cpu-data.info

2 Cara Scan KTP di HP buat Daftar Akun SCCASN pada Pendaftaran CPNS 2024

Cara scan KTP di HP buat daftar akun SSCASN dalam pendaftaran CPNS 2024.
Lihat Foto

- Peserta yang hendak mengikuti rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 penting buat mengetahui cara scan KTP. Cara foto KTP ini bakal berguna buat untuk memenuhi syarat yang dibutuhkan dalam pendaftaran CPNS 2024.

Sebagai informasi, pendaftaran CPNS 2024 mulai dibuka pada hari ini, Selasa, 20 Agustus 2024, pukul 17.08.45 WIB. Dalam pendaftaran CPNS 2024, peserta wajib membuat akun SSCASN terlebih dahulu di sscasn.bkn.go.id, sebelum bisa daftar formasi dan seleksi.

Baca juga: Link Pendaftaran CPNS 2024, Cara Daftar, Cek Formasi, Jadwal, dan Syaratnya, Lengkap

Laman sscasn.bkn.go.id untuk pendaftaran CPNS 2024./Zulfikar Hardiansyah Laman sscasn.bkn.go.id untuk pendaftaran CPNS 2024.

Syarat upload foto KTP saat daftar akun SSCASN CPNS 2024

Di tahap daftar akun SSCASN, peserta bakal diminta mengisi data diri. Kemudian, yang tak kalah penting, peserta juga diminta untuk mengunggah foto atau scan Kartu Tanda Penduduk alias KTP. File scan KTP harus memenuhi beberapa syarat agar bisa diunggah, yaitu:

  • Foto KTP berukuran maksimal 200 kb
  • Foto KTP harus berformat JPG/JPEG

Untuk memenuhi syarat dalam pendaftaran CPNS 2024 itu, pengguna perlu mengetahui cara scan KTP yang benar dan sesuai. Cara scan KTP untuk daftar akun CPNS 2024 itu sejatinya tidaklah sulit.

Pengguna bisa melakukannya langsung melalui kamera HP. Lantas, bagaimana cara foto KTP di HP? Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara scan KTP di HP untuk daftar akun SSCASN dalam pendaftaran CPNS 2024.

Cara scan KTP di HP buat pendaftaran CPNS 2024

Cara scan KTP di HP itu pada dasarnya sangat mudah. Setidaknya, terdapat dua cara foto KTP di HP buat pendaftaran CPNS 2024 yang bisa dilakukan pengguna, yakni dengan memakai aplikasi dan tanpa aplikasi.

Jika tanpa aplikasi, pengguna bisa langsung memakai kamera HP buat scan KTP. Sementara itu, jika menggunakan aplikasi tambahan, pengguna dapat memakai aplikasi dengan fitur scanner dokumen.

Adapun penjelasan yang lebih detail soal cara scan KTP di HP buat menyiapkan syarat pendaftaran CPNS 2024 adalah sebagai berikut:

1. Cara scan KTP di HP tanpa aplikasi

  • Siapkan KTP.
  • Buka kamera HP.
  • Posisikan KTP dengan secara lurus.
  • Arahkan dan dekatkan kamera HP ke KTP.
  • Jika kamera sudah fokus di KTP, ambil foto.
  • Setelah memfoto KTP, lakukan crop atau pemotongan gambar.
  • Crop foto mengikuti bingkai KTP secara pas.
  • Setelah itu, simpan foto KTP yang telah dipotong.
  • Foto KTP yang diambil dari kamera langsung bakal berformat JPEG/JPG.

Ilustrasi cara scan KTP di HP tanpa aplikasi buat pendaftaran CPNS 2024./Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara scan KTP di HP tanpa aplikasi buat pendaftaran CPNS 2024.

2. Cara scan KTP di HP dengan aplikasi

Kebanyakan HP saat ini umumnya telah dibekali dengan aplikasi scanner dokumen. Misalnya, jika menggunakan HP iPhone, pengguna bisa memakai aplikasi Notes yang di dalamnya terdapat fitur scanner dokumen.

Pengguna dapat memakai aplikasi tersebut untuk scan KTP buat melengkapi syarat daftar akun SSCASN dalam pendaftaran CPNS 2024. Adapun cara scan KTP di HP dengan aplikasi jika menggunakan iPhone adalah sebagai berikut:

  • Siapkan KTP
  • Buka aplikasi Notes.
  • Kemudian, buat catatan baru. Di halaman pembuatan catatan, klik ikon kamera dan pilih menu “Scan Document”.
  • Kamera bakal terbuka dan arahkan ke KTP yang telah diposisikan secara lurus.
  • Kemudian, kamera bakal otomatis mendeteksi bingkai KTP dan mulai melakukan pemindaian.
  • Foto KTP bakal otomatis terpotong sesuai bingkainya.
    Ilustrasi cara scan KTP di HP dengan aplikasi buat pendaftaran CPNS 2024./Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara scan KTP di HP dengan aplikasi buat pendaftaran CPNS 2024.
  • Foto KTP yang diambil dengan cara ini biasanya tidak akan langsung berformat JPEG/JPG, melainkan PDF. Untuk itu, jika fotonya berformat PDF, pengguna perlu mengonversinya menjadi JPEG/JPG. Cara mengonversinya bisa dilakukan dengan website seperti IlovePDF, SmallPDF, dan lainnya.
  • Jika ingin scan KTP menggunakan aplikasi lain dengan HP lain juga, pengguna bisa membaca caranya yang lebih lengkap di artikel ini.

Itulah penjelasan seputar cara scan KTP di HP dengan mudah dan cepat buat memenuhi syarat daftar akun SSCASN pada pendaftaran CPNS 2024. Penting diingat, saat mengambil foto atau scan KTP, usahakan terdapat cahaya yang cukup.

Kemudian, jika ukuran file foto KTP masih melebihi 200kb, pengguna juga perlu buat kompres. Ada banyak pilihan cara buat kompres foto. Untuk lebih lengkapnya, cara kompres foto bisa dibaca di artikel ini.

Ketentuan upload foto KTP saat daftar akun SSCASN perlu dipenuhi demi kelancaran pendaftaran CPNS 2024. Pasalnya, jika foto KTP yang diunggah tidak sesuai ketentuan maka website sscasn.bkn.go.id bakal menolak file tersebut.

Selain foto KTP, peserta juga perlu memperhatikan beberapa hal lain dalam pendaftaran CPNS 2024, seperti cara daftar, syarat daftar, dan jadwalnya. Lantas, bagaimana cara daftar CPNS 2024?

Baca juga: Cara Ganti Background Foto Merah Online dengan Mudah dan Cepat

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat