cpu-data.info

Apple Pencil Pro Meluncur, Bawa Fitur Meremas dan "Haptic Feedback"

Apple Pencil Pro meluncur di acara Apple Event Let Loose, Kamis (7/5/2024).
Lihat Foto

- Apple meluncurkan pena digital (stylus) terbarunya, Apple Pencil Pro. Peranti ini dirilis bersamaan dengan tablet iPad Pro 2024 dan iPad Air 2024 dalam gelaran Apple Event Let Loose pada Selasa (7/5/2024).

Apple Pencil Pro merupakan penerus dari Apple Pencil generasi kedua. Stylus ini juga pertama kalinya menggunakan embel-embel "Pro".

Sebagai penerus, Apple Pencil Pro membawa sejumlah perbedaan dibanding model lawasnya itu. Salah satunya, Apple Pencil Pro menghadirkan sensor baru yang disematkan di bagian bodi (barrel).

Sensor ini bisa mendeteksi gestur meremas (squeeze) yang dilakukan pengguna. Saat diremas, sebuah palet berisi pintasan (shortcut) alat (tool) menggambar bakal muncul di layar, misalnya tombol penghapus (eraser), mengganti warna, dan mengubah ketebalan garis.

Baca juga: Apple Pencil dengan USB-C Dirilis, Harga Paling Murah

Fitur meremas alias squeeze di Apple Pencil Pro bisa memunculkan palet berisi shortcut alat menggambar. Pengguna tak perlu mengetuk layar tablet untuk memunculkan palet ini.Apple Fitur meremas alias squeeze di Apple Pencil Pro bisa memunculkan palet berisi shortcut alat menggambar. Pengguna tak perlu mengetuk layar tablet untuk memunculkan palet ini.
Pengguna tidak perlu mengetuk layar tablet untuk memunculkan palet tersebut, dan pengguna bisa mengatur shortcut apa yang muncul ketika stylus diremas.

Ketika menggunakan aplikasi menggambar pihak ketiga Procreate, misalnya, tombol squeeze bisa menunjukkan pilihan shortcut yang sudah ditentukan pengguna, seperti tombol mengubah orientasi gambar menjadi horizontal (flip horizontally).

Apple Pencil Pro turut dibekali fitur haptic feedback, yang bisa menghasilkan getaran (vibration) pada pena digital. Dengan teknologi ini, penggunaan Apple Pencil Pro akan terasa lebih taktil.

"Ketika memindahkan sebuah obyek dalam gambar, haptic feedback akan memberikan umpan balik getaran saat obyek tersebut telah diposisikan secara sejajar," kata James Cuda selaku CEO Procreate di Apple Event Let Loose.

Baca juga: iPad Pro 2024 Meluncur, Tablet Apple Paling Tipis dan Pakai Chip M4

Stylus generasi terbaru Apple membawa fitur giroskop untuk kontrol peralatan gambar yang lebih presisi. Dengan fitur ini, pengguna bisa mengubah orientasi alat gambar seperti kuas (brush) dari horizontal ke vertikal dan sebaliknya.

Giroskop di Apple Pencil Pro memungkinkan pengguna mengubah orientasi kuas (brush) dari horizontal ke vertikal dan sebaliknya.Apple Giroskop di Apple Pencil Pro memungkinkan pengguna mengubah orientasi kuas (brush) dari horizontal ke vertikal dan sebaliknya.
Fitur menggambar lainnya mencakup latensi rendah yang meminimalisasi jeda (delay) saat menggambar, Smart Shape, Apple Pencil Hover, dan gestur ketuk dua kali (double tap) untuk mengganti tools secara lebih cepat.

Apple Pencil Pro untuk pertama kalinya membawa fitur Find My. Fitur ini membantu pengguna melacak lokasi Apple Pencil Pro jika pena digital tersebut hilang.

Apple Pencil Pro kompatibel dengan iPad model terbaru, yakni iPad Pro 2024 dan iPad Air 2024.

Stylus ini bisa dihubungkan (pair), diisi dayanya, dan ditaruh di bagian magnetik yang terletak di pinggir bodi iPad Pro 2024.

Harga Apple Pencil Pro

Apple Pencil Pro akan dipasarkan 15 Mei 2024 mendatang di situs resmi Apple. Harga Apple Pencil Pro dibanderol 129 dollar AS atau setara Rp 2 juta.

Berikut ini perbandingan harga Apple Pencil Pro dan Apple Pencil generasi sebelumnya, sebagaimana dikutip KompasTekno dari 9to5Mac, Rabu (8/5/2024):

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat