cpu-data.info

8 Cara Cek RAM Laptop dengan Mudah dan Praktis untuk Semua Model

Cara cek RAM laptop.
Lihat Foto

- Pengguna kiranya perlu mengetahui beberapa panduan dasar dalam memeriksa spesifikasi yang terdapat pada laptop. Salah satu panduan itu seperti cara cek RAM laptop. Cara melihat RAM laptop ini bakal berguna buat berbagai keperluan.

RAM (Random Access Memory) merupakan komponen penting yang berfungsi buat menyimpan data sementara sebelum diproses. Tiap laptop bisa dibekali RAM dengan kapasitas yang berbeda, seperti 4 GB, 8 GB, 16 GB, dan seterusnya.

Baca juga: 12 Cara Screenshot di Laptop dengan Mudah dan Cepat untuk Semua Model

Cara cek RAM laptop bakal berguna untuk, misalnya, ketika pengguna hendak menginstal aplikasi. Untuk bisa diinstal di laptop, aplikasi biasanya bakal mencantumkan beberapa syarat minimal spesifikasi yang harus dipenuhi, termasuk kapasitas RAM.

Jadi, sebelum menginstal aplikasi, pengguna bisa menyesuaikan syarat minimal spesifikasi dengan melihat dulu informasi RAM yang terpasang di laptopnya. Selain buat menginstal aplikasi, cara cek RAM laptop juga bakal berguna ketika hendak membeli laptop.

Saat hendak membeli laptop, pengguna dapat memastikan apakah kapasitas RAM yang terpasang di laptop sebenarnya sesuai dengan deskripsi spesifikasi yang biasanya terdapat pada boks laptop.

Lantaran berguna buat berbagai keperluan, pengguna penting buat mengetahui cara cek RAM laptop. Lantas, bagaimana cara cek RAM laptop? Jika tertarik untuk mengetahuinya, berikut adalah penjelasan soal cara melihat RAM laptop dengan mudah dan praktis.

Cara cek RAM laptop untuk semua model

Cara cek RAM laptop itu pada dasarnya sangat mudah. Buat cek RAM di laptop, pengguna tak perlu repot-repot menggunakan aplikasi tambahan. Dalam cara cek RAM laptop, pengguna bisa memanfaatkan berbagai fitur bawaan yang tersedia.

Kebanyakan laptop saat ini telah dibekali dengan fitur bawaan yang memungkinkan pengguna buat memeriksa beberapa informasi spesifikasi langsung di sistem, termasuk spesifikasi pada komponen RAM.

Ada banyak pilihan cara cek RAM laptop dengan fitur bawaan. Akan tetapi, cara cek RAM laptop bisa berbeda antara di laptop berbasis Windows (laptop Windows) dan laptop MacOS (Macbook).

Adapun penjelasan yang lebih detail soal beberapa cara cek RAM laptop untuk semua model, baik laptop Windows maupun Macbook, adalah sebagai berikut.

1. Cara cek RAM laptop Windows via menu pengaturan

Cara cek RAM laptop Windows yang pertama adalah melalui menu Pengaturan atau Settings. Di menu ini, pengguna bisa melihat beberapa informasi spesifikasi laptop, termasuk RAM. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Klik logo Windows atau menu Start, kemudian pilih menu Settings.
  • Setelah itu, pilih menu “System” dan klik opsi “About”.
  • Terakhir, sistem bakal menampilkan informasi kapasitas RAM dan beberapa spesifikasi laptop lain, seperti jenis prosesor, kecepatan prosesor, dan lainnya.

Ilustrasi cara cek RAM laptop Windows lewat menu pengaturan./Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara cek RAM laptop Windows lewat menu pengaturan.

Baca juga: 15 Cara Mengatasi Laptop Lemot dengan Mudah dan Praktis

2. Cara cek RAM laptop Windows lewat Windows Explorer

Cara melihat RAM laptop Windows yang kedua bisa dilakukan lewat Windows Explorer atau biasa disebut juga dengan My Computer. Di Windows Explorer, pengguna bakal bisa melihat kapasitas RAM laptop dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Buka Windows Explorer di laptop Windows.
  • Kemudian, cari folder bertajuk “This PC” atau “My Computer”.
  • Klik kanan pada folder tersebut dan pilih opsi “Properties”.
  • Terakhir, sistem bakal menampilkan informasi kapasitas RAM dan beberapa spesifikasi laptop lain, seperti jenis prosesor, kecepatan prosesor, dan lainnya.

3. Cara melihat RAM laptop Windows lewat System Information

Cara melihat RAM laptop Windows yang ketiga bisa dilakukan lewat System Information. Cara ini bakal bisa memuat informasi spesifikasi RAM yang dipakai dan informasi spesifikasi lain yang lebih lengkap. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Ketuk kolom pencarian yang terdapat pada menu Start di laptop Windows.
  • Kemudian, ketik System Information pada kolom tersebut.
  • Jika hasil pencarian telah muncul, pilih program System Information.
  • Setelah itu, pengguna bakal bisa melihat beberapa spesifikasi laptop, seperti kapasitas RAM, jenis prosesor, jenis kartu grafis, dan masih banyak lagi.

Ilustrasi cara cek RAM laptop Windows lewat System Information./Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara cek RAM laptop Windows lewat System Information.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat