cpu-data.info

Oppo Reno 12 5G dan Reno 12 Pro 5G Resmi di Indonesia, Ini Harganya

Smartphone Oppo Reno 12 (kiri) dan Oppo Reno 12 Pro (kanan) beserta kotak kemasannya yang dipajang di acara Oppo Reno 12 Series Media Experience dan Hands-on yang digelar di bilangan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (17/7/2024).
Lihat Foto

JAKARTA, - Oppo resmi meluncurkan dua smartphone terbarunya dari keluarga Oppo Reno 12 Series 5G, yaitu Reno 12 5G dan Reno 12 Pro 5G di Indonesia pada Rabu (31/7/2024). 

Head of Public Relations Oppo Indonesia Arga Bima mengatakan bahwa kedua ponsel ini merupakan ponsel pertama Oppo Reno Series yang sudah dibekali dengan berbagai fitur kecerdasan buatan (AI) generatif alias Generative AI (GenAI).

Generative AI sederhananya adalah fitur AI yang bisa menciptakan sekaligus memodifikasi atau mereproduksi suatu konten, seperti teks, gambar, video, dll menjadi konten baru yang sedikit berbeda dari konten awal.

"Hari ini merupakan momen bersejarah, karena ini merupakan peluncuran ponsel pertama Oppo Reno Series di Indonesia yang sudah dibekali dengan fitur Generative AI," ujar Arga dalam acara peluncuran Oppo Reno 12 Series 5G yang digelar di Common Grounds, Mal Ashta District 8, Jakarta Selatan, Rabu (31/7/2024).

Arga menyebut setidaknya ada tujuh fitur AI unggulan di kedua ponsel terbaru Reno Series ini.

Baca juga: Kesan Pertama Genggam Oppo Reno 12 Pro, Lebih Berat tapi Enak Dipegang

Beberapa di antaranya adalah AI Clear Face yang diklaim dapat mempercantik wajah secara natural, AI Best Face yang memungkinkan kamera mengambil gambar wajah terbaik, serta AI Eraser 2.0 untuk menghilangkan obyek tak penting yang ada di dalam gambar.

Kemudian ada fitur-fitur AI esensial untuk meningkatkan produktivitas, seperti bantuan menulis AI Write, bantuan untuk berbicara AI Speak, bantuan merangkum teks AI Summary dan audio AI Recording Summary, dan masih banyak lagi.

Di luar AI, ada fitur BeaconLink yang memungkinkan pengguna melakukan panggilan telepon via koneksi Bluetooth (tanpa jaringan seluler) dengan pengguna Oppo Reno 12 Series 5G lainnya, atau ponsel yang punya fitur serupa, dalam jangkauan maksimal 200 meter

Selain fitur AI dan BeaconLink, Oppo Reno 12 5G dan Reno 12 Pro 5G juga sama-sama ditenagai chipset Mediatek Dimensity 7300 Energy. Chip ini memiliki prosesor berjumlah delapan inti (octa core) dengan kecepatan clock maksimal 2,5 GHz. 

Product Marketing Manager of Wireless Commmunication Business Unit Mediatek, Peter Kuo mengatakan embel-embel "Energy" menandakan chip tersebut lebih efisien dan hemat daya dibanding Dimensity 7300 "reguler".

"Mediatek hadir untuk mendukung strategi Oppo menghadirkan fitur AI di Reno 12 Series 5G," tutur Kuo di kesempatan yang sama.

"Dibanding generasi sebelumnya, prosesor (CPU) Dimensity 7300 Energy lebih hemat daya 30 persen, pengolah grafisnya (GPU) 46 persen lebuh efisien, dan konsumsi daya WiFi lebih hemat 20 persen," tambah Kuo.

Spesifikasi Oppo Reno 12 5G di Indonesia

Oppo Reno 12 memiliki layar AMOLED yang cukup lega dengan luas 6,7 inci dan resolusi Full HD Plus.

Ketika dipakai untuk menonton film atau melihat konten di peramban (browser) internet, layar ponsel ini mampu memuat segalanya dalam satu tampilan./BILL CLINTEN Oppo Reno 12 memiliki layar AMOLED yang cukup lega dengan luas 6,7 inci dan resolusi Full HD Plus. Ketika dipakai untuk menonton film atau melihat konten di peramban (browser) internet, layar ponsel ini mampu memuat segalanya dalam satu tampilan.

Oppo Reno 12 5G dibekali layar AMOLED 6,7 inci yang melengkung (curved) di keempat sisinya. Layar ini memiliki resolusi Full HD Plus, refresh rate 120 Hz, tingkat kecerahan hingga 1.200 nit, serta dilapisi kaca pelindung Gorilla Glass 7i.

Pada sektor kamera, Oppo Reno 12 5G dibekali dengan tiga kamera belakang, yang terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.8), kamera ultrawide 8 MP (f/2.2), dan kamera macro 2 MP (f/2.4).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat