cpu-data.info

Jepang Pamer Perangkat 6G Pertama di Dunia, 20 Kali Lebih Ngebut dari 5G

Ilustrasi perangkat 6G.
Lihat Foto

- Konsorsium jaringan telekomunikasi asal Jepang, yang terdiri dari Docomo, NTT Corporation, NEC Corporation, dan Fujitsu membuat perangkat purwarupa yang mendukung jaringan 6G. Ini menjadi perangkat 6G pertama di dunia. 

Dalam sebuah uji coba yang digelar pada 11 April lalu, mereka memamerkan berkat teknologi 6G, perangkat tersebut mampu mentransmisikan data hingga 100 gigabit per detik (Gbps) dalam jarak 300 kaki (sekitar 100 meter).

Angka ini diklaim 20 kali lebih kencang dari kecepatan internet 5G yang menurut konsorsium asal Jepang tadi berkisar di angka maksimal 4,9 Gbps.

Dalam pengujian, konsorsium jaringan telekomunikasi asal Jepang ini menggunakan dua tipe spektrum, yaiut 100 GHz untuk pengujian di luar ruangan (outdoor) dan 300 GHz untuk pengujian di dalam ruangan (indoor).

Pengujian outdoor dilakukan dengan memisahkan perangkat 6G dan transmitter 6G dalam jarak sekitar 100 meter. Di sisi lain, pengujian indoor mengandalkan alat bantuan berupa pemantul (reflector), supaya sinyal bisa diterima dengan baik.

Baca juga: China Uji Coba Internet Ultra-Fast dengan Kecepatan 300 Gbps, Disiapkan untuk 6G?

Hasilnya, perangkat 6G yang diuji coba di kedua kondisi tadi bisa menghasilkan kecepatan internet hingga 100 Gbps.

Ilustrasi pengujian perangkat 6G yang dilakukan konsorsium jaringan telekomunikasi di Jepang.Gizmochina Ilustrasi pengujian perangkat 6G yang dilakukan konsorsium jaringan telekomunikasi di Jepang.

Perlu dicatat, pengujian ini bisa dibilang belum bisa merefleksikan penggunaan 6G sepenuhnya ketika dikomersilkan nanti.

Sebab, akan ada banyak faktor yang akan mempengaruhi kecepatan jaringan tersebut, seperti kepadatan di suatu area, hambatan macam tembok dan hujan, dan lain sebagainya.

Dalam pengujian di atas, jarak pengujian 100 meter tadi tampaknya tidak dihalangi oleh berbagai hambatan. Selain itu, hanya satu perangkat saja yang terhubung dalam jaringan 6G yang dipakai untuk uji coba.

Dengan kata lain, kecepatan yang akan didapatkan pengguna ketika 6G komersil nanti boleh jadi tak akan mencapai 100 Gbps, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmochina, Selasa (7/5/2024). 

Baca juga: China Luncurkan Satelit untuk Uji Coba Jaringan 6G

Beralih ke 5G, secara teori, kecepatan teknologi ini bisa menyentuh angka 10-20 Gbps. Namun dalam penggunaan rata-rata harian, terutama di Amerika Serikat (AS) untuk pengguna T-Mobile, kecepatan rata-rata 5G adalah sekitar 200 Mbps.

Artinya, kecepatan 5G yang dinikmati konsumen sangat jauh dari kecepatan teoritis yang dimiliki teknologi 5G, dan tidak menutup kemungkinan teknologi 6G juga akan bernasib sama. 

Informasi selengkapnya mengenai pengujian yang dilakukan bersama-sama oleh Docomo, NTT Corporation, NEC Corporation, dan Fujitsu ini bisa dibaca di tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat