cpu-data.info

Cara Parafrase Online lewat ChatGPT dengan Mudah dan Praktis

Ilustrasi ChatGPT.
Lihat Foto

- Pengguna yang sedang bersekolah atau berkuliah bakal perlu untuk membuat parafrase (kata baku: parafrasa). Parafrase berguna buat mendukung berbagai penyusunan tugas karya tulis, seperti artikel, esai, jurnal, dan lainnya.

Sebagai informasi, parafrasa merupakan uraian ulang atas sebuah tulisan dengan struktur dan gaya bahasa yang berbeda, tanpa mengubah maksud dan isi. Parafrase umum digunakan untuk membuat kutipan tidak langsung dari sumber bacaan ke karya tulis.

Baca juga: Cara Membuat Abstrak Otomatis dengan Mudah dan Cepat, Bisa buat Skripsi, Jurnal, dll

Parafrase dibutuhkan agar pengguna terhindar dari plagiasi atau peniruan karya orang lain. Dengan fungsi yang penting itu, parafrase perlu dikuasai oleh pengguna yang hendak menyusun karya tulis.

Meski penting, tak semua pengguna sayangnya mahir membuat parafrase. Parafrase bisa dibilang bukanlah pekerjaan yang mudah untuk sebagian pengguna. Namun, jika masih kesulitan, pengguna tak perlu bingung.

Pengguna dapat memanfaatkan program AI (Artificial Intelligence) generatif yang mampu mengolah berbagai jenis teks seperti ChatGPT. ChatGPT dapat diperintahkan untuk membuat berbagai jenis teks secara otomatis, termasuk parafrase.

Di ChatGPT, pengguna bisa membuat parafrase secara online untuk belajar. Lantas, bagaimana cara membuat parafrase secara online dengan ChatGPT?

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara parafrase online lewat ChatGPT dengan mudah dan praktis.

Cara parafrase online dengan ChatGPT

Cara parafrase online dengan ChatGPT itu cukup mudah. Pengguna hanya perlu membuat perintah pada ChatGPT untuk menyusun parafrase dan menambahkan tulisan atau kalimat yang hendak diparafrase.

Selanjutnya, ChatGPT bakal membuatkan parafrase dari tulisan itu secara otomatis. Adapun penjelasan yang lebih detail mengenai cara parafrase otomatis lewat ChatGPT adalah sebagai berikut:

  • Kunjungi website ChatGPT ini # dan pastikan telah login akun. Login bisa menggunakan akun Google (akun Gmail).
  • Setelah berhasil masuk, di kolom pengetikan pesan, ketik prompt atau teks perintah pada ChatGPT untuk melakukan parafrase.
  • Setelah itu, di bawah teks perintah tersebut, masukkan kalimat atau tulisan yang hendak diparafrase.
  • Kirim prompt dan tunggu beberapa saat hingga ChatGPT menyajikan parafrase dari kalimat tersebut.

Ilustrasi cara parafrase otomatis dengan ChatGPT./Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara parafrase otomatis dengan ChatGPT.

Baca juga: 7 Tips Menggunakan Chat GPT buat Menyusun Skripsi, Bisa Bantu Cari Ide Judul

ChatGPT bisa menyajikan beberapa versi tanggapan, yang dalam hal ini adalah parafrase.
Bila pengguna kurang puas dengan parafrase yang dihasilkan, pengguna bisa meminta ChatGPT buat menyajikan versi lainnya dengan klik opsi “Regenerate response”.

Model parafrase yang diberikan ChatGPT bergantung prompt yang dimasukkan pengguna. Perlu diketahui, supaya bisa menghasilkan parafrase yang sesuai keinginan, pengguna perlu memasukkan prompt ChatGPT dengan tepat dan detail.

Dengan teks perintah yang detail, ChatGPT bakal lebih mudah untuk parafrase kalimat yang sesuai keinginan. Adapun contoh prompt ChatGPT yang dapat dipakai untuk membuat parafrase adalah sebagai berikut.

Contoh prompt ChatGPT untuk parafrase

  • Tolong parafrase kalimat ini dengan gaya formal, “isi dengan kalimat”.
  • Buatkan parafrase dari kalimat ini dengan bahasa yang sederhana, tetapi kreatif, “isi dengan kalimat”.
  • Tolong parafrase kalimat ini dengan bahasa akademis dan mudah untuk dipahami, “isi dengan kalimat”.

Itulah beberapa contoh prompt ChatGPT untuk parafrase. Pengguna tak wajib mengikuti sama persis contoh tersebut. Pengguna dapat menyusun sendiri prompt ChatGPT, yang terpenting perintahnya detail dan sesuai maksud.

Cukup mudah bukan cara parafrase otomatis dengan ChatGPT? Dengan cara di atas, pengguna tak perlu bingung lagi ketika hendak membuat parafrase dari referensi atau sumber bacaan yang dipakai.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat