cpu-data.info

Oppo Reno 12 Series Bisa Dipakai Teleponan Tanpa Pulsa dan Koneksi Internet

Ilustrasi fitur BeaconLink di Oppo Reno 12 Series.
Lihat Foto

- Oppo Reno 12 Series akan dirilis di Indonesia akhir Juli mendatang. Ponsel ini bakal menghadirkan sederet fitur andalan baru, salah satunya adalah BeaconLink. Fitur ini akan meningkatkan pengalaman komunikasi pengguna.

Dengan fitur ini, pengguna bisa melakukan panggilan telepon tanpa pulsa, paket data alias internet, dan jaringan seluler. Komunikasi menggunakan fitur BeaconLink dimungkinkan dengan konektivitas Bluetooth.

Jika dibayangkan, fitur ini mirip seperti fungsi perangkat komunikasi handy talkie (HT) atau walkie talkie yang biasa dipakai untuk berkomunikasi suara dalam jarak tertentu.

Baca juga: Oppo Reno 12 Series Rilis di Indonesia 31 Juli, Andalkan Banyak Fitur AI

Menurut Oppo, fitur BeaconLink ini memungkinkan antar-pengguna berkomunikasi di luar jarak Bluetooth standar. Hal ini dimungkinkan berkat peningkatan transmisi data pada fitur konektivitas Bluetooth di Oppo Reno 12 Series.

Di ponsel yang terdiri dari Oppo Reno 12 dan Reno 12 Pro tersebut, efisiensi transfer data (Basic Rate/Enhanced Data Rate alias BR/EDR) diklaim telah ditingkatkan hingga 300 persen. 

Hasilnya, jarak koneksi antar perangkat bisa mencapai 200 meter, lebih jauh dibanding jarak standar perangkat Bluetooth yang mentok di kisaran 10 meter.

Oppo menyebut fitur BeaconLink ini akan berguna ketika pengguna berada di sebuah tempat ramai, seperti konser hingga festival, atau tempat terpencil, dan ingin berkomunikasi dengan kerabatnya.

Biasanya, tempat seperti ini memiliki kendala susah sinyal, sehingga fitur BeaconLink bisa membantu untuk mempermudah komunikasi. Lantas, bagaimana cara menggunakan fitur telepon tanpa pulsa, internet, dan jaringan seluler ini?

 Baca juga: 7 Fitur AI di Oppo Reno 12 Series, dari Penghapus Objek Foto hingga Bikin Rangkuman Audio

Cara menggunakan BeaconLink di Oppo Reno 12 Series

Cara pakai fitur BeaconLink di Oppo Reno 12 Series./BILL CLINTEN Cara pakai fitur BeaconLink di Oppo Reno 12 Series.

Cara menggunakan fitur BeaconLink di Oppo Reno 12 Series cukup mudah. Pertama-tama, pengguna perlu mengaktifkan fitur BeaconLink terlebih dahulu di ponsel mereka dan ponsel yang hendak ditelepon. 

Adapun cara mengaktifkan fitur BeaconLink bisa disimak dalam langkah-langkah berikut ini:

  • Pergi ke menu "Settings".
  • Pilih menu "Mobile network".
  • Pilih menu "BeaconLink". 
  • Aktifkan toggle "BeaconLink" dari "Off" menjadi "On".

Setelah diaktifkan, pengguna bisa mengeklik perangkat BeaconLink yang aktif yang tertera dalam daftar "Nearby devices" di laman "BeaconLink".

Di laman yang sama, pengguna bisa mengatur siapa saja yang bisa menelepon mereka via fitur BeaconLink dengan mengunjungi menu "Can be called by", serta mengganti nama perangkat di menu "Display name". 

Perlu dicatat, jarak maksimal fitur BeaconLink adalah 200 meter. Namun, jarak ini adalah jarak yang tidak dihalang oleh gangguan obyek atau benda fisik apapun.

Baca juga: Oppo Reno 12 Series Dijaga All-Round Armor dan Baja Aerospace

Ketika ada gangguan atau obyek yang menghalang antar pengguna BeaconLink, maka jarak akan disesuaikan dan pastinya akan lebih pendek dari 200 meter. 

Sebab, sudah menjadi rahasia umum obyek fisik bisa mengganggu dan menghadang proses transmisi data dalam suatu jaringan atau konektivitas nirkabel (wireless) seperti Bluetooth.

Untuk sementara ini, Oppo mengatakan fitur telepon menggunakan BeaconLink baru bisa digunakan sesama Oppo Reno 12 5G series saja.

"Saat ini BeaconLink hanya bisa sesama Oppo Reno 12 Series 5G saja. Tapi tak menutup kemungkinan HP Oppo lain di masa depan punya fitur ini," kata Head of Public Relations Oppo Indonesia Arga Bima dalam sebuah acara temu media di Jakarta.

Ingin mencoba? Agaknya, Anda harus bersabar lantaran Oppo Reno 12 series baru akan dirilis di Indonesia pada 31 Juli mendatang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat