cpu-data.info

Riset OpenSignal: Internet Telkomsel Tercepat, Jangkauan Terluas

Ilustrasi logo Telkomsel.
Lihat Foto

- Lembaga riset pengalaman dan jaringan seluler global, OpenSignal, menerbitkan laporan "Pengalaman Jaringan Seluler" untuk periode Juni 2024.

Berdasarkan laporan itu, Telkomsel dinobatkan sebagai operator seluler dengan kecepatan unduh (download) maupun unggah (upload) tercepat dibanding operator seleler lainnya di Indonesia.

Secara umum, OpenSignal memberikan penilaian terhadap 9 kategori. Mulai dari pengalaman video, kecepatan unduhan, jangkauan, konisistensi kualitas hingga kendalan yang ditawarkan masing-masing operator seluler Tanah Air.

Baca juga: Aplikasi Dunia Games Telkomsel Kini Ada Live Streaming, Bisa Dapat Cuan

Dari 9 ketegori itu, Telkomsel unggul dalam tiga kategori, meliputi pengalaman kecepatan unduhan, kecepatan unggahan dan jangkauan.

Untuk pengalaman unduhan, Telkomsel unggul dengan skor 25,5 Mbps. Skor ini mencakup pengalaman unduh pengguna sehari-hari di lintas jaringan termasuk 4G hingga 5G.

Grafik pengalaman kecepatan unduhan laporan OpenSignal Juni 2024OpenSignal Grafik pengalaman kecepatan unduhan laporan OpenSignal Juni 2024

Bila dibandingkan dengan operator lain seperti XL Axiata misalnya yang meraih skor 23,1 Mbps, skor Telkomsel unggul 10 persen. Namun bila dibandingkan dengan laporan Desember 2023, skor kecepatan unduhan Telkomsel terhitung sedikit menurun. Pada akhir tahun lalu, Telkomsel meraih skor 26,1 Mbps.

Tidak hanya soal unduhan, Telkomsel juga unggul dalam hal kecepatan upload. Riset OpenSignal menunjukkan skor kecepatan unggah Telkomsel mencapai 10 Mbps.

Secara umum, skor kecepatan unggah operator seluler pada Juni 2024 ini tergolong menurun. Namun Telkomsel berhasil mempertahankan posisinya sebagai juara dalam kecepatan unggah.

Kendati demikian, kecepatan unggah Telkomsel turun, dibanding periode Desember 2023 sebesar 11,1 Mbps.

Baca juga: Telkomsel Siap Jadi Operator Seluler Pertama yang Adopsi WiFi 7

Sementara kecepatan unggah XL mengalami penurunan tertinggi dari semula 9,5 Mbps pada Desember 2023, menjadi 8,2 Mbps pada Juni 2024.

Beralih ke kategori pengalaman jangkauan, di mana OpenSignal mengukur jangkauan jaringan seluler di tempat tinggal, kerja, dan perjalanan orang-orang.

Metrik ini mewakili pengalaman yang diterima pengguna saat mereka melakukan perjalanan di sekitar area yang mungkin mereka harapkan akan mendapatkan jangkauan.

Telkomsel unggul pada kategori ini dengan skor 8,59 poin. Skornya melampaui operator lainnya yang hanya meraih skor di bawah 5 poin. Ini sekaligus menandai ketiga kalinya Telkomsel meraih penghargaan kategori ini tiga kali berturut-turut.

Ini artinya, Telkomsel memiliki jangkauan paling luas dibanding operator lain.

Sementara operator lainnya seperti Tri dan IM3 yang keduanya berada di bawah naungan Indosat, mendapat skor masing-masing 4,91 poin. Disusul XL dengan skor 4,61 poin dan Smartfren 2,22 poin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat