cpu-data.info

Kenapa Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penyebab notifikasi WhatsApp tidak bunyi.
Lihat Foto

- Terdapat beberapa masalah yang umum terjadi pada aplikasi WhatsApp atau biasa disingkat WA yang perlu diketahui penyebabnya oleh pengguna. Salah satunya seperti penyebab notifikasi WhatsApp tidak muncul.

Penyebab notifikasi WhatsApp tidak muncul perlu diketahui karena masalah tersebut kerap terjadi dan bakal cukup mengganggu jika tidak diatasi. Idealnya, saat terdapat chat atau telepon masuk, WhatsApp bakal memberi notifikasi ke layar HP pengguna.

Baca juga: Cara Mengganti Nomor WhatsApp Tanpa Keluar Grup dengan Mudah dan Praktis

Akan tetapi, ketika masalah ini terjadi, pengguna tak akan mendapatkan notifikasi meski terdapat chat masuk dari WhatsApp. Saat masalah notifikasi WhatsApp tidak muncul terjadi, pesan-pesan penting bisa terlambat buat direspons.

Masalah notifikasi WhatsApp tidak muncul di layar perlu buat segera diatas. Namun, sebelum mengatasinya dengan benar, pengguna perlu mengetahui penyebab notifikasi WhatsApp tidak muncul.

Lantas, kenapa notifikasi WhatsApp tidak muncul di layar meski terdapat chat atau telepon baru masuk? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai penyebab notifikasi WhatsApp tidak muncul.

Penyebab notifikasi WhatsApp tidak muncul

Ada beberapa penyebab notifikasi WhatsApp tidak muncul. Secara umum, penyebab masalah ini bisa datang dari pengaturan aplikasi, koneksi internet, bug perangkat lunak, dan mode HP tertentu.

Dikutip dari laman resmi WhatsApp, penyebab notifikasi WhatsApp tidak muncul bisa timbul karena perangkat tidak tersambung dengan koneksi internet yang memadai. WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan yang mengandalkan internet dalam pengoperasiannya.

Saat koneksi internet terjadi gangguan, berkirim pesan atau melakukan panggilan di WhatsApp jadi juga ikut terganggu, sehingga notifikasi bisa terlambat muncul di layar ponsel atau bahkan tidak muncul.

Penyebab notifikasi WhatsApp tidak muncul bisa ditimbulkan pula karena terjadi gangguan pada sistem perangkat lunaknya. Versi perangkat lunak WhatsApp yang terlalu usang mungkin membawa gangguan yang menghambat pengoperasian fiturnya.

Kemudian, notifikasi WhatsApp yang tidak muncul bisa juga disebabkan karena terjadi kesalahan dalam mengatur notifikasi. Saat opsi notifikasi aplikasi dimatikan, otomatis ponsel tidak bakal menampilkan notifikasi dari berbagai aplikasi, termasuk WhatsApp.

Selain itu, penyebab notifikasi WhatsApp tidak muncul juga bisa dikarenakan pengguna mengaktifkan mode Jangan Ganggu atau Do Not Disturb di HP. Saat mode ini aktif, semua pemberitahuan bakal tidak ditampilkan di layar alias disembunyikan.

Dengan begitu, pengguna tak akan bisa melihat notifikasi WhatsApp muncul di layar. Itulah sejumlah penyebab notifikasi WhatsApp tidak muncul. Dari penyebab-penyebab itu, pengguna bisa memetakan solusi yang bisa dilakukan.

Lantas, bagaimana cara mengatasi notifikasi WhatsApp tidak muncul? Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai beberapa cara mengatasi notifikasi WhatsApp tidak muncul.

Cara mengatasi notifikasi WhatsApp tidak muncul

Cara mengatasi notifikasi WhatsApp tidak muncul itu pada dasarnya cukup mudah. Ada banyak pilihan cara mengatasi notifikasi WA tidak muncul yang bisa dilakukan pengguna. Misalnya, pengguna bisa memeriksa dulu koneksi internet yang terhubung di HP.

Kemudian, dalam cara mengatasi notifikasi WA tidak muncul, pengguna juga bisa melihat pengaturan notifikasi pada aplikasi WhatsApp, apakah aktif atau dimatikan. Selain itu, juga bisa memastikan kontak atau grup di WhatsApp tidak dibisukan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat