cpu-data.info

Honor X6b Meluncur, HP Android Rp 1 Jutaan dengan "Dynamic Island"

Honor X6b resmi meluncur.
Lihat Foto

- Vendor smartphone asal China, Honor, diam-diam merilis Honor X6b untuk pasar global, pada Kamis (13/6/2024). Honor X6b sudah tampil di situs resmi Honor Global.

Honor X6b memiliki desain yang sama seperti model pendahulunya Honor X6 versi "reguler". Namun, Honor X6b membawa sejumlah kebaruan misalnya kehadiran poni (notch) Magic Capsule di tengah atas layar, serta peningkatan di sektor chipset dan baterai.

Magic Capsule adalah poni yang mirip seperti Dynamic Island ala iPhone. Poni ini dapat menampilkan animasi dinamis untuk beberapa notifikasi aplikasi, seperti panggilan telepon, alarm, dan perekaman suara.

Poni dengan bentuk menyerupai tetesan air (waterdrop) ini ditempatkan di layar TFT LCD berbentang 6,56 inci, dengan resolusi HD Plus (1.612 x 720 piksel), refresh rate 90 Hz, tingkat kecerahan (brightness) maksimum 780 nits, kerapatan piksel 269 ppi, dan rasio aspek 20:9.

Baca juga: Ponsel Lipat Honor Magic V Flip Meluncur dengan Cover Screen Besar

Magic Capsule di Honor X6b.GSMArena Magic Capsule di Honor X6b.
Dengan tingkat kecerahan ini, pengguna akan lebih nyaman saat memakai smartphone di bawah sinar matahari. Selain itu, refresh rate layar yang tinggi memungkinkan pengguna melakukan pengguliran (scrolling) layar dengan lebih mulus.

Untuk dapur pacu, Honor X6b diotaki oleh System-on-Chip (SoC) MediaTek Helio G85 dengan fabrikasi 12 nm. Chip delapan inti (octa-core) ini mencakup dua inti Cortex-A75 (clockspeed maksimum 2 GHz) dan enam inti Cortex-A55 (clockspeed 1,8 GHz).

Unit pengolah grafis (GPU) yang diandalkan adalah Mali-G52 MC2.

Sebagai perbandingan, Honor X6 versi "reguler" ditenagai oleh chipset MediaTek MT6762G Helio G25, yang mencakup empat inti Cortex-A53 (clockspeed 2 GHz), empat inti Cortex-A53 (clockspeed 1,5 GHz), dan GPU PowerVR GE8320.

Honor X6b turut dibekali dengan RAM 4 GB/6 GB dan media penyimpanan (storage) 128 GB/256 GB. Bila dirasa kurang, pengguna bisa memperluas RAM hingga 6 GB dengan fitur virtual RAM, sehingga total RAM mencapai 12 GB.

Di sektor daya, smartphone teranyar Honor ini disokong oleh baterai jumbo berkapasitas 5.200 mAh, yang mendukung teknologi pengisian cepat (fast charging) berdaya 35 Watt.

Baterai ini diklaim bisa bertahan hingga 26 jam untuk streaming video online dan 27 jam untuk browsing media sosial. Dalam mode hemat daya (Super Power Saving), Honor X6b dapat bertahan hingga 19 jam saat siaga (standby).

Jika habis, baterai ini bisa diisi hingga 20 persen dalam 10 menit.

Baca juga: Smartphone Honor 200 Lite Meluncur, Bawa Kamera Utama 108 MP

Sementara itu, Honor X6 model "reguler" dilengkapi baterai 5.000 mAh dan fast charging dengan output 10 Watt. Baterai ini hanya bisa bertahan 17 jam untuk streaming video online.

Soal kamera, Honor X6b memiliki kamera utama 50 MP (f/1.8) yang ditenagai kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), dan kamera depth 2 MP (f/2.4). Duo kamera ini ditempatkan dalam modul persegi, bersamaan dengan sebuah lampu LED flash.

Kamera depan smartphone ini memiliki resolusi 5 MP (f/2.2). Sistem operasi (OS) yang dijalankan ponsel ini adalah Android 14, yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) MagicOS 8.0.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat