cpu-data.info

Bos Nintendo Ungkap Jadwal Pengumuman Nintendo Switch 2

Ilustrasi Nintendo Switch
Lihat Foto

- Perusahaan game asal Jepang, Nintendo resmi mengonfirmasi kehadiran suksesor dari konsol genggam (handheld) Nintendo Switch, Selasa (7/5/2024).

Konsol yang konon dinamai Nintendo Switch 2 ini dipastikan akan diumumkan pada tahun fiskal ini. Artinya, Nintendo Switch 2 bakal diumumkan sebelum 31 Maret 2025.

Adapun informasi ini dikonfirmasi oleh Presiden Nintendo Shintaro Furukawa, dalam sebuah posting di media sosial X (dahulu Twitter). Furukawa mengumbar jadwal pengumuman Nintendo Switch 2 lewat akun X resmi Nintendo di Jepang.

"Saya Furukawa, presiden Nintendo. Kami (Nintendo) akan membuat pengumuman terkait suksesor Nintendo Switch pada tahun fiskal ini. Ini menandai lebih dari sembilan tahun sejak kami mengumumkan kehadiran Nintendo Switch pada Maret 2015," tulisnya.

Baca juga: Daftar Game Nintendo Switch Terlaris 2023, Mario Kart 8 Deluxe Masih Teratas

Sebagai konteks, Nintendo Switch pertama dirilis pada 2017, yakni dua tahun setelah diumumkan. Kemudian, Nintendo merilis Switch Lite (mengunggulkan aspek handheld) pada 2019 dan Switch OLED (mengunggulkan layar OLED) pada Oktober 2021.

Melihat hal ini, besar kemungkinan Maret 2025 hanya menjadi tanggal pengumuman, sedangkan penerus Nintendo Switch itu sendiri bakal dirilis dalam beberapa waktu setelah diumumkan.

Selain mengumumkan tanggal pengumuman Nintendo Switch 2, Shintaro Furukawa juga memastikan akan menggelar acara Nintendo Direct pada Juni 2024.

Dalam acara yang umumnya digelar dengan format live stream ini, Nintendo bakal memberikan pembaruan (update) terkait lini game yang bakal diluncurkan pada paruh kedua 2024. Nintendo Direct Juni 2024 tidak akan mencakup berita terkait Nintendo Switch 2.

"Perlu diketahui bahwa penerus Nintendo Switch tidak akan disinggung dalam presentasi itu (Nintendo Direct)," tutup Furukawa sebagaimana dikutip KompasTekno dari akun X Nintendo Jepang, Jumat (10/5/2024).

Baca juga: Tanda-tanda Nintendo Switch 2 Meluncur September Ini

Nintendo sendiri terakhir kali menggelar presentasi Nintendo Direct pada Februari 2024. Kala itu, raksasa game asal Jepang itu memamerkan permainan Shin Megami Tensei V: Vengeance, Unicorn Overlord, Disney Epic Mickey: Rebrushed, dan masih banyak lagi.

Bocoran spesifikasi Nintendo Switch 2

Sebelumnya, sudah ada banyak bocoran terkait kehadiran konsol baru Nintendo Switch. Salah satunya rumor terkait konsol bernama Nintendo Switch Pro yang sudah tersebar sejak tahun 2019.

Menilik bocoran tersebut, Nintendo Switch Pro disebut memiliki layar OLED 7 inci dengan resolusi 720p. Ketika menggunakan mode dock (dihubungkan ke televisi atau monitor), konsol tersebut bisa menampilkan video gameplay beresolusi 4K.

Konsol baru tersebut juga rumornya akan menggunakan chipset Nvidia baru yang membawa peningkatan CPU dan memori. Sebagai perbandingan, Nintendo Switch mengandalkan chip Nvidia Tegra X1.

Baca juga: Game Naruto x Boruto Ultimate Ninja Storm Connections Rilis di PC, PlayStation, Xbox, dan Nintendo Switch

Ada pula Nvidia Deep Learning Super Sampling (DLSS), yakni teknologi upscaling berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), yang menampilkan resolusi 4K tanpa membebani konsol tersebut.

Menurut bocoran lain, ada juga yang mengeklaim bahwa suksesor Nintendo Switch mengusung panel LCD ketimbang OLED. Hal ini digunakan untuk menghemat biaya.

Seperti Nintendo Switch, konsol anyar ini rumornya akan memiliki slot cartridge untuk game fisik. Artinya, konsol ini tidak dibatasi untuk memainkan game digital saja, layaknya PS5 Digital Edition dan Xbox Series S.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat