cpu-data.info

Hands-on ZTE Nubia Neo 2, HP Gaming dengan Tombol Mirip L1 dan R1

ZTE Nubia Neo 2 5G varian warna Sunfire Yellow. Ponsel gaming ini dibanderol dengan harga Rp 3 juta (8/256 GB).
Lihat Foto

- ZTE Nubia Neo 2 5G hadir di Indonesia sebagai smartphone gaming entry-level. Ponsel ini sudah resmi dijual di Tanah Air sejak Juni lalu dengan banderol harga Rp 3 jutaan.

Dengan harga Rp 3 jutaan, ZTE Nubia Neo 2 5G menawarkan beragam fitur yang mendukung gamer mobile. Misalnya, ada tombol mirip L1 dan R1 serta fitur bypass charging.

KompasTekno berkesempatan menjajal Nubia Neo 2 5G (8/256 GB) warna Sunfire Yellow. Mari kita buka kotak kemasan, hands-on, serta menilik fitur unggulan ponsel gaming ini lewat pembahasan singkat berikut.

Unboxing ZTE Nubia Neo 2 5G

Di dalam boks pastinya juga ada satu unit ZTE Nubia Neo 2 5G warna Sunfire Yellow. Isi aksesori lengkap dalam boks penjualan meliputi adapter charger 33 watt, kabel USB Type-C, hard case, SIM ejector tool. Ada juga kertas panduan singkat dan kartu garansi. / Galuh Putri Riyanto Di dalam boks pastinya juga ada satu unit ZTE Nubia Neo 2 5G warna Sunfire Yellow. Isi aksesori lengkap dalam boks penjualan meliputi adapter charger 33 watt, kabel USB Type-C, hard case, SIM ejector tool. Ada juga kertas panduan singkat dan kartu garansi.
Nubia Neo 2 5G warna Sunfire Yellow hadir dengan kotak kemasan yang didominasi berwarna kuning. Di sisi depan kotak, ada nama sekaligus foto produk dan spesifikasi unggulan ponsel ini.

Kesan pertama yang kami dapat, kotak penjualan ZTE Nubia Neo 2 5G ini bobotnya cukup berat, tak seperti kotak penjualan smartphone yang biasa kami pegang.

Ini dikarenakan ZTE menyertakan aksesori lengkap dalam boks penjualan meliputi adapter charger 33 watt, kabel USB Type-C, hard case, SIM ejector tool. Ada juga kertas panduan singkat dan kartu garansi.

Di dalam boks pastinya juga ada satu unit ZTE Nubia Neo 2 5G warna Sunfire Yellow.

Video unboxing bisa ditonton melalui video di bawah atau lewat link berikut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Tekno (@teknokompas)

Tampang "gamer" banget

ZTE Nubia Neo 2 5G hadir dengan desain punggung futuris yang gamers banget./ Galuh Putri Riyanto ZTE Nubia Neo 2 5G hadir dengan desain punggung futuris yang gamers banget.
ZTE Nubia Neo 2 5G hadir dengan desain punggung futuris yang gamer banget. Soalnya, punggung ponsel ini dibekali gambar seperti karakter robot dengan mata yang menyala.

Punggung itu memiliki finishing glossy dan memberikan efek cermin. Ketika diusap, bagian belakang Nubia Neo 2 terasa licin.

Pengguna bisa menggunakan hard case bawaan untuk mengurangi potensi selip ketika HP digenggam.

Punggung Nubia Neo 2 ini dibekali dua lensa "boba" yang menampung kamera utama 50 MP dan kamera depth sensor 2 MP.

Baca juga: ZTE Nubia V60 Design Resmi di Indonesia, HP Boba Harga Rp 1 Jutaan

Punya tombol mirip L1 dan R1

 ZTE Nubia Neo 2 5G punya fitur Shoulder Trigger, tombol mirip tombol L1 dan R1 pada kontroler game. Tombol ini dapat berguna dalam game dengan kontrol yang kompleks atau membutuhkan reaksi cepat seperti game tembak-tembakan atau balapan.
/ Galuh Putri Riyanto ZTE Nubia Neo 2 5G punya fitur Shoulder Trigger, tombol mirip tombol L1 dan R1 pada kontroler game. Tombol ini dapat berguna dalam game dengan kontrol yang kompleks atau membutuhkan reaksi cepat seperti game tembak-tembakan atau balapan.
Ponsel gaming Rp 3 jutaan ini menawarkan fitur spesial yakni tombol Shoulder Trigger.

Tombol ini terletak di sisi samping bodi ponsel ini. Ketika memainkan game dalam mode landscape, shoulder trigger akan berada di sisi atas, mirip seperti letak tombol L1 dan R1 pada kontroler game.

Untuk mengaktifkannya, pengguna tinggal melakukan gestur gerakan dari kanan ke kiri di layar. Nanti akan muncul opsi Shoulder Trigger. Pengguna bisa mengatur opsi tap untuk L1 dan R1

Tombol shoulder trigger di ZTE Nubia Neo 2 5G memungkinkan pengguna untuk melakukan aksi tanpa harus menyentuh layar.

Tombol ini dapat berguna dalam game dengan kontrol yang kompleks atau membutuhkan reaksi cepat, seperti game tembak-tembakan atau balapan.

Penampakan tombol Shoulder Trigger, tombol mirip tombol L1 dan R1 pada kontroler game. Tombol ini dapat berguna dalam game dengan kontrol yang kompleks atau membutuhkan reaksi cepat seperti game tembak-tembakan atau balapan.
/ Galuh Putri Riyanto Penampakan tombol Shoulder Trigger, tombol mirip tombol L1 dan R1 pada kontroler game. Tombol ini dapat berguna dalam game dengan kontrol yang kompleks atau membutuhkan reaksi cepat seperti game tembak-tembakan atau balapan.
Ketika dijajal untuk bermain game balapan Asphalt Nitro 2 dan game tembak-tembakan MC: Rebel Guns yang ada secara bawaan, fitur Shoulder Trigger bisa berfungsi dengan baik alias responsif.

Nubia Neo 2 juga dibekali layar 6,7 inci resolusi ull HD Plus yang mendukung refresh rate 120 Hz, sehingga diklaim menawarkan tampilan yang mulus saat bermain game.

Ponsel ini mendukung refresh rate adaptif, di mana sistem akan menurunkan angka refresh rate ketika membuka konten statis yang dibuka pengguna untuk mengoptimalkan daya.

Di atas kertas, ponsel ini memiliki dimensi panjang 166 mm, lebar 76,1 mm, ketebalan 8,5 mm dengan bobot 208 gram.

Dimensi bodi ini membuat ponsel masih nyaman dipegang satu tangan dalam mode portrait atau dipegang dua tangan dalam mode landscape ketika bermain game.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga ZTE Nubia Music di Indonesia, Mulai Rp 1 Jutaan

ZTE Nubia Neo 2 5G dibekali layar 6,7 inci resolusi ull HD Plus yang mendukung refresh rate 120 Hz, sehingga diklaim menawarkan tampilan yang mulus saat bermain game./ Galuh Putri Riyanto ZTE Nubia Neo 2 5G dibekali layar 6,7 inci resolusi ull HD Plus yang mendukung refresh rate 120 Hz, sehingga diklaim menawarkan tampilan yang mulus saat bermain game.
Punya fitur bypass charging

Untuk menunjang pemain saat "mabar" atau "push rank", ZTE membekali ponsel gaming Nubia Neo 2 dengan baterai jumbo, yakni 6.000 mAh. Ponsel ini mendukung pengisian cepat (fast charging) 33 watt. Daya ponsel bisa terisi 50 persen dalam 30 menit.

Di samping itu, ZTE Nubia Neo 2 kini juga mendukung Bypass Charging, fitur yang memungkinkan ponsel mengisi daya langsung ke mainboard.

Untuk mengaktifkan fitur bypass charging, pengguna harus menghubungkan ponsel dengan pengisi daya. Selanjutnya, pengguna perlu mengakses menu "Settings" > "Battery" > "Charge separation" (on).

Fitur bypass charging ini terbilang spesial untuk ponsel kelas entry-level. Pasalnya, fitur macam ini biasanya ditemukan di beberapa ponsel flagship dan HP mid-range.

Secara teori, teknologi bypass charging ini memungkinkan pengguna bermain game mobile sambil mengisi daya ponsel, tanpa khawatir smartphone menjadi panas.

ZTE Nubia Neo 2 5G mendukung dua SIM nano./ Galuh Putri Riyanto ZTE Nubia Neo 2 5G mendukung dua SIM nano.
Fitur pendukung lain

Untuk performa, ZTE Nubia Neo 2 5G diotaki chipset Unisoc T820 (6nm) yang memiliki CPU dengan kecepatan hingga 2,7 GHz. Chipset tersebut dipadukan dengan RAM 8 GB dan penyimpanan media 256 GB.

Di samping itu, ponsel ini dibekali dual speaker stereo dengan teknologi audio DTS:X Ultra untuk menunjang bermain game.

Berbicara soal tombol dan port, ZTE Nubia Neo 2 5G dibekali tombol power yang sekaligus berperan sebagai pemindai sidik jari di sebalah kanan bodi. Kemudian, di sisi kiri, ada laci dual-SIM dan tombol pengatur volumen.

Sisi atas bodi mulus tanpa tombol/port. Sementara di sisi bawah terdapat lubang dua speaker dan USB-C.

Fitur lain yang dibawa ZTE Nubia Neo 2 meliputi dukungan 5G, WiFi 802.11ac, Bluetooth 5.0, NFC, USB-C, face unlock, kamera selfie 16 MP, dan menjalankan sistem operasi Android 13.

Jika tertarik membeli, simak terlebih dahulu spesifikasi ZTE Nubia Neo 2 5G di Indonesia melalui tabel spesifikasi berikut.

  Spesifikasi ZTE Nubia Neo 2 5G
Layar IPS LCD 6,7 inci, Full HD Plus (2.400 x 1.080 piksel), refresh rate hingga 120 Hz
Dimensi dan bobot 166 × 76,1 × 8,5 mm
208 gram
Chipset Unisoc T820 6nm
RAM/storage 8 GB/256 GB
Kamera belakang Kamera utama 50 MP
Kamera depth sensor 2 MP
Kamera depan 16 MP
Baterai 6.000 mAh, pengisian daya cepat 33 Watt
Sistem operasi Android 13, dilapisi MyOS 13
Fitur gaming Shoulder Trigger, Bypass Charging, dan Game Space 2.0
Fitur lainnya 5G, dual speaker stereo, dual-SIM, WiFi 802.11ac, Bluetooth 5.0, NFC, USB-C, face unlock, pemindai sidik jari di samping ponsel (side-mounted)
Warna Frost Silver, Sunfire Yellow, Storm Grey
Harga ZTE Nubia Neo 2 5G Rp 2.999.999 (8 GB/256 GB)

Baca juga: Daftar HP Harga Rp 2 Jutaan di Indonesia, Baru Dirilis Sebulan Terakhir

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat