cpu-data.info

Suara Asisten Virtual "Mbak Google" Diperbarui, Kini Lebih Manusiawi

Cara menonaktifkan fitur Google Assistant di Android
Lihat Foto

 

- Google memperluas dukungan model AI Gemini ke aplikasi Google Home serta Google Assistant. Dengan hadirnya dukungan Gemini, Google bertujuan membuat interaksi antara pengguna dengan speaker pintar lewat asisten virtual Google Assistant, menjadi lebih alami.

Salah satu implementasinya adalah dengan menyediakan berbagai suara baru di Google Assistant.

"Kami menghadirkan berbagai suara baru yang membuat interaksi Anda dengan perangkat terasa seperti obrolan biasa," kata Anish Kattukaran
Senior Director, Product Management, Google Home & Nest, dikutip KompasTekno dari blog resmi Google, Rabu (7/8/2024).

Baca juga: Segini Modal Google, Apple, Induk Facebook, dkk untuk Kembangkan AI

Berdasarkan cuplikan video yang diunggah, "Mbak Google" alias suara wanita di asisten virtual Google yang selama ini terdengar kaku bak robot, kini lebih manusiawi dan luwes. Sehingga, pengguna dibuat seola-olah mengobrol dengan manusia nyata.

Intonasinya juga terdengar lebih alami sebagaimana saat orang merespons pertanyaan.

Sayangnya dukungan "berbagai suara" di Assistant ini baru tersedia akhir tahun ini. Google juga belum merinci ragam suara baru untuk asisten virtualnya, selain yang diunggah dalam video.

Selain suara yang lebih variatif, video itu juga menunjukkan bahwa pengguna bisa mengajukan pertanyaan lebih lanjut ke Assistant, tanpa perlu memakai "Hei Google/Oke Google" di setiap pertanyaan, seperti sebelumnya.

Google Assistant juga bisa merespons lebih lanjut pertanyaan itu, dengan gaya bicara yang luwes.

"Google Assistant yang ditingkatkan akan lebih memahami Anda, sehingga Anda bisa mengobrol lebih luwes dan mengajukan pertanyaan lanjutan," ujar Kattukaran.

Berkat dukungan Gemini, pengguna juga bisa mengajukan aneka macam pertanyaan. Misalnya untuk menemukan judul lagu, lagu bertema khusus, hingga meminta penjelasan tentang sepatu yang keren.

Baca juga: Google Assistant Tak Akan Lagi Tersedia di Smart TV Samsung

Pada tahap awal, peningkatan Google Assistant akan dirilis ke pengguna Nest Aware, dalam mode Public Review akhir tahun ini. Nest Aware adalah layanan berlangganan berbayar bagi pengguna Google Nest.

Video cuplikasi suara baru "Mbak Google" bisa disimak di video berikut.

Nest Camera didukung Gemini

Tidak hanya Assistant, Google juga membenamkan dukungan model Gemini untuk kamera CCTV buatan sendiri, Nest Camera.

Dengan Gemini, footage akan bisa dianalisis untuk memberikan deskripsi lebih rinci tentang berbagai peristiwa yang terjadi di depan kamera.

Selain itu, dukungan Gemini juga memungkinkan pengguna mencari momen tertentu, misalnya "Apakah anak-anak meninggalkan sepeda di jalan ke rumah?". Lalu Nest Camera akan menyortir dan menampilkan hasil rekaman sesuai perintah atau pertanyaan pengguna.

Seperti dukungan Gemini di Assistant, fitur-fitur di atas juga baru tersedia untuk pelanggan Nest Aware pada akhir tahun ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat