Intel Siapkan Teknologi Pesaing Nvidia DLSS3 dan AMD FSR3
- Nvidia dan AMD memiliki teknologi frame generation di DLSS3 dan FSR3 untuk meningkatkan angka frame rate dalam game dengan cara menyelipkan frame tambahan di antara frame asli hasil rendering GPU.
Intel selaku pemain ketiga di industri GPU pun rupanya tak mau ketinggalan. Pabrikan ini belakangan menjelaskan cara kerja calon teknologi frame generation buatannya sendiri, yakni ExtraSS, yang bakal menjadi ekstensi dari fitur upscaling XeSS.
Seperti juga frame generation di DLSS3 dan FSR3, ExtraSS yang dijabarkan oleh Intel di SIGGRAPH Asia 2023, Sydney, Australia, pekan lalu, menggunakan data dari frame asli hasil rendering GPU untuk membuat frame artifisial.
Baca juga: Intel Luncurkan Core Ultra, Prosesor Laptop dengan Pengolah AI
Bedanya terletak pada data frame yang digunakan. DLSS dan FSR memakai metode interpolasi di mana data dari dua frame -sebelum dan sesudah- dipakai untuk membuat frame artifisial yang diselipkan di antara keduanya.
Untuk ExtraSS, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari WCCFTech, Senin (18/12/2023), metodenya adalah ekstrapolasi yang hanya menggunakan data dari frame asli sebelum frame artifisial saja.
Sebabnya, kemunculan frame baru hasil rendering GPU mesti ditunda sampai frame artifisial hasil frame generation selesai dibuat, sehingga rangkaian frame bisa disajikan secara berurutan.
Nvidia dan AMD pun menerapkan teknologi pengurang latency masing-masing, yakni Nvidia Reflex dan AMD Anti-Lag, untuk mengatasi kendala ini.
Meskipun menjanjikan latency minimal, metode ekstrapolasi di ExtraSS memiliki masalah lain, yakni kekurangan data untuk membuat frame artifisial sehingga bisa memunculkan artefak atau glitch, alias anomali grafis.
Baca juga: Nvidia dan AMD Juga Bikin Chip ARM untuk Windows, Intel Terancam
Sebagai solusinya, Intel memadukan spatial super sampling (upscaling frame dari resolusi lebih rendah) dengan temporal super sampling (frame generation, dalam hal ini ExtraSS dengan metode ekstrapolasi).
Hasilnya diklaim bisa menyaingi kualitas gambar dari upscaling berbasis Temporal Anti-Aliasing (TAAU), ketika diuji dengan Unreal Engine 4.26. Penjelasan selengkapnya dari teknologi ExtraSS dapat dilihat dalam paper Intel di link berikut.
Masih belum jelas kapan Intel akan merilis ExtraSS. Kabar baiknya, teknologi ini kemungkinan bakal bersifat open-source seperti halnya FSR dan bisa dijalankan oleh produk-produk GPU lain yang bukan buatan Intel.
Dalam paper risetnya sendiri, Intel menjalankan pengujian ExtraSS dengan sistem yang memakai dua produk dari kompetitornya, yakni CPU AMD Ryzen 5950X dan GPU Nvidia GeForce RTX 3090.
Terkini Lainnya
- X/Twitter Akan Labeli Akun Parodi
- Deretan Laptop Baru Asus di CES 2025, dari Seri Zenbook hingga ROG Strix
- 5 Penyebab Tidak Bisa Lihat Profil Kontak WA Orang Lain
- Cara Logout Akun Google Photos dari Perangkat Lain
- Reaksi TikTok soal Rumor Bakal Dijual ke Elon Musk
- RedNote, Medsos China Mirip TikTok Jadi Aplikasi No. 1 di AS
- Pasar Ponsel Dunia Akhirnya Membaik, Naik 4 Persen Tahun Lalu
- 10 Jenis Cookies di Internet dan Fungsinya
- Fitur Baru ChatGPT Bisa Ngobrol ala Gen Z
- Sah, AS Perketat Ekspor Chip AI ke Pasar Global
- Cara Edit Foto Background Merah untuk Daftar SIPSS 2025, Mudah dan Praktis
- AI Grok Jadi Aplikasi Terpisah, Sudah Ada di iPhone
- Gaji CEO Apple Tim Cook Naik pada 2024, Sekian Jumlahnya
- 5 Besar Merek PC Global Akhir 2024 Riset Canalys, Lenovo Teratas
- 5 Merek HP Terlaris di Dunia 2024 Versi Counterpoint
- Cara Pin Chat WhatsApp agar Selalu di Atas dengan Mudah
- Perjuangan Onic Esports di Grand Final M5, Kejar Poin dan Hampir "Comeback"
- ByteDance Pakai Teknologi OpenAI untuk Bikin Chatbot Sendiri
- Laptop Layar Putar Lenovo ThinkBook Plus Twist Bisa Dibeli di Indonesia, Ini Harganya
- Honor X8b Meluncur dengan Kamera 108 MP dan Poni ala Dynamic Island