cpu-data.info

Google Passkey Kini Bisa Sinkron ke Lintas Perangkat dan Platform

Ilustrasi passkey, mekanisme login yang cepat, tanpa perlu kata sandi
Lihat Foto

- Google menggulirkan pembaruan untuk layanan Password Manager pada Kamis (19/9/2024) waktu Amerika Serikat. Google Password Manager kini memungkinkan pengguna melakukan sinkronisasi fitur passkey untuk dipakai ke lintas perangkat dan platform.

Passkey adalah mekanisme login yang menggantikan kata sandi (password) dan fitur otentifikasi. Passkey menggunakan sistem keamanan ponsel seperti pemindai sidik jari, pemindai wajah, PIN, atau pola untuk login ke akun tertentu. 

Sebelumnya, bila pengguna memakai passkey, data passkey hanya akan tersimpan di Google Password Manager di Android. Jadi mekanisme yang sama tidak bisa secara langsung dipakai di perangkat dengan sistem operasi yang berbeda, melainkan perlu pemindaian kode QR terlebih dahulu.

Baca juga: Apa Itu Passkey yang Bisa untuk Login Akun Google Tanpa Password?

Nah, lewat pembaruan di Google Password Manager kali ini, pengguna bisa memakai passkey yang sama di berbagai platform dan perangkat.

"Kini Anda dapat menyimpan passkey dari Windows, macOS, Linux dan Android serta ChromeOS ke Google Password Manager. Setelah tersimpan, passkey akan otomatis disinkronkan di seluruh perangkat Anda, sehingga proses login semudah memindai sidik jari Anda," kata Chirag Desai, Product Manager Chrome, dikutip KompasTekno dari blog Google, Senin (23/9/2024).

Dalam unggahan yang sama Google memberikan ilustrasi visual bagaimana mudahnya login dengan passkey di lintas perangkat.

Contohnya, saat pengguna macOS login ke situs web tertentu dengan passkey yang sudah tersimpan di Google Password Manager. Pengguna hanya perlu menggunakan fitur Touch ID alias memindai sidik jari untuk login ke situs itu.

Ilustrasi passkey yang sudah tersimpan di Google Password Manager dan dipakai di macOSGoogle Ilustrasi passkey yang sudah tersimpan di Google Password Manager dan dipakai di macOS

Namun ketersediaan dukungan sinkronisasi ini, khususnya untuk ChromeOS, baru dalam versi beta. Ke depannya dukungan yang sama juga akan dirilis untuk iOS.

Baca juga: Cara Login Akun Google Pakai Passkey, Tak Perlu Masukkan Password

Pakai PIN untuk keamanan berlapis

Lewat pembaruan yang sama, Google juga memperkenalkan Google Password Manager PIN. Mekanisme keamanan ini dirilis untuk menambah lapisan keamanan, guna memastikan passkey pengguna dienkripsi dan tidak dapat diakses oleh siapa pun termasuk Google.

Google Password Manager PIN diterapkan Google bila pengguna memakai passkey di perangkat baru, sehingga mencegah orang lain menyalahgunakan passkey.

Selain PIN itu, pengguna juga bisa memakai mekanisme kunci perangkat Android utama untuk memasang passkey di perangkat baru.

Google Password Manager PIN bisa dibuat menggunakan enam deret angka atau dikombinasikan dengan huruf alfabet seperti password

Menurut Google, kedua pembaruan ini sudah dapat dipakai pengguna Chrome dan perangkat Android, tanpa perlu unduh aplikasi tambahan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat