cpu-data.info

Pengguna Medsos Bluesky Tembus 9 Juta, Tuah Pemblokiran X di Brasil

Ilustrasi aplikasi Bluesky
Lihat Foto

- Platform microblogging Bluesky terus meraup banyak pengguna. Media sosial (medsos) yang dibuat oleh pendiri Twitter (kini X), Jack Dorsey itu mengeklaim telah memiliki 9 juta pengguna.

Capaian itu diumumkan Bluesky awal September lalu. Jumlah itu naik 3 juta atau sekitar 50 persen dalam sepekan, tepatnya ketika pemerintah Brasil mulai memblokir akses X di negaranya.

"Pagi ini, Bluesky mendapat tiga juta pengguna baru yang membuat total pengguna kami mencapai 9 juta. Selamat datang semuanya! Kami senang kalian di sini (dan ya, fitur video akan segera hadir)," tulis akun resmi Bluesky dengan handle @bsky.app, yang diunggah 7 September 2024.

Sejak akses X dibatasi di Brasil, jumlah unduhan Bluesky terpantau meningkat, berdasarkan laporan Sensor Tower.

Baca juga: Pengguna Bluesky Kini Bisa Kirim DM, Indonesia Sudah Kebagian

Di Brasil, Bluesky menjadi aplikasi paling banyak diunduh sejak wacana pemblokiran X berembus, yakni sekitar akhir Agustus.

Berdasarkan riwayat Sensor Tower, Bluesky menduduki posisi pertama sejak tanggal 30 Agustus hingga 5 September 2024. Pada 30 Agustus, posisinya melesat 26 angka di Apple Store.

Di Google Play Store, Bluesky menduduki posisi keenam, meroket 110 angka dari hari sebelumnya.

Kini, posisi Bluesky turun ke urutan kedua, baik di App Store maupun Play Store. Posisinya tepat di bawah Threads, platform microblogging milik Instagram/Meta.

Pertumbuhan yang pesat di Brasil diamini oleh Bluesky. Dalam posting lain yang diunggah di blog resminya 4 September 2024, pengguna Bluesky diklaim naik 2,6 juta, di mana 85 persen di antaranya berasal dari Brasil.

"Komunitas kami telah tumbuh secara organik dan penuh dengan kreator, artis, jurnalis, politisi, dan masih banyak lainnya. Pengguna Brasil di Bluesky telah sadar bahwa mereka memenerima engagement yang jauh lebih berkualitas tinggi di Bluesky dibanding platform lainnya," tulis Bluesky, dirangkum dari blog resminya, Rabu (11/9/2024).

Akses X dibatasi di Brasil

Ilustrasi X TwitterJournal du Geek Ilustrasi X Twitter

Seperti disebutkan sebelumnya, akses X di Brasil kini dibatasi. Akhir Agustus lalu, regulator telekomunikasi di Brasil telah memulai pemblokiran X, setelah Mahkamah Agung memerintahkan penangguhan platform microblogging yang dipimpin Elon Musk tersebut.

Pemblokiran ini merupakan dampak dari seteru Elon Musk dan pemerintah Brasil. Perselisihan ini dimulai sejak awal tahun 2024.

Kala itu, hakim pengadilan tinggi Brasil, Alexandre de Moraes mempermasalahkan X karena dinilai menyebarkan ujaran kebencian dan disinformasi.

Moraes kemudian memerintahkan X untuk memblokir akun-akun tertentu yang dinilai bermasalah. Karena X menolak perintah itu, Moraes menetapkan denda sebesar 3 juta dollar AS (sekitar Rp 46 miliar).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat