cpu-data.info

Oppo Reno 12 Series Rilis di Indonesia 31 Juli, Andalkan Banyak Fitur AI

Head of Public Relations Oppo Indonesia, Arga Bima Jaksana Putra dalam acara Oppo Reno 12 Series Media Experience dan Hands-on yang digelar di bilangan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (17/7/2024).
Lihat Foto

JAKARTA, - Suksesor Oppo Reno 11 Series, yaitu Reno 12 Series dipastikan akan meluncur di Indonesia pada 31 Juli 2024 mendatang.

Hal ini disampaikan Head of Public Relations Oppo Indonesia, Arga Bima Jaksana Putra dalam acara Oppo Reno 12 Series Media Experience dan Hands-on yang digelar di bilangan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (17/7/2024).

Pada tanggal tersebut, Arga mengatakan bahwa ada dua model Oppo Reno 12 Series yang diluncurkan di Tanah Air, yaitu Oppo Reno 12 dan Reno 12 Pro.

Kedua model itu sama-sama akan menonjolkan aneka fitur kecerdasan buatan (AI) generatif (Generative AI) untuk mempercantik foto dan meningkatkan produktivitas pengguna.

Baca juga: Oppo Buka Pendaftaran Minat Reno 12F 4G di Indonesia

Generative AI sejatinya merupakan AI yang bisa memproduksi konten baru dan berbeda, baik itu musik, teks, gambar, dan lain sebagainya dari konten asli atau konten yang sudah ada sebelumnya.

"Dengan Oppo Reno 12 Series, kami ingin memberikan teknologi Generative AI yang dapat menjangkau seluruh konsumen di Indonesia," ujar Arga kepada awak media.

Salah satu fitur AI generatif yang hadir di Oppo Reno 12 Series adala AI Eraser 2.0. AI ini sejatinya bisa menghapus beragam obyek mengganggu, seperti bangunan atau manusia, yang ada di latar belakang foto.

"Di Oppo Reno 12 Series, AI Eraser 2.0 memiliki peningkatan dibanding AI Eraser sebelumnya, lantaran kini bisa mendeteksi dan bekerja secara otomatis menghapus obyek mengganggu tersebut," imbuh Arga.

Selain AI Eraser 2.0, Oppo Reno 12 Series juga hadir dengan beberapa fitur AI lainnya, seperti AI Clear Face untuk menyempurnakan detail wajah, AI Best Face untuk mendeteksi dan memperbaiki ekspresi wajah yang kurang baik, hingga AI Studio untuk membuat avatar AI dari foto pengguna.

Ada pula AI Toolbox yang bisa membantu pengguna memperlancar kegiatan yang sedang dilakukan di ponsel dengan AI, AI Recording Summary untuk merangkum teks, hingga AI Smart Image Matting 2.0 untuk menghapus beberapa elemen obyek yang ada di dalam foto.

Baca juga: Lolos TKDN, Oppo Reno 12 Segera Rilis di Indonesia

Di samping AI, Arga juga mengeklaim Oppo Reno 12 Series memiliki fitur ketahanan yang mumpuni. Sebab, ponsel ini sudah teruji untuk tahan terhadap bantingan, benturan, efek jatuh, serta air.

"Oppo Reno 12 Series sudah memiliki sertifikasi ketahanan jatuh standar SGS dan memiliki rating IP65," pungkas Arga.

Smartphone Oppo Reno 12 (kiri) dan Oppo Reno 12 Pro (kanan) beserta kotak kemasannya yang dipajang di acara Oppo Reno 12 Series Media Experience dan Hands-on yang digelar di bilangan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (17/7/2024)./Bill Clinten Smartphone Oppo Reno 12 (kiri) dan Oppo Reno 12 Pro (kanan) beserta kotak kemasannya yang dipajang di acara Oppo Reno 12 Series Media Experience dan Hands-on yang digelar di bilangan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (17/7/2024).

Selain fitur AI dan ketahanan, Arga tak mengumbar spesifikasi mendetail terkait Oppo Reno 12 dan Reno 12 Pro, begitu juga bocoran harganya. Hal ini kemungkinan akan diinformasikan secara penuh pada 31 Juli 2024 mendatang. Kita nantikan saja.

Oppo Reno 12 dan 12 Pro sudah dirilis secara global 18 Juni lalu. Spesifikasinya agak berbeda dengan Oppo Reno 12 series versi China.

Salah satu perbedaan terletak di aspek chipset, di mana Oppo Reno 12 dan Reno 12 Pro versi global ditenagai dengan chipset Mediatek Dimensity 7300 Energy.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat