cpu-data.info

Evolusi Penggunaan Jaringan 5G di Ajang Olimpiade

Olimpiade Paris 2024.
Lihat Foto

- Ajang Olimpiade menjadi penyelenggaraan kompetisi olahraga paling terkenal di dunia, yang disiarkan ke miliaran orang di seluruh dunia.

Di balik layar, terdapat infrastruktur konektivitas internet yang rumit, yang menyiarkan setiap lika-liku pertandingan kepada mereka yang menonton dari rumah.

Koneksi jaringan 5G juga digunakan untuk menawarkan perspektif yang unik bagi penonton di rumah.

Seperti HP Samsung yang digunakan di cabang olahraga berlayar, yang dipasang di layar dan digunakan sebagai perangkat live stream, menampilkan sudut pandang unik yang belum pernah ada selama ini.

Baca juga: Cabang Berlayar di Olimpiade Paris 2024 Disiarkan Pakai HP Samsung

"Konektivitas internet yang lancar bukan lagi sebuah kemewahan di acara berskala besar, ini sudah menjadi ekspektasi," ujar Markus Nispel, kepala petugas teknologi di Extreme Networks untuk Eropa, Timur Tengah, dan Afrika, kepada Business Insider.

Tahun ini, Olimpiade menggunakan 5G untuk mengupayakan konektivitas yang lebih mulus bagi para peserta dan penonton di rumah.

Namun, butuh beberapa kali penyelenggaraan Olimpiade dalam enam tahun terakhir, sebelum akhirnya teknologi ini dapat mencapai tingkat yang lebih tinggi.

Samsung Galaxy S24 Ultra dipasang di tiang-tiang kapal untuk merekam kegiatan kompetisi berlayar di Olimpiade Paris 2024.Samsung Newsroom Samsung Galaxy S24 Ultra dipasang di tiang-tiang kapal untuk merekam kegiatan kompetisi berlayar di Olimpiade Paris 2024.

Berikut ini adalah perkembangan kemampuan 5G di Olimpiade sejak tahun 2018, dimulai dengan uji coba kecil di Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyeongchang, Korea Selatan, dan berkembang menjadi pengalaman konektivitas di seluruh arena pertandingan.

Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018

Untuk Olimpiade Musim Dingin 2018 di Korea Selatan, penyedia jaringan Korea Telecom melakukan uji coba jaringan 5G, untuk memamerkan bagaimana teknologi ini dapat digunakan.

Uji coba ini mencakup Sync View, sebuah kamera kecil yang memberikan sudut pandang atlet secara real-time, dan Hologram Live, yang menyiarkan konferensi pers secara langsung dan dalam bentuk hologram.

Baca juga: Upaya Sabotase Olimpiade Paris 2024, Kabel Internet Diputus

Ada juga sistem realitas virtual 360 derajat yang memungkinkan pengunjung mengenakan headset dan memberikan pengalaman seolah berada di lapangan.

Fitur uji coba lainnya, Time Slice, memungkinkan pemirsa di rumah untuk menonton acara dari berbagai sudut. Demonstrasi ini menyoroti potensi 5G untuk aplikasi berkecepatan tinggi dan latensi rendah dalam penyiaran dan pengalaman imersif.

Uji coba di Pyeongchang masih sebatas pengenalan, di mana 5G masih merupakan teknologi yang baru lahir. Adopsi 5G bagi pengguna secara luas baru dimulai setahun setelah Olimpiade 2018, tetapi penyelenggara melihat peluang dan memilih untuk menguji-cobakannya.

Olimpiade Musim Panas Tokyo 2020

Olimpiade Tokyo yang tertunda, yang berlangsung pada tahun 2021 karena virus Corona, mencakup banyak inovasi 5G.

Para peserta turnamen golf dapat menyewa perangkat untuk menonton rekaman langsung pemain yang berada di hole yang berbeda dari tempat mereka berada, yang memberikan tingkat akses baru.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat