cpu-data.info

Lokasi Vaksin Covid-19 di Jakarta Bisa Dicari lewat Google Maps, Begini Caranya

Ilustrasi Google Maps yang menampilkan lokasi vaksinasi Covid-19.
Lihat Foto

- Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta melalui inisiatif Jakarta Smart City, menggandeng Google untuk menampilkan informasi lokasi vaksin Covid-19 di Google Maps.

Hal tersebut disampaikan akun resmi Twitter Jakarta Smart City (@JSCLab) dalam sebuah unggahan belum lama ini.

Untuk mengetahui lokasi vaksin/vaksinasi Covid-19, pengguna cukup mengetikkan kata kunci "lokasi vaksin Covid-19" atau frasa serupa di kolom pencarian GoogleMaps, baik versi desktop maupun mobile.

Pengguna juga bisa menggunakan Google Assistant dan memasukkan perintah suara seperti "di mana lokasi vaksinasi Covid-19 di Jakarta?" dan lain sebagainya.

Baca juga: Google Maps Bakal Tampilkan Informasi Cuaca dan Kualitas Udara

Google kemudian akan menampilkan sejumlah lokasi vaksin atau vaksinasi Covid-19 terdekat dengan lokasi pengguna, baik itu puskesmas maupun rumah sakit, sebagaimana ilustrasi gambar berikut.

Langkah pencarian lokasi vaksinask Covid-19 di Google Maps./Bill Clinten Langkah pencarian lokasi vaksinask Covid-19 di Google Maps.
Lalu, pengguna bisa memilih puskesmas atau rumah sakit yang ditandai dengan pin berwarna merah di tampilan Maps.

Ketika di-klik, pengguna bisa melihat informasi detail tentang lokasi tersebut, mencakup alamat, nomor telepon, syarat yang dibutuhkan sebelum melakukan proses vaksinasi Covid-19, dan masih banyak lagi.

Di laman tersebut, pengguna juga bisa langsung diarahkan ke lokasi yang dipilih dengan meng-klik tombol "Directions", meminta informasi lanjutan melalui telepon dengan tombol "Call", menyimpan lokasi dengan tombol "Save", dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara untuk Menambahkan Lokasi Baru di Google Maps

Perlu dicatat, informasi lokasi vaksinasi Covid-19 ini hanya berlaku di wilayah DKI Jakarta saja.

Sebab, ketika KompasTekno mencoba di wilayah luar Jakarta, seperti Tangerang, Bogor, hingga Bekasi, Jumat (11/6/2021), Google tak bisa menandai titik mana saja yang bisa disambangi pengguna untuk mendapatkan vaksin Covid-19.

Terlepas dari itu, warga Jakarta bisa melihat syarat-syarat umum untuk mendapatkan vaksin Covid-19, begitu juga tahap target vaksin yang sedang dijalankan saat ini di tautan berikut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat