset internal SRIN, topik agama sangat diminati oleh orang Indonesia. Kedelapan topik inilah yang diajari ke Galaxy AI, sehingga AI dapat memahami konteks pembicaraan dan memberikan terjemahan yang tepat," kata Yanuar.

Yanuar mengatakan, tim SRIN sudah andil dalam pengembangan pake bahasa Indonesia sejak debut Galaxy AI di Samsung S24 series pada Januari 2024.

Dukungan bahasa Indonesia di Galaxy AI sendiri tersedia pada April lalu, atau sekitar tiga bulan sejak debut Galaxy AI. Dari April hingga September ini, dukungan bahasa Indonesia di Galaxy AI semakin stabil.

"Dari situ, paket bahasa Indonesia kami kembangkan lagi untuk dipasang dan diaplikasikan ke Galaxy Z Fold 6 dan Z Flip 6. Hasilnya pun luar biasa. Kalau kami lihat, Galaxy AI sekarang lebih bisa memahami konteks pembicaraan dan memberikan terjemahan yang tepat," kata Yanuar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat