cpu-data.info

Microsoft Bikin Controller Xbox Khusus Penyandang Disabilitas, Bisa Dicopot dan Disusun Sesuai Kebutuhan

Microsoft mengumumkan controller Xbox Proteus untuk penyandang disabilitas. Controller ini terbagi menjadi sejumlah dadu kecil yang bisa dihubungkan, dan bisa dipasangkan berbagai tombol.
Lihat Foto

- Microsoft merilis controller Xbox Proteus sebagai aksesori Xbox terbaru mereka pada Rabu (15/5/2024). Controller ini dirancang khusus untuk penyandang disabilitas,

Controller wireless ini dikembangkan oleh perusahaan periferal ByoWave sebagai bagian dari program Designed for Xbox. Program ini memungkinkan perusahaan aksesori Xbox pihak ketiga untuk mendapatkan pengawasan dan petunjuk dari insinyur Xbox.

Proteus memiliki desain modular seperti dadu. Masing-masing dadu ini memiliki semacam pelat dengan fungsi berbeda, misalnya pelat tombol controller, tombol directional pad (D-pad), atau tombol analog.

Setiap dadu ini juga bisa dihubungkan satu sama lainnya dengan 16 sudut (angle) yang berbeda. Di sisi lain, pelat tombol dapat dihubungkan dengan 8 sudut yang berbeda.

Totalnya, ada lebih dari 100 konfigurasi controller, diikuti dengan berbagai macam variasi pencahayaan lampu LED. Kegunaan setiap tombol controller dapat dikustomisasi dengan menggunakan aplikasi pendukung Proteus Controller App.

Baca juga: Razer Perkenalkan Kishi Ultra, Controller Game dengan Sensa HD Haptics

Pengguna bisa mengatur bentuk controller tersebut agar lebih personal, misalnya untuk digunakan dengan satu tangan, untuk digunakan seperti gamepad tradisional, atau juga untuk digunakan dengan dagu sebagaimana ditampilkan dalam video di tautan berikut ini.

Alhasil, penyandang disabilitas bakal lebih nyaman ketika ingin bermain game.

Komponen controller Proteus. Masing-masing dadu dan tombol bisa dipasang dengan lebih dari 100 konfigurasi.Shacknews Komponen controller Proteus. Masing-masing dadu dan tombol bisa dipasang dengan lebih dari 100 konfigurasi.
Pengguna nantinya dapat memasang berbagai macam aksesori di controller Proteus, misalnya pegangan (handle) controller yang bisa disesuaikan dan komponen cetak tiga dimensi (3D).

Pengguna diizinkan untuk membuat komponen cetak 3D-nya sendiri, kemudian membagikannya ke komunitas gamer lainnya. Selain komponen tersebut, pengguna juga dapat membagikan konfigurasi controller-nya lewat aplikasi Proteus Controller App.

Proteus akan meluncur pada musim gugur 2024 ini, atau sekitar September 2024 hingga Desember 2024 mendatang.

Controller Proteus dipastikan akan kompatibel dengan konsol Xbox Series X/S, Xbox One, dan PC (sistem operasi/OS Windows 10 dan Windows 11).

ByoWave mengatakan controller ini tidak didukung di konsol PlayStation 5 (PS5) dan Nintendo Switch, tetapi mereka terbuka untuk bekerja sama dengan duo platform konsol itu.

Baca juga: Samsung Pamer Stik Replay Wireless Controller, Mirip Xbox tapi Tombol Lebih Banyak

Harga controller Proteus

Proteus sudah bisa dibeli di situs resmi ByoWave. Ada tiga jenis paket penjualan yang ditawarkan, yaitu VIP Price, Early Bird, dan Pre-Order.

Ketiganya sama-sama mencakup Proteus Controller Kit, tetapi harga dan jumlah controller yang tersedia berbeda-beda untuk setiap paket penjualan.

Adapun Proteus Controller Kit mencakup controller itu sendiri, kabel pengisian daya USB-C, dongle Bluetooth, komponen pegangan controller, dan lain-lain.

Berikut ini harga controller Proteus, sebagaimana dikutip KompasTekno dari situs resmi ByoWave, Minggu (19/5/2024):

  • Harga VIP Price - 255 dollar AS (sekitar Rp 4 juta, stok terbatas)
  • Harga Early Bird - 268 dollar AS (sekitar Rp 4,2 juta, stok 500 unit)
  • Harga Pre-Order - 284 dollar AS (sekitar Rp 4,5 juta, stok 1.000 unit)

Harga standar Proteus bakal dipatok 300 dollar AS atau setara Rp 4,7 juta.

Selain controller Proteus, Microsoft juga memperbarui Xbox Adaptive Controller. Controller seharga 99,99 dollar AS (sekitar Rp 1,5 juta) ini bakal mendukung lebih banyak aksesori, dan masing-masing port USB-nya akan mendukung hingga 12 tombol.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat