cpu-data.info

Cara Tutup Kolom Komentar di Instagram Story agar Tetap Privat

Ilustrasi kolom komentar di Instagram Stories.
Lihat Foto

- Instagram belum lama ini meluncurkan fitur baru bernama "Comments in Stories". Fitur ini memungkinkan pengguna untuk meninggalkan komentar di IG Story milik orang lain. Komentar di Instagram Story ini bisa dilihat oleh pengikut (follower) lainnya. 

Apabila konten disimpan dalam fitur "Sorotan/Highlights", maka komentar-komentar juga akan ikut tersimpan dan bisa dibaca di lain waktu. Bahkan, komentar masih bisa dilanjutkan di konten IG Stories yang tersimpan di "Sorotan".

Fitur "Comments in Stories" merupakan peningkatan signifikan untuk IG Stories, mengingat komentar biasanya hanya tersedia di posting feed (foto, video, Reels).

Sebelum ada fitur "Comments in Stories", pengguna harus mengirimkan pesan pribadi (direct message) untuk memberikan komentar pada Instagram Stories seseorang, sehingga hanya si pengunggah konten dan pengirim pesan saja yang bisa melihatnya.

Baca juga: Pengguna Instagram Kini Bisa Kirim Komentar di IG Stories, Beda dengan DM

Fitur "Comments in Stories" ini diaktifkan secara default. Namun, pengguna memiiki opsi untuk menyembunyikannya.

Pasalnya, sebagian orang tidak ingin posting Instagram Story mereka dikomentari oleh pengguna lain. Atau, mereka mungkin ingin membuat Instagram Story tetap privat dan komentar-komentar hanya melalui DM Instagram.

Bagi pengguna yang ingin menyembunyikan kolom komentar IG Stories, berikut KompasTekno rangkumkan tutorialnya:

Tutorial tutup kolom komentar di IG Stories./ Galuh Putri Riyanto Tutorial tutup kolom komentar di IG Stories.

  • Buka Instagram
  • Buka profil Instagram
  • Pilih opsi "Komentar/Comment" di bagian "How other can interact with you"
  • Klik "Cerita/Stories" di bagian "Siapa yang bisa berkomentar".
  • Kalian akan melihat tiga opsi, yakni:
    Opsi "Your Follower/Pengikut Anda": mengizinkan semua followers/pengikut, baik yang Anda ikuti balik atau tidak, untuk meninggalkan kometar.
    Opsi "Follower you follow back/Pengikut yang Anda ikuti balik": hanya mengizinkan followers yang diikuti balik untuk meninggalkan komentar.
    Opsi "Off/Nonaktif": menutup kolom komentar dari siapa pun.
  • Pilih opsi "Off" untuk menutup kolom komentar di IG Stories.

Dan, voila!, kolom komentar akan disembunyikan dari IG Stories pengguna. Pengguna yang ingin mengomentari posting IG Stories harus menuliskan komentar lewat "Send message" DM Instagram seperti biasanya.

Tutorial menutup kolom komentar di posting IG Stories tertentu./ Galuh Putri Riyanto Tutorial menutup kolom komentar di posting IG Stories tertentu.
Pengguna sebenarnya bisa menyembunyikan kolom komentar untuk posting IG Stories tertentu saja. Caranya adalah sebagai berikut:

Baca juga: Edit Foto di Feed Instagram Kini Lebih Mudah, Tak Perlu Aplikasi Ketiga

  • Buka Instagram
  • Buka Instagram Stories yang ingin disembunyikan kolom komentarnya
  • Klik titik tiga "More"
  • Klik opsi "Turn off commenting".

Maka kolom komentar di posting IG Stories tersebut akan disembunyikan, tapi kolom kementar akan muncul di konten IG Stories lainnya.

Pengguna bisa membuka kembali kolom komentar dengan langkah yang sama, hanya saja perlu memilih opsi "Your followers"atau "Followers you follow back".

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat