cpu-data.info

Penyebab dan Cara Mengatasi Tidak Bisa Upload Video YouTube Lebih dari 15 Menit

YouTube
Lihat Foto

- YouTube memungkinkan pengguna menikmati berbagai video dari kreator konten. Selain itu pengguna dapat membuat channel YouTube yang bisa dimanfaatkan untuk mengunggah berbagai video karya mereka.

Pengguna yang akan mengunggah video di YouTube umumnya harus menuju ke dasbor unggahan, yaitu ke YouTube Studio. YouTube Studio sendiri merupakan platform khusus yang disediakan YouTube untuk para kreator konten. Bisa dikatakan dasbor ini mengelola channel YouTube.

Namun bagi kreator pemula, saat mengunggah video tak jarang mengalami hambatan atau masalah yang terjadi. Salah satunya pengguna tidak bisa mengunggah video lebih dari durasi 15 menit.

Masalah ini biasanya terjadi saat pengguna pemula yang baru saja akan mengunggah video pertama kali. Lantas mengapa hal ini terjadi? Selengkapnya berikut ini KompasTekno merangkum penyebab dan cara mengatasinya.

Baca juga: 19 Tahun Lalu Video Pertama di YouTube Diunggah

Akun YouTube belum terverifikasi

Penyebab utama pengguna tidak bisa meng-upload video YouTube dengan durasi lebih dari 15 menit adalah akun pengguna masih belum terverifikasi. Dilansir dari laman Support Google, secara default, pengguna sendiri hanya dapat mengupload video berdurasi 15 menit.

Apabila pengguna ingin mengunggah video lebih dari 15 menit, maka pengguna harus melakukan verifikasi YouTube Channel mereka terlebih dahulu. Berikut ini cara verifikasinya.

Cara verifikasi YouTube Channel agar bisa mengunggah video lebih dari 15 menit

Ilustrasi verifikasi YouTube Channel/soffyaranti Ilustrasi verifikasi YouTube Channel

  • Kunjungi https://www.youtube.com/upload untuk mengakses halaman upload YouTube Anda.
  • Klik pada bagian “Ingin mengupload video berdurasi lebih dari 15 menit” di bagian bawah halaman, dan klik “Tingkatkan batas Anda” atau “Increase your limit” atau Anda bisa klik “Learn More” dan pilih “https://www.youtube.com/verify.”
  • Selanjutnya Anda secara otomatis akan diarahkan ke halaman verifikasi Akun
  • Anda.
  • Di sini Anda dapat mengikuti langkah-langkah tersebut untuk memverifikasi akun Anda dengan ponsel.
  • Tunggu pesan teks dari YouTube. Setelah diterima, masukkan kode verifikasi dari pesan teks dan klik Kirim.
  • Setelah Anda menyelesaikan verifikasi, kini Anda bisa mengunggah video lebih dari 15 menit dan maksimal 12 jam

Video melanggar hak cipta atau pedoman komunitas

Apabila setelah verifikasi Anda masih belum bisa mengunggah video dengan durasi lebih dari 15 menit, maka bisa jadi video melanggar pedoman komunitas. Selain itu terdapat beberapa faktor lain yang membuat video tidak bisa terunggah. Beberapa faktor tersebut antara lain:

  • Anda bisa jadi memiliki klaim hak cipta pada salah satu video yang diunggah, seperti video unduhan atau video musik dengan lisensi hak cipta khusus
  • Video melanggar pedoman kominitas YouTube
  • Video terlalu panjang melibih durasi atau ukuran video maksimum yaitu lebih dari 12 jam (256 GB)

Adapun kreator konten harus mentaati beberapa pedoman komunitas yang bisa disimak di situs resmi YouTube pada tautan berikut ini. Selamat mencoba.

Baca juga: Bos YouTube Peringatkan OpenAI soal Penggunaan Video untuk Latih Model AI

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat