cpu-data.info

17 Fitur Galaxy AI di Samsung Z Fold dan Flip 6, iPhone 16 Enggak Punya

Dengan fitur Galaxy AI Sketch to Image, kami bisa menyulap gambar tangan yang tak begitu bagus menjadi Pikachu dan kelinci.
Lihat Foto

- Samsung Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6 boleh dibilang merupakan salah satu smartphone Samsung yang paling baru dan mumpuni di pasaran, terutama jika dilihat dari fitur kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI)-nya.

Pasalnya, Samsung Z Flip 6 dan Z Fold 6 kini dibekali setidaknya 17 fitur Galaxy AI yang lebih canggih dan pintar.

Beberapa fitur yang menjadi sorotan utama adalah Portrait Studio, Sketch to Image, Composer, Interpreter Dual Screen, Circle to Search untuk soal matematika dan fisika, PDF overlay translation, hingga Auto Zoom. Fitur-fitur ini membantu pengguna di aspek komunikasi, produktivitas, dan kreativitas.

17 fitur Galaxy AI baru di Samsung Z Fold-Flip 6 ini hadir out of the box dan gratis. Artinya, dukungan Galaxy AI sudah terpasang langsung di perangkat, sehingga pengguna tak perlu lebih dulu menginstalnya.

Baca juga: Apple Intelligence Meluncur Oktober di iOS 18.1, tapi Tidak Ada Bahasa Indonesia

Tak hanya punya fitur yang banyak, Galaxy AI bikinan Samsung kini juga sudah mendukung hingga 16 bahasa, termasuk Indonesia, Inggris, Korea, Vietnam, China, Jerman, Italia, Jepang, dan Spanyol.

Sebagai perbandingan, pesaing terdekat Samsung, Apple juga baru saja memperkenalkan rangkaian fitur AI-nya, bernama Apple Intelligence lewat kehadiran iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max.

Fitur AI barunya mencakup Writing Tools (menulis ulang e-mail, pesan, dll), tools foto termasuk Clean Up untuk menghapus bagian gambar yang tidak diinginkan. Ada juga fitur perekaman, transkripsi, dan ringkasan audio, ringkasan notifikasi, Pesan Prioritas di Mail, dan ringkasan email.

Kemudian, asisten virtual Siri yang didesain ulang dengan kemampuan pemahaman yang lebih kaya, dan bisa ketuk dua kali di layar untuk memerintah Siri dengan teks.

Apple juga mengumumkan fitur baru seperti Image Playground, yang memungkinkan pengguna membuat gambar dan emoji, serta integrasi Siri dengan chatbot milik OpenAI, ChatGPT. Namun, fitur ini baru akan hadir mulai akhir tahun ini dan dalam beberapa bulan berikutnya.

Baca juga: 5 Fitur Apple Intelligence yang Hadir lewat iOS 18

Berbeda dengan Samsung Z Fold dan Z Flip 6, iPhone 16 series tidak akan dijual dengan fitur Apple Intelligence out of the box atau langsung tersedia begitu kotak kemasan dibuka.

Apple mengatakan akan menyebar fitur Apple Intelligence lewat pembaruan software gratis bulan depan dengan serangkaian fitur pertama mendukung Bahasa Inggris di "sebagian besar wilayah di seluruh dunia".

17 fitur AI Samsung Z Fold-Flip 6

Jika kalian sedang mencari ponsel dengan kemampuan AI yang beragam, variatif, dan mendukung bahasa Indonesia, Samsung Z Fold 6 dan Z Flip 6 mungkin bisa menjadi pertimbangan pengguna.

Berikut daftar 17 fitur Galaxy AI di Samsung Z Fold 6 dan Z Flip 6 yang iPhone 16 gak punya:

1. Sketch to Image

Fitur ini memungkinkan pengguna membuat gambar menggunakan AI. Hal menarik fitur ini bisa diterapkan pada foto di galeri dan di Samsung Notes.

Galaxy AI akan menyulap pengguna menjadi tipe gambar yang dipilih. Sepengalaman KompasTekno, hasil obyek tambahan dari Sketch to Image di galeri maupun Samsung Notes terlihat rapi dan sesuai dengan yang digambar secara manual oleh pengguna.

2. Portrait Studio

Hasil foto Syney Sweeney diolah pakai fitur Portrait Studio Galaxy AI di Galaxy Z Fold 6Samsung Hasil foto Syney Sweeney diolah pakai fitur Portrait Studio Galaxy AI di Galaxy Z Fold 6
Fitur ini memungkinkan pengguna menyulap foto menjadi ala karakter komik dan kartun 3D, lukisan cat air, atau sketsa hitam-putih.

Fitur bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan foto profil media sosial atau profile WhatsApp bikinan AI yang juga lagi ngetren belakang.

3. Composer

Fitur Composer memungkinkan pengguna membuat teks unik berdasarkan perintah teks sederhana untuk email, perpesanan, dan media sosial.Samsung Newsroom Fitur Composer memungkinkan pengguna membuat teks unik berdasarkan perintah teks sederhana untuk email, perpesanan, dan media sosial.
Fitur ini memungkinkan pengguna membuat teks unik berdasarkan perintah teks sederhana untuk email, perpesanan, dan media sosial. Misalnya, pengguna ingin memberikan ucapan ulang tahun ke seseorang. Pengguna bisa menggunakan fitur Composer untuk hasil ucapan ulang tahun yang unik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat