cpu-data.info

iOS 17 Punya Aplikasi Journal, Mirip Buku Diary Versi Digital

Ilustrasi aplikasi Journal yang dirilis Apple di iOS 17
Lihat Foto

- Apple resmi meluncurkan sistem operasi (OS) iOS 17 dalam gelaran konferensi pengembang tahunan Worldwide Developers Conference (WWDC) 2023 yang digelar secara online 5 Juni lalu.

iOS 17 hadir dengan sederet fitur baru. Salah satu yang menarik yaitu aplikasi "Journal" yang digadang-gadang menjadi cara baru bagi pengguna dalam mencatat atau mengabadikan momen dalam hidupnya dalam sebuah catatan. Sederhananya, aplikasi ini macam diary atau buku harian dalam bentuk digital.

Secara teknis, aplikasi ini menggunakan teknologi machine learning (ML) di perangkat seperti iPhone untuk menghimpun data aktivitas pengguna sepanjang hari. Dengan data tersebut, aplikasi Journal bisa memberikan saran dan ide yang bisa ditulis pengguna.

Baca juga: Pengguna iOS 17 Bisa Bikin Stiker Animasi Sendiri Pakai Foto

Saran yang diberikan Journal ke setiap pengguna juga akan dipersonalisasi. Saran tersebut didasarkan pada aktivitas terbaru yang dijalankan pengguna, misalnya dari kontak tertentu, lokasi, musik, foto, podcast atau aplikasi olahraga.

Selain saran, aplikasi Journal akan memberikan notifikasi sebagai pengingat jadwal menulis catatan bagi pengguna.

Ilustrasi aplikasi Journal yang dirilis Apple di iOS 17Apple Ilustrasi aplikasi Journal yang dirilis Apple di iOS 17

Nah, mengingat catatan yang ditulis pengguna mungkin ada yang bersifat privat, Apple memasang enkripsi end-to-end pada aplikasi Journal. Dengan begitu, tiada seorang pun yang bisa mengakses daftar jurnal pengguna, kecuali pengguna sendiri.

Sebenarnya, aplikasi Journal dibuat untuk menunjang kesehatan mental pengguna. Hal ini didasarkan pada penelitian yang menunjukkan bahwa membuat jurnal bisa berguna bagi kesehatan mental karena mengurangi kecemasan, dihimpun KompasTekno dari Phone Arena, Kamis (8/6/2023).

Selama ini, pengguna iOS hanya bisa membuat jurnal dengan memakai aplikasi pihak ketiga macam Day One atau aplikasi Notes. Dengan Journal, mereka bisa menulis catatan bermakna dan menerima ide tulisan yang menarik tanpa bergantung ke aplikasi pihak ketiga lagi.

Aplikasi Journal akan tersedia bersamaan dengan peluncuran iOS 17. Saat ini, iOS 17 sudah tersedia bagi pengembang aplikasi terdaftar dalam Apple Developer Program (khusus untuk pengembang) di situs developer.apple.com.

Apple kini juga membuka keran uji coba iOS 17 versi Developer Beta bagi semua pengguna melalui situs itu. Padahal sebelumnya, hanya pengembang terdaftar saja yang bisa menjajal sistem operasi baru tersebut, sebagaimana tradisi Apple sebelumnya.

Untuk Anda yang sudah tidak sabar menjajal iOS 17, Anda bisa login menggunakan Apple ID, tanpa perlu berlangganan Apple Developer Program.

Baca juga: iOS 17 Beri Peringatan Jika Pengguna Terima Konten Vulgar

Cara download iOS 17 Developer Beta

Untuk menjajal iOS 17 Developer Beta, pengguna harus terdaftar dulu dalam situs Apple Developer dengan masuk (login) memakai Apple ID melalui tautan berikut ini.

Setelah itu, pengguna bisa mengunduh iOS 17 versi Developer Beta secara gratis lewat langkah-langkah berikut ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari XDADevelopers.

  • Pertama-tama, buka aplikasi pengaturan (Settings).
  • Lalu, pilih menu "General" dan "Software Update".
  • Setelah itu, pergi ke tab "Beta Updates" dan pilih "iOS 17 Developer Beta" dari opsi yang tersedia.
  • Terakhir, kembali ke laman "Software Update" dan download iOS 17 Developer Beta 1.

Perlu dicatat, bahwa iOS 17 edisi Developer Beta kemungkinan besar masih dijejali dengan banyak masalah (bug) dan eror yang bisa ditemui kapan saja, sama seperti versi iOS beta sebelumnya.

Jadi, Anda tidak disarankan mengunduh pembaruan iOS 17 Developer Beta apabila tidak ingin mendapati masalah performa atau hal-hal lain terkait dengan software iPhone Anda.

Hal ini terbilang wajar karena edisi ini memang ditujukan khusus para pengembang aplikasi supaya mereka menemukan bug yang ada di versi iOS terbaru. Dengan begitu, bug tersebut bisa diperbaiki Apple sebelum nantinya iOS 17 versi publik beta atau final resmi dirilis ke publik Juli mendatang.

Namun jika Anda tidak keberatan dengan potensi munculnya banyak bug di iPhone Anda, maka Anda bisa mengunduh pembaruan iOS 17 Developer Beta secara langsung dengan mengikuti langkah-langkah di atas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat