cpu-data.info

10 Cara Membuat Password yang Kuat dan Aman agar Akun Tak Mudah Diretas

Cara membuat password yang kuat.
Lihat Foto

- Cara membuat password yang kuat kiranya perlu diperhatikan pengguna. Akun di berbagai platform digital, seperti media sosial, aplikasi pesan instan, layanan e-mail, dan lainnya, wajib memiliki password yang aman dan kuat.

Password yang kuat dapat mengamankan akun pengguna dari tindakan peretasan dan pencurian data. Sebagaimana yang cukup umum diketahui, tiap akun selalu dilindungi dengan password.

Baca juga: 3 Cara Logout WhatsApp di HP yang Hilang dengan Mudah agar Akun Tetap Aman

Password punya fungsi penting untuk mengautentikasi pengguna agar bisa mengakses akun. Jika password yang dibuat pengguna terlalu lemah, akun akan lebih mudah dibobol oleh peretas atau orang lain.

Pengguna bakal dalam kondisi yang berbahaya seandainya password berhasil dibobol. Akun milik pengguna bisa diambil alih dan data atau informasi penting di dalamnya dapat dicuri oleh peretas.

Untuk mencegah kerugian tersebut, pengguna penting mengetahui cara membuat password yang kuat. Pengguna harus membuat password dengan kriteria tertentu yang lebih kuat untuk mengamankan akun.

Lantas, password yang kuat harus terdiri dari apa? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara membuat password yang kuat dan aman, sehingga akun tak mudah diretas dan dicuri datanya.

Cara membuat password yang kuat

Cara membuat password yang kuat itu pada dasarnya cukup mudah. Ada beberapa kriteria yang perlu diperhatikan pengguna dalam membuat password yang aman dan kuat. Misalnya, pengguna harus membuat password dengan panjang karakter tertentu.

Kemudian, pengguna juga harus membuat password dengan kombinasi berbagai karakter, seperti huruf, simbol, dan angka. Selain itu, masih banyak lagi cara membuat password yang kuat. Adapun penjelasan cara membuat password yang kuat adalah sebagai berikut.

1. Password minimal berisi 12 karakter

Cara membuat password yang kuat pertama adalah password sebaiknya berisi minimal 12 karakter. Beberapa platform digital biasanya akan meminta pengguna untuk membuat akun dengan password yang berisi enam hingga delapan karakter.

Akan tetapi, pengguna bisa membuat password dengan karakter yang lebih panjang agar lebih kuat. Password yang kuat dan aman paling tidak berisi 12 karakter atau bakal lebih baik jika di atasnya.

2. Password berisi kombinasi karakter

Cara membuat password yang kuat kedua adalah password harus terdiri dari kombinasi berbagai karakter, seperti campuran angka, huruf, dan simbol. Kemudian, karakter huruf untuk membuat password bisa dibuat dengan kombinasi huruf kecil dan kapital.

3. Hindari password dengan kata umum

Cara membuat password yang kuat bisa dilakukan dengan menghindari penggunaan kata umum. Kata umum ini misalnya sebuah istilah yang menyangkut dengan identitas pengguna, misal nama, tempat bekerja, organisasi, dan sebagainya.

Kata umum juga bisa berarti istilah yang kerap dipakai sehari-hari, misal “selamat pagi”, “halo”, dan sebagainya. Hindari penggunaan kata umum tersebut untuk membuat password. Ini bertujuan agar kata sandi tak mudah ditebak oleh orang lain.

Ilustrasi cara membuat password yang kuat.freepik Ilustrasi cara membuat password yang kuat.

Baca juga: 5 Cara Ganti Password WiFi Berbagai Provider, Ada IndiHome, Biznet, dan Lainnya

4. Hindari menggunakan password yang sama

Selanjutnya, hindari menggunakan susunan password yang sama dengan di tiap akun medsos. Misalnya, bilah telah menggunakan password “X” di Instagram, usahakan membuat susunan password baru yang berbeda di Facebook.

Tiap pengguna saat ini bisa memiliki lebih dari satu akun medsos. Dengan membuat password yang berbeda di tiap akun, bisa memperkecil kemungkinan terjadinya pembobolan secara bersamaan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat