cpu-data.info

10 Tips Hemat Baterai iPhone biar Tidak Sering Ngecas

Ilustrasi charging iPhone di atas kasur
Lihat Foto


- Baterai iPhone yang cepat habis tentu bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, terutama bagi pengguna yang sering berada di luar rumah tanpa akses ke charger. Adapun terdapat beberapa penyebab baterai iPhone cepat habis.

Salah satunya beberapa fitur canggih yang ada pada iPhone sering kali menjadi penyebab utama baterai cepat terkuras. Meski demikian, Anda tidak perlu mematikan semua fitur tersebut. Cukup dengan pengaturan yang tepat, penggunaan baterai bisa lebih efisien tanpa mengorbankan kenyamanan.

Lantas bagaimana cara menghemat baterai iPhone agar tidak sering mengecas? Selengkapnya berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba.

Baca juga: Cara Matikan Notifikasi Mobile Banking di HP Android dan iPhone yang Mengganggu

Aktifkan pengisian baterai optimal di iPhone

Baterai iPhone tidak akan bertahan lama jika selalu terisi penuh. Untuk menjaga agar baterai lebih awet, aktifkan fitur “Pengisian Baterai yang Dioptimalkan” atau “Optimized Battery Charging”.

Fitur ini akan mempelajari kebiasaan Anda saat mengisi daya, dan akan menahan pengisian di 80% sebelum melanjutkan hingga penuh, misalnya ketika Anda tidur. Dengan begitu, baterai akan terisi penuh dalam waktu yang lebih singkat saat Anda mulai menggunakan ponsel. Berikut ini caranya:

  • Buka “Pengaturan,” lalu pilih “Baterai.”
  • Ketuk “Kesehatan Baterai”, lalu aktifkan “Pengisian Baterai yang Dioptimalkan.”

Aktifkan mode hemat baterai

Mode ini sangat berguna untuk menghemat baterai iPhone ketika Anda sering menggunakannya. Fitur ini bekerja dengan membatasi beberapa fungsi iPhone, seperti 5G, efek visual, kecepatan layar, dan kecerahan. Begini caranya:

  • Buka “Pengaturan” lalu pilih “Baterai”
  • Selanjutnya aktifkan “Mode hemat baterai” atau “Low power mode”

Aktifkan pengaturan kecerahan otomatis

fitur Kecerahan Otomatis bisa membantu menjaga keseimbangan antara kenyamanan penggunaan dan daya tahan baterai. Fitur ini bekerja dengan menyesuaikan kecerahan layar berdasarkan cahaya di sekitar pengguna. Berikut ini cara mengaktifkan:

  • Buka “Pengaturan”, lalu pilih “Aksesibilitas.”
  • Ketuk “Tampilan & Ukuran Teks,” lalu gulir ke bawah dan aktifkan “Kecerahan Otomatis.”

Aktifkan fitur reduce motion

Saat Anda membuka aplikasi, biasanya terdapat animasi yang muncul ketika ikon berubah menjadi aplikasi. Ini disebut efek gerakan. Selain itu, saat Anda menggerakkan iPhone, ikon di layar juga terlihat bergerak sedikit, disebut efek paralaks. Kedua efek ini bisa menghabiskan baterai dan dapat dimatikan. Berikut ini cara menonaktifkannya.

  • Buka “Pengaturan” lalu pilih “Aksesibilitas.”
  • Ketuk “Gerakan/Motion”, kemudian aktifkan “Kurangi Gerakan.” dengan geser toggle ka kanan

Menonaktfikan penyegaran background aplikasi

Saat iPhone terhubung ke internet, aplikasi di ponsel akan memperbarui kontennya di latar belakang. Meskipun berguna, hal ini bisa sedikit menguras baterai, jadi ada baiknya untuk mematikannya. Fitur ini juga otomatis dimatikan saat Mode Daya Rendah aktif. Berikut cara mematikan Background App Refresh.

  • Buka “Pengaturan”, lalu pilih “Umum.”
  • Pilih “Background App Refresh,” lalu ketuk “Background App Refresh.”
  • Pilih “Mati.”
  • Atau, di halaman Background App Refresh, Anda bisa mematikan pengaturan untuk aplikasi tertentu.

Membatasi layanan lokasi di iPhone

Setiap kali ponsel menggunakan GPS, hal ini akan menguras daya baterai. Anda bisa mematikan Layanan Lokasi sepenuhnya, namun beberapa aplikasi seperti Google Maps memerlukan fitur ini agar dapat berfungsi dengan baik.

Jadi, Anda harus mengaktifkan GPS lagi setiap kali menggunakannya. Sebaiknya, batasi aplikasi agar hanya menggunakan Layanan Lokasi saat Anda menggunakannya atau saat aplikasi meminta izin.

  • Buka “Pengaturan,” lalu pilih “Privasi.”
  • Pilih “Layanan Lokasi.”
  • Pilih setiap aplikasi satu per satu dan ketuk “Saat Menggunakan Aplikasi.”

Matikan Wi-Fi, Bluetooth, dan AirDrop iPhone yang tidak digunakan

Wi-Fi, Bluetooth, dan AirDrop mengonsumsi daya saat digunakan. Bahkan jika Anda tidak sedang menggunakan iPhone, ponsel mungkin masih mencari jaringan Wi-Fi atau perangkat lain melalui Bluetooth dan AirDrop. Maka dari itu matikan Wi-Fi dan Bluetooth untuk menghemat baterai. Berikut ini cara menonaktfikannya:

  • Pada layar utama tarik turun dari sudut kanan atas untuk membuka “Control Center.”
  • Ketuk ikon Wi-Fi dan Bluetooth untuk mematikannya.
  • Atau, buka Pengaturan, pilih Wi-Fi dan/atau Bluetooth, lalu matikan pengaturan yang sesuai.

Perbarui iOS

Cobalah untuk memperbarui iOS. Baterai yang boros bisa jadi dikarenakan sistem operasi iPhone Anda belum diperbarui. Perlu diketahui bahwa Apple terus menyempurnakan dan memperbarui iOS, termasuk peningkatan kinerja dan daya tahan baterai. Pastikan untuk selalu memperbarui sistem ini. Berikut ini caranya:

  • Buka “Pengaturan/settings”
  • Pilih “Umum”
  • Pilih “Pembaruan Perangkat Lunak, lalu ketuk “Perbarui dan Instal” jika pembaruan tersedia.
  • Ketuk “Pembaruan Otomatis”

Hindari suhu terlalu panas

Suhu yang sangat panas dapat merusak baterai secara permanen, sehingga baterai akan lebih cepat habis. Usahakan agar iPhone tidak terkena suhu di atas 35 derajat Celcius dan hindari mengisi daya saat suhu tinggi. Jika suhu di luar lebih dari 35 derajat Celcius, isi daya ponsel di tempat yang lebih dingin.

Selain itu, beberapa casing dapat membuat ponsel menjadi panas saat diisi daya, yang bisa merusak baterai. Jika Anda menggunakan casing, periksa suhu ponsel saat mengisi daya. Jika terasa panas, lepaskan casing setiap kali Anda mengisi daya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat