cpu-data.info

2 Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus di HP Android dengan Mudah

Cara mengembalikan chat WA yang terhapus di HP Android.
Lihat Foto

- Terdapat beberapa panduan dasar dalam mengoperasikan WhatsApp atau biasa disingkat WA, yang perlu diketahui pengguna, terutama dalam hal pengelolaan pesan. Salah satunya seperti cara mengembalikan chat WA yang terhapus di HP Android.

Pengguna yang memakai HP Android bisa saja tak sengaja menghapus chat-chat di aplikasi WhatsApp. Padahal, chat WhatsApp tersebut mungkin penting dan tidak seharusnya dihapus. Jika tak sengaja terhapus, pengguna mungkin bakal panik.

Baca juga: 6 Cara Membuat Tulisan Biru di WhatsApp dengan Mudah, Bikin Chat Jadi Menarik

Akan tetapi, pengguna sejatinya tak perlu panik. Pasalnya, ada cara mengembalikan chat WA yang terhapus di HP Android, yang masih bisa dilakukan. Lantas, bagaimana cara mengembalikan chat yang sudah terhapus di WA pada HP Android?

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mengembalikan chat WA yang terhapus di HP Android dengan mudah.

Cara mengembalikan chat WA yang terhapus di HP Android

Cara mengembalikan chat WA yang terhapus di HP Android itu pada dasarnya cukup mudah. Setidaknya, terdapat dua cara mengembalikan chat WA yang terhapus di HP Android yang bisa dilakukan pengguna.

Pertama, pengguna bisa menggunakan fitur urungkan hapus pesan. Kedua, pengguna bisa melakukan pemulihan chat WA di HP Android lewat Google Drive. Dua cara tersebut punya langkah-langkah yang sangat berbeda.

Adapun penjelasan yang lebih detail soal cara mengembalikan chat WA yang terhapus di HP Android adalah sebagai berikut.

1. Urungkan hapus pesan

Pertama, cara mengembalikan chat WA yang terhapus di HP Android adalah dengan melakukan tindakan urungkan hapus pesan. WhatsApp punya fitur bawaan yang dapat mengembalikan chat yang telah dihapus pengguna dalam waktu dekat.

Dengan fitur itu, saat chat di ruang obrolan terhapus dalam waktu beberapa detik, pengguna bisa langsung memulihkan atau mengembalikannya. Fitur urungkan hapus pesan hanya berlaku pada pesan yang dihapus dengan opsi “hapus untuk saya”.

Ketika pengguna baru saja menghapus pesan di ruang obrolan dengan opsi “hapus untuk saya”, WhatsApp bakal memunculkan opsi di layar untuk mengurungkan menghapus pesan. Pada opsi itu, pengguna bisa klik tombol “Urungkan” atau “Undo”.

Setelah tombol tersebut dipilih, chat WA yang terhapus bakal muncul lagi. Alhasil, pengguna bisa melihat kembali chat WA di ruang obrolan, yang tadi sempat terhapus.

Ilustrasi cara mengembalikan chat WA yang terhapus di HP Android. /Soffya Ranti Ilustrasi cara mengembalikan chat WA yang terhapus di HP Android.

Cara pertama ini sangat mudah buat dilakukan. Akan tetapi, tindakan urungkan hapus pesan punya kekurangan dalam segi waktu. Perlu diketahui, cara ini tidak dapat dilakukan ketika pesan terhapus dalam waktu lama.

Opsi urungkan hapus pesan muncul hanya beberapa detik saat pesan baru saja dihapus. Jika ingin mengembalikan chat WA yang telah lama terhapus di HP Android, pengguna bisa melakukan pemulihan chat melalui Google Drive.

Baca juga: 5 Cara agar Status WhatsApp Tidak Buram dan Pecah dengan Mudah

2. Pulihkan melalui Google Drive

Cara mengembalikan chat WA yang terhapus di HP Android selanjutnya adalah dengan memulihkan chat melalui Google Drive.

Untuk mengembalikan chat yang terhapus di WA HP Android lewat cara ini, pengguna perlu memastikan telah membuat cadangan chat sebelumnya lewat Google Drive.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat