cpu-data.info

Profil Satya Nadella, CEO Microsoft yang Kunjungi Indonesia Hari Ini

Profil Satya Nadella
Lihat Foto

- Nadella dijadwalkan akan bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (30/4/2024). Hal itu disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi kepada , Senin (29/4/2024).

Selain itu, Nadella juga direncanakan akan hadir dalam sebuah acara untuk membicarakan transfer pengetahuan teknologi, termasuk soal Artificial Intelligence/AI (kecerdasan buatan).

Ini merupakan ketiga kalinya Satya Nadella menyambangi Indonesia. Kunjungan Nadella pertama ke Indonesia adalah 2016 lalu, dalam rangka menghadiri acara Microsoft Developer Festival yang menjadi peringatan 20 tahun Microsoft di Indonesia.

Kemudian, kunjungan keduanya adalah awal tahun 2020, tepat sebelum pandemi Covid-19. Saat itu Nadella menghadiri konferensi pengembang aplikasi (developer) bertajuk "Indonesia Digital Economy Summit 2020" di Jakarta. Acara tersebut sekaligus menjadi peringatan 25 tahun Microsoft di Indonesia.

Lantas, siapa sosok Satya Nadella yang sudah memimpin Microsoft selama satu dekade ini? Berikut profil Satya Nadella serta perjalanan karirnya.

Baca juga: Bos Apple dan Microsoft ke Indonesia Bulan Ini, Ini Agendanya

Profil Satya Nadella

Dilansir dari laman Microsoft, Satya Nadella bergabung dengan Microsoft sejak 1992 dan mulai menjabat CEO Microsoft sejak Februari 2014.

Sebelum menjadi CEO, Nadella sudah memegang beberapa jabatan penting di Microsoft, baik di divisi yang melayani kebutuhan perusahaan besar maupun konsumen biasa.

Sebelum menjadi CEO, ia sempat menjadi wakil presiden eksekutif di bagian Cloud dan Perusahaan di Microsoft. Di posisi itu, ia berhasil mengubah bisnis Microsoft ke arah layanan berbasis cloud, yang berhasil bersaing dan mengambil porsi pasar dari kompetitor.

Sebelumnya, Nadella juga pernah memimpin divisi Riset dan Pengembangan untuk Layanan Online dan menjadi wakil presiden di Divisi Bisnis Microsoft. Sebelum masuk ke Microsoft, dia bekerja di Sun Microsystems.

Lahir di India

Satya Narayana Nadella lahir di Hyderabad, India pada tahun 1967. Ayahnya bekerja sebagai pegawai negeri dan ibunya adalah seorang guru bahasa Sansekerta yang kuno.

Sewaktu kecil, Nadella bercita-cita menjadi pemain kriket profesional dan sering bermain di sekolahnya. Namun, dia menyadari bahwa ia lebih berbakat dan tertarik pada sains dan teknologi daripada olahraga.

Dari segi pendidikannya, ia meraih gelar sarjana teknik elektro dari Institut Teknologi Manipal pada tahun 1988. Selanjutnya ia melanjutkan studinya di Amerika Serikat dan menyelesaikan pendidikannya di ilmu komputer dari Universitas Wisconsin-Milwaukee dan lulus pada tahun 1990.

Selanjutnya ia juga memperoleh gelar MBA dari Universitas Chicago, memperluas keahliannya di bidang bisnis serta teknologi.

Perjalanan karir di Microsoft

Dilansir dari Business Insider, Nadella bergabung di Microsoft pada tahun 1992.
Dalam tahun-tahun awalnya bekerja di Microsoft, Satya Nadella mencuri perhatian rekan dan atasannya karena dedikasinya yang luar biasa.

Setiap akhir pekan, dia melakukan perjalanan dari kampus Microsoft di Redmond, Washington, ke Chicago untuk menyelesaikan studi MBA-nya. Usaha kerasnya berbuah manis saat ia meraih gelar MBA pada tahun 1997.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat