cpu-data.info

Kenapa Chat WhatsApp Hilang Sendiri? Ini Dia Penyebabnya

Cara mengubah ukuran huruf di WA.
Lihat Foto

- Sebagian pengguna WhatsApp bisa jadi ingin mencari riwayat beberapa chat yang diterima karena berbagai kebutuhan. Misalnya saja terdapat obrolan chat yang penting yang perlu diunggah dan disimpan secara personal.

Namun tak jarang pengguna kesulitan menemukan pesan tersebut. Salah satunya chat WhatsApp hilang dengan sendirinya. Lantas mengapa hal ini terjadi? Chat WhatsApp yang hilang biasanya dipengaruhi oleh berbagai faktor.

Mulai dari karena pembaruan aplikasi, masalah sinkronisasi, hingga fitur disappearing chat di WhatsApp yang aktif. Maka dari itu KompasTekno merangkum beberapa penjelasan mengenai faktor chat WhatsApp yang hilang sendiri.

Baca juga: WhatsApp Siapkan Fitur Bikin Foto Profil Unik Pakai AI

Fitur disappearing chat di WA yang aktif

Salah satu penyebab chat WhatsApp yang hilang sendiri bisa jadi dikarenakan pengguna mengaktifkan fitur disappearing chat di WA dalam jangka waktu tertentu. Fitur disappearing chat di WhatsApp sendiri merupakan salah satu fitur keamanan yang memungkinkan pengguna untuk mengatur pesan agar secara otomatis terhapus setelah jangka waktu tertentu.

Fitur ini dirancang untuk meningkatkan privasi dan menjaga kerahasiaan percakapan dengan cara memastikan pesan tidak tersimpan secara permanen di perangkat penerima.

Umumnya ketika pengguna mengaktifkan fitur ini, maka WhatsApp akan akan memberikan notifikasi kepada kedua belah pihak, sehingga semua peserta chat mengetahui bahwa pesan mereka akan dihapus otomatis.

Bisa jadi pengguna tidak sadar bahwa telah mengaktifkan fitur disappearing chat di WA sehingga menyebabkan chat hilang.

Masalah sinkronisasi

Penyebab lain bisa jadi dikarenakan masalah sinkronisasi. WhatsApp menggunakan penyimpanan cloud seperti Google Drive untuk pengguna Android dan iCloud untuk pengguna iOS untuk mencadangkan pesan.

Cadangan ini sangat penting untuk memastikan bahwa pesan dan media tetap aman dan dapat dipulihkan jika terjadi sesuatu pada perangkat pengguna, seperti kerusakan atau penggantian perangkat.

Namun, ada beberapa situasi di mana masalah sinkronisasi dapat menyebabkan hilangnya pesan. Salah satunya karena koneksi internet tidak stabil saat masalah sinkronisasi.

Jika koneksi terputus di tengah proses pencadangan atau pemulihan, cadangan mungkin tidak lengkap atau korup, yang bisa mengakibatkan hilangnya pesan.

Pemindahan akun

Ketika pengguna memindahkan akun WhatsApp dari satu perangkat ke perangkat lain tanpa melakukan backup yang benar, maka chat bisa hilang. Proses pemindahan akun WhatsApp antara perangkat melibatkan beberapa langkah penting yang harus dilakukan dengan benar untuk memastikan semua data, termasuk pesan chat, dipindahkan dengan aman.

Menghapus manual

Tanpa disadari, hal ini bisa jadi dikarenakan kesalahan pengguna. Salah satunya pengguna bisa jadi telah menghapus chat atau arsip chat secara manual. Penghapusan manual ini bisa terjadi karena berbagai alasan, mulai dari kesalahan pengguna hingga tindakan yang disengaja.

Itulah beberapa penyebab mengapa chat WhatsApp hilang sendiri. Selamat mencoba.

Baca juga: Cara Keluar, Hapus, dan Menonaktifkan Komunitas WhatsApp

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat